Obat haid tidak lancar secara alami

Obat haid tidak lancar secara alami

Anda yang masih bisa mengalami haid teratur patut bersyukur, sekalipun momen yang datang tiap 28 hingga 35 hari sekali tersebut menimbulkan rasa nyeri pada beberapa bagian tubuh.

Bayangkan bila yang terjadi adalah hal sebaliknya, haid tidak lancar dan datang tidak menentu atau bahkan tidak datang sama sekali dalam beberapa bulan. Akibatnya, kesuburan bisa terganggu dan peluang untuk hamil akan semakin kecil.

Namun, Anda yang mengalami haid tidak lancar jangan buru-buru khawatir dan putus asa dulu. Setiap masalah pasti ada solusinya. Begitu pula dengan haid tidak lancar, yang juga ada obatnya.

Sebelum pergi ke dokter dan meminum obat-obatan berbahan kimia, ada baiknya Anda terlebih dahulu mengonsumsi obat tradisional. Cara membuatnya cukup mudah dan pasti tidak memiliki efek samping karena berbahan alami.




Di artikel sehatki.com kali ini kita akan membahas beberapa jenis obat tradisional agar haid teratur datang setiap bulan. Tapi sebelum kita membahas secara mendetail obat-obatan tersebut, ada baiknya jika terlebih dahulu kita membahas penyebab haid tidak teratur.

Mengapa Haid Tidak Teratur

Seorang wanita yang mengalami haid tidak teratur selama tiga bulan, baik itu berturut-turut ataupun tidak tapi terjadi dalam setahun harus memeriksakan diri ke dokter untuk mencari tahu penyebabnya.

Dalam banyak kasus, menstruasi yang tidak lancar berhubungan dengan sebuah kondisi yang disebut anovulasi. Ini berarti ovulasi tidak terjadi selama siklus menstruasi yang biasanya disebabkan terjadinya ketidakseimbangan hormon yang parah.

Faktor-faktor berikut dapat memicu haid tidak lancar:

  • Olahraga ekstrim – berolahraga terlalu banyak dapat membuat menstruasi tidak lancar dan bahkan dapat menghentikannya sama sekali.
  • Diet – Menjadi kurus atau terlalu gemuk juga dapat menyebabkan haid tidak lancar.
  • Stres – stres kronis ataupun kecemasan dapat mengganggu keseimbangan hormon Anda, dan menyebabkan haid dan siklus ovulasi tidak teratur.
  • Pil – Pil kontrasepsi dapat membuat menstruasi tidak teratur atau bahkan menghentikannya.
  • Sindrom ovarium polikistik (PCOS) – kondisi medis ini menyebabkan kista kecil terbentuk pada ovarium yang dapat mengganggu ovulasi.
  • Gangguan tiroid – jika kadar hormon tiroid terlalu rendah atau terlalu tinggi dapat menyebabkan menstruasi tidak lancar.
  • Usia – wanita yang berada di awal menstruasi (remaja) biasanya mengalami siklus haid yang tidak lancar karena hormon belum stabil dan belum menemukan pola yang tepat.

Menstruasi tidak teratur mungkin saja adalah sebuah petunjuk awal adanya kondisi medis yang harus diperhatikan. Jika anda mengalami haid tidak lancar selama 3 bulan berturut-turut, Anda perlu melakukan pemeriksaan PCOS.

Selain PCOS, Anda juga perlu diperiksa kemungkinan adanya gangguan tiroid dan penyakit lain yang mungkin berhubungan dengan menstruasi yang tidak teratur.

Obat Haid Tidak Lancar Alami

Berikut ini 3 obat haid tidak lancar yang dapat Anda buat sendiri di rumah.

1. Wedang Jeruk Nipis

Selain berkhasiat menyembuhkan sakit batuk, ternyata jeruk nipis juga bermanfaat untuk mengatasi haid yang tidak lancar. Cara membuatnya mudah sekali, yaitu:

  • Peras jeruk nipis secukupnya ke dalam cangkir.
  • Kemudian, tambahkan madu asli sebanyak satu sendok makan.
  • Terakhir, tuangkan air hangat dan aduk semua campuran tersebut hingga merata.

Minumlah wedang jeruk nipis selagi masih hangat. Khasiat ramuan herbal ini dapat Anda rasakan setelah seminggu meminumnya dengan rutin.

2. Kunyit

Khasiat kunyit untuk mengatasi masalah menstruasi sudah banyak dikenal oleh masyarakat. Hal tersebut ternyata bukan hanya sekadar mitos atau kebiasaan turun-temurun.

Faktanya, kandungan utama kunyit yang terdiri dari kurkumin dan minyak asiri, memang bermanfaat untuk mengobati berbagai masalah kewanitaan, seperti keputihan, nyeri haid, hingga haid yang tidak lancar.

Cara mengolah kunyit untuk dijadikan minuman herbal ada dua. Silakan pilih resep yang sesuai dengan selera Anda.

Resep 1: Kunyit Madu

Pertama, bersihkan kunyit terlebih dahulu. Lalu haluskan kunyit dengan menggunakan blender atau parutan. Masukkan kunyit yang telah lumat ke dalam gelas.

Kemudian, tuangkan air panas dan madu. Aduk hingga semuanya tercampur dan saringlah hingga hanya airnya yang tersisa untuk diminum.

Resep 2: Kunyit Asam

Langkah pembuatan kunyit asam, mulai dari pembersihan hingga pelumatan, sama dengan resep kunyit madu. Setelah kunyit dihancurkan, saring ampasnya. Kemudian, campurkan air perasan kunyit dengan asam, gula jawa, dan garam. Setelah itu, rebus ramuan tersebut hingga mendidih dan siap diminum.

3. Bunga Sepatu

Bunga sepatu memang memiliki segudang manfaat. Bunga yang banyak dijumpai di negara tropis tersebut tidak hanya berfungsi sebagai dekorasi taman, tetapi juga dapat menyembuhkan berbagai penyakit, termasuk haid yang tidak lancar.

Sama seperti ramuan yang terbuat dari jeruk nipis dan kunyit, membuat ramuan dari bunga sepatu juga mudah, yaitu sebagai berikut:

  • Petik mahkota bunga sepatu sebanyak 3 lembar.
  • Setelah dicuci bersih, tumbuk mahkota bunga hingga halus.
  • Campurkan dengan segelas air mineral dan sedikit cuka, kemudian saring hingga air dan ampasnya benar-benar terpisah.
  • Minum airnya dengan dosis setengah gelas untuk sekali minum.
  • Untuk mendapatkan hasil yang optimal, rutinlah meminum ramuan ini 3 kali setiap hari.

Gaya hidup yang buruk, seperti stres berkepanjangan dan berat badan berlebih, sering kali juga menjadi penyebab haid tidak datang secara teratur.

Oleh karena itu, ada baiknya Anda juga memperbaiki pola hidup dan rajin mengonsumsi makanan yang sehat sambil tetap rutin meminum ramuan herbal di atas untuk mengatasi telat datang bulan secara alami. Siapa tahu, perbaikan gaya hidup juga merupakan obat haid tidak lancar untuk Anda. Selamat mencoba!

***
Bagaimana Anda dapat bertahan 30-60 menit lebih lama di Ranjang dan secara Permanen Menyembuhkan Ejakulasi Dini. Ingin tahu caranya? Klik disini!

loading...