Tips Sehat Saat Hamil Bagi Janin dan Ibu Hamil

Tips Sehat Saat Hamil Bagi Janin dan Ibu Hamil

Bagi setiap pasangan suami istri proses kehamilan adalah salah satu momen yang paling membahagiakan dalam hidup. Pada waktu hamil para calon ibu sering berhadapan dengan kondisi yang dapat mempengaruhi kesehatan calon bayi, misalnya mual-mual pada waktu pagi, keinginan ngidam makanan tertentu, lebih sensitif terhadap bau dan lain-lain.

Namun dari semua pengalaman tersebut terdapat hal utama yang harus diperhatikan ibu hamil, yaitu pentingnya menjaga kesehatan tubuh dan janin.

Saat hamil terkadang para calon ibu mengalami banyak kondisi medis yang dapat mempengaruhi kesehatan calon bayi, misalnya mual-mual pada waktu pagi, keinginan ngidam makanan tertentu, lebih sensitif terhadap bau dan lain-lain.

Para calon ibu harus memperluas pengetahuan dengan membaca berbagai tips kesehatan saat hamil karena pada saat seorang wanita hamil, sebenarnya dia memberi nutrisi untuk dua tubuh, yaitu dirinya sendiri dan janin yang ada dalam tubuh.




Jumlah Energi Yang Dibutuhkan Wanita Hamil

Wanita hamil hendaknya mempersiapkan diri dengan baik dan menjaga asupan nutrisi dalam tubuhnya sehingga proses tumbuh kembang janin di dalam tubuh dalam berlangsung secara sehat dan aman.

Para calon ibu memerlukan jumlah energi yang lebih besar daripada wanita normal yang tidak hamil. Menurut penuturan beberapa pakar kesehatan, penambahan kebutuhan energi pada seorang perempuan yang mengandung jumlahnya bervariasi tergantung jenis aktivitasnya sehari-hari.

Jumlah energi yang dibutuhkan oleh wanita hamil yang memiliki aktivitas fisik tidak berubah berada di kisaran 285 kilo kalori per hari. Hal ini mengandung pengertian bahwa wanita hamil yang bekerja seperti halnya sebelum hamil, maka dia membutuhkan tambahan energi sebesar 285 kilo kalori per hari agar perkembangan calon bayi bisa sehat.

Lain halnya jika wanita tersebut memutuskan untuk mengurangi aktivitas fisik sehari-hari, maka jumlah energi yang dibutuhkan juga berbeda. Para pakar kesehatan menyatakan angka 200 kilo kalori adalah jumlah energi yang dibutuhkan setiap hari oleh wanita yang berhenti bekerja karena mengandung.

Kalimat berhenti bekerja disini berarti bahwa sejak tanda-tanda kehamilan telah tampak maka wanita tersebut berhenti melakukan aktivitas sehari-hari yang memerlukan energi besar.

Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil

Wanita hamil memerlukan asupan nutrisi empat sehat lima sempurna layaknya wanita normal. Jumlah nutrisi yang dibutuhkan tentu saja lebih banyak. Namun terdapat beberapa nutrisi yang membutuhkan perhatian khusus karena berpengaruh terhadap kesehatan janin di dalam tubuh. Secara garis besar kebutuhan gizi wanita hamil dibagi menjadi dua, yaitu vitamin dan mineral.

Kebutuhan Vitamin Wanita Hamil

Vitamin, energi dan protein adalah tiga nutrisi tubuh yang diperlukan penambahan jumlahnya ketika seorang perempuan dinyatakan positif mengandung. Namun beberapa jenis vitamin yang perlu ditambah dalam jumlah cukup adalah vitamin A, vitamin D, vitamin B6 dan asam folat.

Vitamin A bermanfaat dalam pertumbuhan janin. Jarang sekali wanita hamil yang kekurangan vitamin A karena Indonesia adalah negara tropis dengan hasil alam buah-buahan yang melimpah dan harganya relatif murah.

Selain vitamin A, wanita hamil juga memerlukan vitamin D dalam membantu proses berkembangnya janin di dalam rahim. Bila kekurangan vitamin D, maka wanita yang sedang mengandung akan mengalami gangguan metabolisme tubuh akibat kekurangan zat kalsium. Janin yang kekurangan vitamin D akan mengalami hipokalemia yang ditandai dengan kelahiran bayi dengan struktur tulang tidak sempurna.

Selanjutnya, wanita hamil juga membutuhkan vitamin B6 yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan janin. Vitamin B6 juga bermanfaat dalam mencegah rasa mual pada ibu-ibu hamil yang biasa terjadi di pagi hari.

Selain mengkonsumsi vitamin B6, mual di pagi hari juga bisa dikurangi dengan mengkonsumsi makanan yang memiliki rasa asam, memilih makanan sayuran segar, dan menghindari segera minum setelah makan.

Nutrisi lain yang tak kalah penting bagi kesehatan para calon  Ibu adalah asam folat. Asam folat bermanfaat mencegah terjadinya keguguran dan resiko kelahiran bayi dengan berat badan rendah. Untuk para wanita hamil disarankan mengkonsumsi suplemen makanan yang mengandung asam folat di kisaran 200 sampai 400 miligram per hari.

Hal ini disebabkan karena kebutuhan asam folat wanita hamil lebih banyak daripada wanita tidak hamil. Jika biasanya hanya 175 miligram per hari, maka pada saat hamil kebutuhan tersebut naik menjadi 470 miligram per hari.

Kebutuhan Mineral Wanita Hamil

Beberapa zat mineral yang dibutuhkan oleh wanita hamil adalah kalsium, zinc dan zat besi. Ketiga jenis mineral tersebut mutlak diperlukan oleh mereka dan bila kekurangan akan mengalami gangguan pada kesehatan ibu dan janin di dalam kandungan.

Kalsium dibutuhkan oleh wanita hamil untuk menopang penambahan berat badan akibat perkembangan janin. Kalsium yang dimiliki tersebut disimpan di dalam tulang dan akan dipakai secara ekstra ketika janin mengalami pertumbuhan pembentukan tulang.

Jika ibu hamil tidak memiliki cadangan kalsium yang cukup, maka dikhawatirkan si ibu akan mengalami tulang keropos di kemudian hari.

Para pakar kesehatan menyatakan bahwa jumlah kalsium yang dibutuhkan oleh wanita hamil minimal 1200 miligram per hari. Jumlah tersebut mengalami peningkatan 400 miligram dari kebutuhan kalsium wanita tidak hamil yang biasanya berkisar di angka 800 miligram per hari.

Selain berisiko bayi mengalami kelahiran cacat tulang, kekurangan kalsium pada wanita hamil juga bisa menyebabkan si ibu mengalami kejang-kejang.

Dalam sejumlah kejadian di lapangan membuktikan bahwa ibu hamil yang mengkonsumsi kalsium lebih rendah berpeluang mengalami gejala kejang-kejang yang lebih tinggi daripada wanita yang rajin mengkonsumsi kalsium secara normal.

Zat mineral lain yang tidak kalah pentingnya bagi wanita yang sedang mengandung adalah zat besi. Sebagaimana kebutuhan wanita dewasa yang tidak hamil, wanita yang sedang mengandung membutuhkan zat besi agar terhindar anemia.

Anemia disebut juga kekurangan zat besi dalam darah dan seringkali terjadi pada wanita dewasa yang sedang datang bulan, wanita hamil dan para pekerja yang membutuhkan energi besar dalam aktivitas fisik mereka.

Jika membaca uraian di atas maka bayangan yang muncul adalah seolah-olah wanita hamil harus makan dua kali banyaknya dari porsi normal. Jika biasanya wanita makan tiga kali sehari maka wanita hamil seolah-olah harus makan enam kali sehari.

Pemikiran tersebut salah. Yang benar adalah tetap makan tiga kali sehari dengan tambahan jumlah energi yang sama dengan satu porsi makanan sehat, segelas susu dan sebutir telur ayam.

Jangan lupa melakukan olahraga ringan di pagi hari agar tubuh tetap sehat dan otot-otot tidak kaku. Olahraga yang disarankan para dokter untuk wanita hamil adalah jalan-jalan di pagi hari dan senam ibu hamil. Semoga tips sehat saat hamil ini berguna bagi wanita hamil yang peduli kesehatan diri ibu dan calon bayi yang di kandungnya. Selamat mempraktekkan!

***
Bagaimana Anda dapat bertahan 30-60 menit lebih lama di Ranjang dan secara Permanen Menyembuhkan Ejakulasi Dini. Ingin tahu caranya? Klik disini!

loading...