4 Ramuan Tradisional Pelancar Haid Paling Ampuh

Saat ini ada banyak obat yang diklaim dapat memperlancar haid. Hati-hati dengan obat tersebut, apalagi jika tidak terdaftar di BPOM. Lebih baik, gunakanlah ramuan tradisional untuk melancarkan haid yang terlambat.

Ramuan tradisional pelancar haid, sangat baik digunakan oleh para wanita yang sering mengalami datang bulan terlambat. Selain mudah dibuat, murah, juga aman dari bahan kimia berbahaya.

Haid atau datang bulan merupakan siklus rutin bulanan yang dialami oleh wanita remaja atau dewasa. Umumnya, siklus haid setiap wanita berkisar antara 28-30 hari.

Akan tetapi, beberapa wanita sering kali mengalami kendala datang bulan. Misalnya terlambat haid, nyeri haid, atau memiliki siklus yang tidak teratur, ada yang terlalu pendek dan ada juga yang terlalu panjang.

Haid tidak lancar adalah periode menstruasi yang tidak teratur, kadang lebih lambat atau lebih cepat dari siklus atau periode normal yang biasa dialami. Di artikel sehatki.com kali ini kita akan membahas obat tradisional untuk mengatasi haid yang tidak lancar tersebut.




Obat Tradisional Agar Haid Lancar Tiap Bulan

Telat haid tapi tidak hamil dan terjadi terus menerus setiap bulan adalah salah satu masalah kewanitaan yang perlu diatasi sesegera mungkin.

Salah satu cara mengatasi telat datang bulan secara alami adalah dengan olahraga dan istirahat teratut, tentu saja ditambah dengan mengonsumsi makanan sehat. Dan jika perlu, mengonsumsi obat tradisional pelancar haid, yang kita bahas di halaman ini.

Haid yang tidak lancar menyebabkan sakit perut dan emosi yang tidak menentu pada wanita. Mood swing terjadi karena perubahan hormon yang kurang menentu.

Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa mencoba membuat sendiri ramuan tradisional pelancar haid. Berikut ini adalah beberapa jenis ramuan tersebut.

  1. Kunyit Asam sebagai Ramuan yang Sering Diminum Saat Haid
Jamu kunyit asam untuk melancarkan haid

Jamu kunyit asam untuk melancarkan haid

Jamu kunir asem biasa orang menyebutnya sebagai ramuan tradisional pelancar haid. Sejak dulu, jamu ini memang sudah sering dipakai untuk melancarkan menstruasi.

Bukan hanya itu, kunyit asam juga bermanfaat untuk menjaga kecantikan wanita. Jadi sangat baik dikonsumsi oleh para wanita, yang ingin menjaga kecantikannya, sekaligus ining memperlancar haidnya.

Kunyit asam mengandung curcuminoid yang memiliki banyak khasiat bagi wanita. Khasiat tersebut antara lain menjaga kehalusan kulit, memperlancar haid, mengurangi nyeri haid, memperlancar pencernaan, mengurangi bau badan, merampingkan tubuh, menurunkan kolesterol, dan menjaga dengan baik fungsi hati.

Selain manfaat yang banyak tersebut, kunyit juga dapat mengatasi gastritis dan meningkatkan kandungan musin. Musin tersebut yang membuat perut terasa nyaman saat nyeri akibat terlambat haid. Musin melindungi lapisan mukosa lambung dari asam lambung.

Saat ini, Anda tidak perlu susah payah untuk membuat ramuan tersebut. Selain banyak sekali penjual jamu gendong yang menyajikan kunyit asam, Anda juga dapat membelinya secara instan dengan berbagai merek.

Kunyit asam instan dapat Anda beli di semua toko-toko kelontong atau apotek terdekat.

  1. Ramuan Jahe Merah untuk Memperlancar haid
Jahe merah melancarkan haid

Jahe merah melancarkan haid

Jahe merah menyebabkan kontraksi rahim sehingga mendorong terjadinya haid. Selain itu, minyak esensial pada jahe dapat memperlancar aliran darah.

Jahe merah juga membantu persoalan haid lainnya seperti mengurangi muntah, mual, dan kram perut. Persoalan-persoalan tersebut kerap menyertai datangnya haid.

Jahe merah terbukti dapat mengurangi rasa sakit saat haid. Rasa nyeri tersebut disebabkan oleh kontraksi uterus karena pelepasan hormon tertentu saat haid. Zat gingerol dalam jahe merah menghambat produksi hormon penyebab kram perut.

Cara membuat ramuan jahe merah sangat mudah. Tumbuklah jahe dan masukkan pada air yang telah mendidih.

Setelah warna air berubah karena tercampur jahe, tambahkan gula. Minum secara teratur sampai haid datang. Setelah haid datang, tetap lanjutkan meminumnya untuk mengurangi nyeri.

  1. Kayu Manis Membantu Mengatur Kelancaran Siklus Haid
Kayu manis untuk perlancar telat datang bulan

Kayu manis untuk perlancar telat datang bulan

Salah satu ramuan tradisional pelancar haid yang dapat Anda coba adalah kayu manis.

Kayu manis mengandung hydroxychalcone yang berkhasiat mengatur insulin dalam tubuh. Insulin merupakan hormon yang bertugas mengatur glukosa darah dan metabolisme tubuh. Dengan insulin yang diproduksi secara teratur, siklus haid Anda juga akan teratur.

Cara membuat ramuan kayu manis ini juga sangat mudah. Gilinglah beberapa batang kayu manis dan simpan dalam wadah yang tertutup rapat.

Campurkan setengah sendok teh bubuk kayu manis dalam segelas susu. Anda dapat juga mencampurkan satu batang kayu manis pada teh yang masih panas.

Bubuk kayu manis instan juga mudah sekali ditemukan sekarang. Beberapa toko kelontong menyediakannya. Anda dapat membeli kayu manis batang di warung belanja yang menyediakan rempah-rempah.

  1. Konsumsilah Pepaya Mentah untuk Melancarkan Menstruasi
Pepaya mentah adalah ramuan tradisional pelancar haid

Pepaya mentah adalah ramuan tradisional pelancar haid yang ampuh

Jika Anda menyukai pepaya, cobalah untuk memakan pepaya mentah untuk mengatasi haid yang tidak lancar. Papaya mentah menyebabkan kontraksi dinding rahim yang memicu terjadinya haid.

Cara untuk mengonsumsi pepaya mentah adalah dengan menjadikannya salad atau sayur. Potong papaya mentah dan campur dengan mayonnaise untuk menjadikannya salad. Anda dapat juga membuat kari atau lodeh dari pepaya mentah sebagai sayur.

Beberapa ramuan tradisional pelancar haid di atas dapat Anda coba satu per satu, untuk mengetahui yang paling cocok dengan Anda. Akan tetapi, Anda juga perlu mendeteksi penyebab menstruasi Anda tidak lancar, untuk melakukan tindakan pencegahan di kemudian hari.

Salah satu penyebab menstruasi tidak lancar dan teratur adalah stres. Bersikaplah sedikit relaks dengan pekerjaan atau pikiran lain yang mengganggu Anda. Penyebab lainnya seperti perubahan jadwal sehari-hari, olahraga terlalu sering, dan pil KB juga harus Anda perhatikan dengan baik.

***
Bagaimana Anda dapat bertahan 30-60 menit lebih lama di Ranjang dan secara Permanen Menyembuhkan Ejakulasi Dini. Ingin tahu caranya? Klik disini!

loading...

Leave a Reply