Sering chating adalah ciri pasangan selingkuh du facebook

Tips Menghindari Perselingkuhan di Facebook

Fenomena web jejaring sosial seperti facebook dan twitter kadang menimbulkan dampak positif dan negatif terutama dalam hubungan asmara. Banyak yang mencari pacar lewat facebook tapi tidak sedikit kisah asmara yang justru bubar karena berselingkuh di facebook.

Banyak penelitian membuktikan bahwa facebook dan media sosial lainnya ternyata sangat ampuh dalam mempertemukan jodoh seseorang. Begitu pula sebaliknya, banyak kasus perceraian muncul akibat perselingkuhan di dunia maya.

Sebuah survei menyebutkan bahwa 33% orang beranggapan saling menggoda lewat internet, sms dan jejaring sosial bukanlah perselingkuhan, alasan mereka karena tidak ada kontak fisik.

Tetapi meski tidak ada kontak fisik yang terjadi, jika kegiatan tersebut diketahui oleh pasangan masing-masing, pasti akan jadi runyam, bahkan bisa terjadi percekcokan di dalam keluarga.

Di artikel sehatki.com kali ini kita akan membahas apa saja penyebab perselingkuhan di facebook, apa ciri-ciri pasangan Anda selingkuh dan bagaimana mencegah perselingkuhan terjadi.




Daftar Isi:

Penyebab Perselingkuhan di Dunia Maya

gadget adalah penyebab perselingkuhan di facebook

penyebab pasangan selingkuh di facebook

Dunia maya berkembang dengan sangat cepat. Segala hal dapat ditemukan di sana. Bahkan orang yang belum pernah bertemu dapat bercakap-cakap dengan sangat akrab di dunia maya.

Apakah mungkin suami/isteri berselingkuh di facebook? tentu saja sangat memungkinkan. Ada banyak faktor seseorang mencari teman ngobrol untuk berbagi di dunia maya. Dan jika saling menyukai hubungan bisa saja menjadi lebih serius.

Beberapa hal berikut bisa menjadi penyebab perselingkuhan di facebook:

  1. Iseng dan mengisi waktu luang di kantor
  2. Hubungan dengan pasangan sedang bermasalah
  3. Tidak puas dengan rumah tangga di rumah
  4. Bertemu dengan mantan kekasih sehingga cinta lama bersemi kembali
  5. Masalah ekonomi
  6. Masalah seksual

Pada umumnya perselingkuhan di facebook dimulai dari saling like dan komen di status, kemudian berlanjut ngobrol di inbox, lalu berlanjut bertemu secara langsung di dunia nyata.

Jika komunikasi ini terus terjadi maka timbul rasa rindu untuk terus bertemu, baik itu di facebook maupun di dunia nyata. Pada akhirnya perselingkuhan di facebook pun terjadi, dan bisa jadi perhatian terhadap pasangan di dunia maya menjadi lebih intensif ketimbang kepada suami/isteri.

Ciri-Ciri Pasangan Selingkuh di Dunia Maya

Main HP adalah ciri pasangan selingkuh

Main HP adalah ciri pasangan selingkuh

Jangkuan seseorang menjadi lebih luas dan tidak terkendali di dunia maya. Akses tersebut terbuka lebar melalui media sosial, seperti facebook, twitter, atau instagram.

Komunikasi melalui dunia maya juga lebih mudah, murah, dan lancar dengan adanya aplikasi seperti whattsapps, bbm, dan massanger. Dengan begitu mudahnya akses internet dan banyaknya aplikasi pendukung, bagaimana Anda tahu kalau suami atau istri Anda selingkuh?

Tentu saja dengan mengetahui ciri-cirinya. Agar lebih jelas, berikut ini adalah ciri-ciri suami/isteri yang berselingkuh di dunia maya.

  1. Pasangan lebih sering memperhatikan telepon seluler

Hubungan di dunia maya dilakukan dengan pertemanan melalui media sosial, Media sosial tersebut dibuka melalui ponsel. Oleh karena itu, waspadailah pasangan Anda yang mulai sering melihat ponselnya. Sesekali tanyakan hal yang dilakukan dengan ponsel tersebut.

Jika pasangan marah dan merahasiakan alasannya, Anda perlu waspada. Seseorang yang merasa bersalah cenderung lebih cepat emosi untuk menutupinya.

Pasangan biasanya akan mulai tidur larut malam untuk berkomunikasi dengan pasangan dunia maya melalui ponsel. Setelah Anda tertidur, dia masih saja mengunakan ponselnya.

Bahkan, ponsel tersebut baru mulai intensif digunakan setelah Anda tidur. Hal tersebut perlu Anda tanyakan dengan hati-hati terhadap pasangan.

Baca juga: Facebook, Ajang Mencari Jodoh

  1. Pasangan mulai tidak peduli terhadap hubungan pernikahan

Awal perselingkuhan di dunia maya adalah adanya perselisihan dengan pasangan. Jika pasangan Anda memilih untuk tidak membahas persoalan di antara kalian, hal tersebut juga perlu diwaspadai.

Dengan adanya pasangan di dunia maya tersebut, pasangan Anda merasa tidak perlu bercerita. Akan tetapi, Anda mungkin masih terbebani dengan masalah tersebut.

Anda memaksa pasangan untuk menyelesaikan persoalan, tetapi pasangan malas untuk membahasnya,

  1. Pasangan memiliki perubahan mood yang cepat

Pasangan Anda sudah tidak bisa lagi ditebak suasana hatinya. Dia dapat terlihat bergembira atau bersedih tanpa Anda ketahui penyebabnya. Hal tersebut disebabkan oleh pasangan merahasiakan hal yang terjadi padanya dari Anda.

Dulu Anda mengetahui seluruh permasalahan sehingga dapat menebak suasana hatinya. Akan tetapi, komunikasi yang kurang lancar menyebabkan Anda sulit untuk memahaminya.

Jika Anda merasakan adanya perubahan prilaku pasangan, atau bahkan mendapati ciri-ciri selingkuh di atas pada pasangan Anda, jangan langsung menuduhnya selingkuh.

Anda tidak boleh menghakimi pasangan Anda karena Anda merasa dia selingkuh. Anda juga sebaiknya tidak berusaha keras untuk membuktikan bahwa dia selingkuh.

Alih-alih cobalah untuk lebih menunjukkan rasa sayang dan perhatian Anda kepadanya. Dan tentu saja akan lebih baik lagi jika Anda melakukan tindakan pencegahan agar jangan sampai si dia beneran selingkuh.

Mencegah Perselingkuhan di Facebook

Sering chating adalah ciri pasangan selingkuh du facebook

Sering chating adalah ciri pasangan selingkuh du facebook

Awal perselingkuhan adalah curhat. Anda harus dapat mengendalikan perasaan untuk tidak menceritakan persoalan rumah tangga ke sembarang orang. Apalagi orang yang baru dikenal.

Jangan mengumbar status saat gembira atau sedih di media sosial. Apalagi menceritakan persoalan rumah tangga di media sosial. Pasanglah foto berdua dengan pasangan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Hal yang cukup penting adalah komunikasikan selalu setiap persoalan dengan pasangan Anda. Jangan bercerita kepada orang yang tidak tepat atau lawan jenis yang tidak berkepentingan. Hargai selalu pasangan dan privasi kehidupan rumah tangga Anda.

Mencegah selalu lebih baik ketimbang menghadapi kenyataan harus berpisah dengan pasangan. Berikut ini 4 tips sederhana bagaimana mencegah perselingkuhan di facebook:

1. Buat Komitmen Bersama

Pasutri yang merasa dunia maya bisa merusak keharmonisan rumah tangga bisa melakukan perjanjian atau komitmen bersama.

Isinya adalah batasan bergaul di facebook atau di medis sosial lainnya. Apakah suami atau istri bebas berteman dengan siapa saja, baik itu dengan kenalan lama ataupun dengan kawan baru di FB, atau hanya boleh bergaul dengan orang-orang yang sudah dikenal di dunia nyata.

2. Saling Terbuka

Sebenarnya sikap saling terbuka memang adalah pondasi rumah tangga. Banyak suami atau istri yang membuat akun facebook baru atau palsu untuk mencari kenalan baru di dunia maya. Tujuannya tentu saja agar pasangan tidak bisa mendeteksi kelakuannya selama online.

Jika dibutuhkan Anda dan pasangan bisa tukar menukar password facebook. Atau sebaliknya, jika memang saling percaya, Anda tidak perlu berteman dengan pasangan Anda di facebook, banyak pasutri yang mempraktekkan ini dan mempercayai pasangannya 100%.

3. Main Facebook Bersama-Sama

Jadikanlah kegiatan berselancar di dunia maya sebagai Me Time Anda berdua. Kegiatan ini tentu saja mengasikkan. Ajak pasangan Anda ke cafe yang ada Wifi dan online bersama-sama.

Bahkan Anda juga bisa mengupload foto dan saling tag satu sama lain. Kebersamaan seperti ini akan membuat hubungan anda menjadi lebih romantis.

4. Tunjukkan Status Pernikahan

Sangat penting untuk menunjukkan status pernikahan Anda di facebook. Tujuannya untuk mengurangi maksud orang-orang yang punya niat menggoda.

Pilihlah status hubungan Married atau bisa juga status In Relationship, untuk menegaskan bahwa Anda tidak single atau Anda sudah punya pasangan.

Untuk lebih menunjukkan hubungan Anda kepada publik, sesekali Anda bisa membuat status mesra lalu memberi tag kepada pasangan Anda. Tapi jangan berlebihan atau keseringan.

Cara ini sangat ampuh untuk mengurungkan niat orang ketiga yang tertarik kepada pasangan Anda.

Demikian empat tips bagaimana mencegah perselingkuhan di facebook. Sebelum perselingkuhan itu terjadi, lakukanlah tindakan pencegahan. Dan tentu saja, pencegahan juga harus dilakukan oleh diri Anda sendiri.

Dan jika terbukti suami atau istri Anda benar-benar selingkuh maka Anda harus mengambil sikap. Komunikasikan secara hati-hati dengan pasangan Anda.

Jangan mencoba untuk mengingkari hal tersebut. Sikap Anda yang seolah tidak mau tahu, padahal Anda tahu akan menyebabkan persoalan bertambah rumit.

Dunia online dan media sosial memungkinkan orang saling bertemu dan berkenalan satu sama lain. Bahkan berkat media sosial pria dapat berkenalan dan memikat wanita super cuek.

Sayangnya banyak godaan di internet mulai dari godaan berbelanja barang, berselingkuh, cyber sex, fenomena tante girang di facebook, dan yang terbaru adalah prostitusi online.

Karena itu perlu ada sikap saling percaya dan komitmen bersama. Jadikan internet dan media sosial sebagai alat untuk mendekatkan diri dengan pasangan beserta teman dan keluarganya, jangan jadikan facebook sebagai media perselingkuhan.

***
Bagaimana Anda dapat bertahan 30-60 menit lebih lama di Ranjang dan secara Permanen Menyembuhkan Ejakulasi Dini. Ingin tahu caranya? Klik disini!

loading...

One Response

  1. fitri 14 April 2012

Leave a Reply