Kandungan tidak subur bikin wanita sulit hamil

Kandungan tidak subur bikin wanita sulit hamil

Obat penyubur kandungan adalah pilihan pertama yang umumnya sangat efektif dalam membantu wanita cepat hamil. Obat kesuburan tersebut dapat membantu wanita hamil jika sistem reproduksinya hanya perlu sedikit dorongan.

Pasangan suami istri didefinisikan sebagai tidak subur (infertil) jika istri tidak mampu hamil setelah menjalani 12 bulan hubungan seks tanpa kondom untuk wanita di bawah usia 35, dan setelah enam bulan untuk wanita usia di atas 35 tahun.

Menurut womenshealth.gov, infertilitas bisa terjadi pada pria ataupun wanita dengan jumlah prosentase yang sama besarnya, yakni masing-masing 30%, dimana sisanya disebabkan oleh faktor lain yang belum diketahui pasti.

Meskipun pria bisa mengalami kemandulan, artikel sehatki.com kali ini akan fokus membahas bagaimana mengatasi kemandulan pada wanita menggunakan obat-obatan penyubur kandungan.




Obat penyubur kandungan dapat membantu wanita cepat hamil dengan cara:

  1. Obat kesuburan dapat membantu meningkatkan kadar hormon perangsang folikel sehingga dapat membantu wanita mengalami ovulas. Contohnya adalah obat Clomid (clomiphene citrate).
  2. Obat suntik gonadotropin dapat merangsang ovarium secara langsung. Gonadotropin biasanya diresepkan kepada wanita yang tidak merespon obat  Clomid.
  3. Obat penyubur kandungan juga membantu untuk meningkatkan dan menyeimbangkan kadar hormon Anda, meningkatkan kemungkinan implantasi embrio.

Penyebab Wanita Sulit Hamil

Penyebab umum dari ketidaksuburan pada wanita meliputi:

  • Masalah dengan leher rahim – leher rahim adalah ujung bawah rahim, yang membuka ke dalam vagina. Sperma harus melewati leher rahim untuk masuk ke rahim dan membuahi sel telur.
  • Ketidakseimbangan pH – Kadar asam basa dalam vagina yang tidak stabil dapat menyebabkan lingkungan vagina tidak kondusif untuk terjadinya pembuahan.
  • Kerusakan pada sistem reproduksi – Beberapa masalah pada sistem reproduksi wanita dapat menurunkan kesuburan seperti polip, endometriosis, masalah pada tuba falopi, infeksi, jaringan parut, fibroid rahim, cacat lahir atau kondisi medis lainnya.
  • Masalah ovulasi – Sindrom ovarium polikistik (PCOS) adalah penyebab paling umum dari ketidaksuburan pada wanita. PCOS adalah ketidakseimbangan masalah hormon yang bisa mengganggu ovulasi.

Isu-isu lain yang mempengaruhi ovulasi wanita termasuk kista, masalah dengan siklus menstruasi, masalah berat badan dan obat atau alkohol.

Obat penyubur kandungan, meski tidak selalu berhasil, akan membantu meningkatkan kesuburan pada wanita dengan mengatasi faktor-faktor penghambat kehamilan di atas.

Untuk mendapatkan obat kesuburan tersebut anda perlu memeriksakan diri ke bidan atau dokter kandungan. Setelah melalui pemeriksaan, dokter kemungkinan akan memberikan resep obat penyubur untuk anda.

Obat Penyubur Kandungan Alami

Obat penyubur kandungan tradisional

Obat penyubur kandungan tradisional

Memiliki buah hati merupakan idaman semua pasangan yang telah menikah. Memang, tidak semua pasangan yang baru menikah ingin segera dikaruniai anak. Ada pula yang masih ingin menikmati waktu berdua bersama pasangan.

Jika anda sudah berusaha dan kehamilan tak kunjung datang, Anda tidak sendirian. Menurut Reuters, satu dari setiap enam pasangan mengalami kesulitan untuk hamil

Jika hal ini terjadi pada Anda, jangan buru-buru putus asa. Selain meminum suplemen dan obat-obatan dari dokter, tidak ada salahnya bila Anda turut mencoba obat penyubur kandungan tradisional berikut ini.

1. Daun Kemangi

Daun kemangi tidak hanya nikmat disantap sebagai lalapan dan penyedap masakan, tetapi ternyata juga mampu mengatasi masalah ketidaksuburan pada kandungan. Kandungan daun kemangi yang baik untuk meningkatkan kesuburan Anda adalah zat boron dan stigmaastero.

Zat boron berperan untuk merangsang pertambahan hormon estrogen, yakni hormon yang berperan penting dalam reproduksi wanita. Kesuburan kandungan Anda akan meningkat seiring dengan bertambahnya hormon estrogen.

Sedangkan zat stigmaastero, berfungsi untuk mempercepat kematangan sel telur sehingga siap untuk dibuahi sel sperma.

Anda bisa mengonsumsi kemangi segar secara langsung sebagai lalapan atau sebagai teh herbal. Teh dibuat dengan cara merebus 15 gram kemangi ke dalam air sebanyak 1 gelas. Rebus hingga mendidih dan setelah itu teh daun kemangi siap untuk diminum.

2. Daun Pegagan

Sama seperti kemangi, kita biasanya memanfaatkan daun pegagan sebagai lalapan. Nah, daun yang satu ini juga dapat dimanfaatkan sebagai obat penyubur kandungan.

Zat yang terkandung dalam pegagan, yakni madecassosside, berguna untuk mempercepat regenerasi sel telur. Kemudian, zat karoten yang terdapat di dalam kemangi berfungsi layaknya antioksidan, yakni melindungi sel telur dari pengaruh radikal bebas.

Daun pegagang juga dapat dikonsumsi secara langsung atau direbus menjadi teh. Cara pembuatan teh daun pegagan persis seperti the kemangi.

3. Minyak Zaitun

Tahukah Anda, bahwa minyak zaitun dapat meningkatkan kemungkinan Anda untuk hamil hingga 40 persen? Pernyataan tersebut bukan hanya mitos, namun para ilmuwan dari Southampton University pernah benar-benar membuktikannya dalam suatu penelitian.

Mereka meneliti 100 pasangan, yang dibagi ke dalam dua kelompok, yakni kelompok yang mengonsumsi minyak zaitun secara rutin dan yang tidak. Penelitian yang dilakukan selama 6 minggu tersebut memberikan hasil yang memukau.

Kelompok pasangan yang rutin mengonsumsi minyak zaitun ternyata mengalami perbaikan kesuburan. Bahkan, tingkat kemungkinan hamilnya meningkat hingga 3,5 lipat daripada yang tidak mengonsumsi minyak zaitun sama sekali.

Cara mengonsumsi minyak zaitun juga praktis dan bergantung pada selera Anda. Anda bisa langsung meminumnya dengan takaran 1 sendok makan untuk sekali minum atau mencampurnya dalam masakan.

Selain mengonsumsi daun kemangi, pegagan, dan minyak zaitun, Anda dan pasangan juga perlu memperbaiki gaya hidup dan pola makan, agar kemungkinan hamil semakin tinggi.

Makanan yang baik untuk meningkatkan kesuburan biasanya mengandung protein tinggi, seperti kacang-kacangan, tahu, tempe, ikan, dan telur. Hindari mengonsumsi makanan yang memiliki lemak jenuh yang tinggi, yakni daging merah dan ayam non organik.

Nah, itu tadi informasi mengenai obat tradisional untuk penyubur kandungan. Sejatinya, buah hati memang adalah karunia dari Tuhan. Namun, tidak ada salahnya untuk mencoba tips di atas sambil terus berdoa. Siapa tahu, cara tersebut adalah jalan keluar bagi Anda dan pasangan untuk memiliki momongan.

***
Bagaimana Anda dapat bertahan 30-60 menit lebih lama di Ranjang dan secara Permanen Menyembuhkan Ejakulasi Dini. Ingin tahu caranya? Klik disini!

loading...