Semua wanita yang tengah hamil tentu menginginkan memiliki anak yang sehat. Untuk hal tersebut, mereka tidak segan melakukan apapun termasuk rutin olahraga dan mengkonsumsi menu makanan sehat untuk ibu hamil.

Ada banyak informasi yang beredar di masyarakat tentang makanan yang boleh dan tidak boleh dijadikan menu makanan sehat para ibu yang sedang hamil muda. Dalam hal ini dibutuhkan kearifan sang calon Ibu untuk mencari informasi sebanyak-banyaknya dari sumber yang terpercaya.

Dalam artikel sehatki.com kali ini kita akan membahas beberapa menu makanan sehat untuk ibu hamil.

Menu makanan sehat ibu hamil

Menu makanan sehat ibu hamil

Daftar Menu Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil

Bicara soal menu makanan sehat, pasti banyak ibu ibu yang sedang hamil bertanya jenis makanan apa saja yang bagus untuk dikonsumsi saat mengandung anak.




Membuat menu makanan sehat bagi ibu hamil muda atau saat trimester pertama tentu sangat penting mengingat di masa kehamilan tersebut bayi sangat membutuhkan nutrisi untuk berkembang.

Oleh karena itu para ibu hamil perlu memperhatikan dengan baik apa yang dimakannya. Jika mengkonsumsi makanan tidak sehat maka pertumbuhan bayi dalam kandungan tentu akan terganggu. Berikut ini beberapa menu makanan sehat bagi bagi hamil pada trimester pertama.

Makanan sehat ibu hamil trimester pertama

Dalam masa ini, bentuk janin yang ada dalam rahim seorang ibu masih dalam bentuk embrio yang besarnya hampir sama dengan biji selasih. Asupan nutrisi untuk ibu hamil pada trimester pertama perlu diperbanyak jumlahnya karena mempengaruhi tumbuh kembangnya bayi tersebut.

Pada usia kehamilan trimester pertama, sang ibu akan sering merasakan mual-mual dan bisa juga muntah. Peristiwa tersebut disebut dengan istilah morning sickness. Morning Sickness ini tentu akan mempengaruhi asupan nutrisi sang ibu hamil.

Untuk mengatasi mual-mual saat trimester pertama lakukan hal-hal berikut ini:

1. Makan dalam jumlah yang sedikit tapi dalam takaran jam jam tertentu harus makan

Misalnya, pada jam sekian sang ibu harus makan dengan porsi yang sedikit, namun pada jam berikutnya sang ibu harus makan kembali dalam porsi yang sedikit juga. Ini berguna agar pada saat ibu makan tidak terjadi mual ataupun memuntahkan makanannya.

2. Jangan langsung berdiri ketika bangun tidur

Bingung? Dalam hal ini anda cukup mengusahakan duduk saja dulu ketika baru bangun tidur. Bisa duduk pada tepi tempat tidur ataupun duduk sambil bersandar ke tembok. Ini harus dilakukan agar perasaan pusing ketika bangun tidur tidak menyebabkan hal-hal lainnya terjadi.

3. Hindari makan makanan yang pedas/berminyak/berlemak

Makanan pedas dan berminyak akan merangsang produksi asam lambung lebih banyak yang dapat menyebabkan timbulnya perasaan tidak nyaman di perut dan mual-mual.

4. Selalu memberikan vitamin.

Minumlah vitamin untuk menghindari mual-mual saat sedang hamil. Vitamin dalam kehamilan ini berupa asam float yang biasanya bisa membuat sang ibu jadi mual. Tapi kandungan float yang ada pada vitamin tadi memang harus diberikan pada ibu hamil.

5. Istirahat yang cukup

Istirahatlah yang cukup agar dapat membuat pikiran anda lebih relax, bisa juga sambil mendengar musik ataupun menonton televisi .

Setelah melalui masa-masa awal kehamilan, kondisi tubuh biasanya kembali normal dan masalah mual-mual bisa teratasi, saatnya untuk mengatur pola menu makanan sehat untuk ibu hamil.

1. Sayur dan buah-buahan

Salah satu menu makanan sehat wajib untuk ibu hamil adalah sayur dan buah-buahan, terutama yang ditanam di perkebunan organik. Buah terutama yang memiliki kandungan vitamin C berguna untuk untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Manfaat lain dari buah dan sayuran adalah meningkatkan asupan zat besi bagi ibu hamil untuk mencegah terjadinya anemia. Sayuran yang sangat cocok dikonsumsi di saat awal kehamilan adalah sayuran berklorofil, contohnya bayam.

2. Telur

Protein dan mineral yang terkandung dalam sebutir telur sangat baik untuk pertumbuhan otak janin. Karena telur mengandung kolin yang tinggi yang berhubungan dengan tingkat kesehatan otak bayi yang sedang dikandung.

3. Pisang dan pepaya

Pisang dan pepaya sama-sama mengandung vitamin C dan asam folat, namun pepaya juga memiliki potasium dan juga serat yang berguna untuk mengatasi sembelit yang biasanya terjadi pada ibu hamil di trimester ketiga.

Namun beda dengan pisang, pisang sangat berguna pada trimester pertama karena pisang dapat mengurangi mual-mual yang biasa terjadi pada ibu hamil.

4. Ikan salmon

Selain buah, sayur, dan telur, ibu hamil perlu protein hewani yang tidak berbahaya, dalam hal ini adalah Ikan salmon, ikan ini memiliki omega 3 yang sangat tinggi dan sangat baik bagi pertumbuhan otak bayi.

Dalam penyajiannya, ikan salmon jangan disajikan dalam jumlah yang banyak untuk sang ibu hamil. Batas yang hanya boleh disajikan untuk dikonsumsi sang ibu hamil adalah sebesar 12ons/hari.

5. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan ini juga dapat dikonsumsi oleh ibu hamil, karena protein nabati pada kacang sangat tinggi dan bisa menjadi alternatif pengganti protein hewani. Salah satu jenis kacang yang tinggi protein adalah kacang buncis, karena mengandung kalsium dan folat yang tinggi.

Demikian beberapa menu makanan sehat untuk ibu hamil, anda bisa melakukan riset untuk mencari menu terbaik dan cocok untuk anda.

***
Bagaimana Anda dapat bertahan 30-60 menit lebih lama di Ranjang dan secara Permanen Menyembuhkan Ejakulasi Dini. Ingin tahu caranya? Klik disini!

loading...