10 Manfaat Berciuman Bagi Kesehatan

Sudah banyak penelitian yang dilakukan untuk mengetahui apa saja manfaat ciuman bagi kesehatan. Salah satu hasil penelitian tersebut menyebut berciuman dapat menambah panjang usia. Lalu, apakah hanya itu manfaat berciuman? temukan jawabannya dalam artikel sehatki.com berikut ini.

Ciuman yang dimaksud di artikel ini adalah berciuman atas dasar cinta, dan bukan kecupan yang hanya sekedar nafsu saja. Berciuman yang dilakukan atas dasar cinta dapat meningkatkan semangat sekaligus meningkatkan produksi hormon kebahagiaan dalam tubuh.

Seperti kita tahu ada beberapa jenis ciuman yang memiliki makna dan manfaat yang berbeda-beda. Contohnya ciuman bibir tentu beda dengan ciuman di lidah dan leher.

Jika di artikel terdahulu kita sudah membahas apa saja perbedaan ciuman antara pria dan wanita, maka di artikel kali ini kita akan membahas apa saja manfaat ciuman bibir, leher dan ciuman lidah atau french kiss bagi kesehatan.

Manfaat Ciuman Bibir

Ciuman bibir menjadi salah satu jenis ciuman yang paling sering dilakukan orang, baik pada kekasih ataupun pasangan suami istri. Ada banyak manfaat berciuman bibir yang mungkin belum anda ketahui dan beberapa diantaranya adalah:

  1. Menyehatkan Organ Jantung

Aktivitas berciuman bibir ternyata terbukti bisa meningkatkan kesehatan jantung seseorang. Melakukan ciuman akan membuat sistem kardiovaskular menjadi lebih stabil, sekaligus menurunkan kolesterol dan juga tekanan darah dalam tubuh.

  1. Menunjukan Rasa Kasih Sayang

Memberikan ciuman mesra untuk pasangan juga menjadi cara efektif untuk memperlihatkan rasa sayang pada pasangan, sehingga ia bisa merasa lebih dihargai dan akhirnya memberikan kedamaian dalam hati.

Kebiasaan ini sangat baik jika dilakukan secara rutin oleh pasangan khususnya bagi anda yang sudah menjalin hubungan rumah tangga.

  1. Menurunkan Berat Badan

Hal menakjubkan lainnya dari aktivitas berciuman adalah bisa menurunkan berat badan atau mengatasi obesitas.

Dari sebuah penelitiandiketahui bahwa berciuman yang dilakukan dengan mesra dan bergairah, akan membantu proses penurunan berat badan sebab dapat membakar kalori sebanyak 2 hingga 3 kalori untuk setiap menit-nya.

  1. Memancarkan Aura Kecantikan

Manfaat selanjutnya dari berciuman khususnya untuk wanita adalah meningkatkan aura kecantikan.

Hal yang terjadi pada saat berciuman adalah pengencangan pada otot wajah sehingga akan mencegah kulit di area pipi semakin kendur, sekaligus menghaluskan kulit wajah karena sirkulasi darah di area wajah semakin meningkat.

Manfaat ciuman bagi kesehatan

  1. Terhindar Dari Beberapa Penyakit

Tidak hanya menjadi aktivitas yang menyenangkan untuk dilakukan setiap pasangan, berciuman juga terbukti ampuh dalam mengatasi berbagai penyakit seperti masalah pada kantong kemih, masalah perut dan juga menyembuhkan infeksi darah.

Baca: Cara Berciuman Bibir yang Benar

  1. Mengurangi Rasa Sakit

Dalam aktivitas berciuman, produksi air liur seseorang akan semakin bertambah. Air liur yang semakin banyak di produksi tersebut dikatakan berguna sebagai bahan anestesik alami yang bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit di berbagai bagian tubuh yang dirasakan seseorang.

  1. Meningkatkan Produksi Hormon Oksitosin

Kegunaan berikutnya dari berciuman adalah membantu peningkatan beberapa jenis hormon alami di tubuh seperti hormon oksitosin.

Hormon oksitosin merupakan hormon alami yang dihasilkan oleh tubuh sebagai penghasil rasa nyaman dan rasa tenang, hormon ini juga berperan penting dalam merileksasi tubuh dari ketegangan otot.

  1. Menghasilkan Hormon Endoprhin

Hormon endorphine merupakan sejenis morfin alami yang di produksi oleh tubuh sebagai pemberi rasa bahagia dan senang pada setiap orang.

Pada saat berciuman, maka produksi dari hormon endorphin juga akan meningkat drastis sehingga bisa memperbaiki mood seseorang dalam waktu yang cepat.

  1. Mempererat Ikatan

Melakukan aktivitas berciuman dengan teratur antar pasangan juga menjadi cara baik untuk mempererat ikatan antar pasangan tersebut.

Dengan ciuman, maka perasaan antara pasangan akan semakin erat sehingga hubungan yang dijalin juga bisa berjalan semakin romantis.

Tanpa disadari, ini juga sangat berpengaruh untuk kesehatan tubuh dimana tubuh tidak mudah terserang penyakit apabila dilakukan dengan teratur.

  1. Alternatif Senam Wajah

Untuk para wanita yang ingin mendapatkan wajah sempurna dan terbebas dari penuaan dini, bisa memulai dengan sering-sering berciuman. Teknik ciuman yang benar memiliki hasil yang sama dengan senam wajah, yang akan membuat tampilan lebih terlihat awet muda.

Saat sedang berciuman, maka beberapa otot yang jumlahnya sekitar 30 buah otot yang ada di area wajah juga ikut bekerja.

Aktivitas dari beberapa otot wajah ini akan melancarkan aliran darah khususnya di area wajah dan hasilnya tampilan wajah anda terlihat jauh lebih fresh.

Perlu dipahami bahwa berciuman bibir juga memiliki risiko terjadinya penularan penyakit terutama pada orang yang memiliki luka atau sariawan di mulutnya. Salah satu penyakit yang menular melalui ciuman adalah herpes.

Manfaat Ciuman Leher

Selain ciuman bibir, jenis ciuman kesehatan yang sering dilakukan pasutri untuk pasangannya adalah ciuman leher.

Tidak seperti ciuman bibir yang sifatnya untuk menyalurkan rasa kasih dan sayang kepada pasangan, ciuman di leher pada umumnya bersifat seksual.

Perlu diketahui jika leher dan area di sekitarnya memiliki banyak sekali titik syaraf yang jika dirangsang dapat meningkatkan gairah seksual.

Memberikan ciuman di area leher wanita akan meningkatkan rangsangan sehingga gairah seks wanita akan langsung meningkat dengan tajam.

Manfaat yang bisa didapatkan dari ciuman di leher sebetulnya hampir serupa dengan ciuman bibir, akan tetapi ciuman di area leher dan sekitarnya hanya dilakukan kepada pasangan, dan tidak untuk semua orang.

Berikut ini beberapa manfaat ciuman leher:

  1. Meningkatkan gairah seks
  2. Meningkatkan rasa senang bagi wanita
  3. Meningkatkan keintiman (intimacy)
  4. Untuk merangsang pasangan
  5. Meningkatkan hormon endorfin

Ciuman leher adalah salah satu jenis foreplay yang biasa dilakukan orang sebelum berhubungan seks. Ini sangat baik dilakukan khususnya saat seorang pria ingin mengajak pasangannya untuk berhubungan seksual.

Manfaat Ciuman Lidah

Manfaat berciuman bibir

Satu lagi jenis ciuman penuh sensasi yang seringkali dilakukan oleh pasangan yakni ciuman dengan menggunakan lidah. Ciuman ini sering juga disebut french kiss, dan di masyakarat kita sering disebut ciuman cipokan.

Walaupun sebagian orang menilai jika ciuman menggunakan lidah agak sedikit hardcore, akan tetapi ada banyak manfaat untuk kesuburan dan juga kesehatan dibalik ciuman memakai lidah tersebut.

Hal ini sudah dibuktikan lewat sebuah penelitian, dimana hormon estrogen wanita dan juga hormon testoteron pada pria akan meningkat dengan tajam pada saat berciuman lidah.

Salah satu manfaat ciuman lidah akan meningkatkan gairah seks ke tahap yang lebih tinggi. Saat bercinta, gairah yang tinggi akan membantu kekuatan ejakulasi semen/air mani, dan pada akhirnya meningkatkan potensi terjadinya pembuahan.

Penelitian tersebut dilakukan pada 4000 peserta yang berasal dari salah satu situs kencan ternama yakni chemustry.com.

Dalam penelitian tersebut, para ahli mengukur aktivitas kimia yang ada dalam otak peserta seperti serotonin, estrogen, dopamin dan juga testoteron.

Dari penelitian tersebut didapatkan hasil jika organ otak memang langsung bereaksi saat ciuman lidah antar pasangan tersebut sedang dilakukan.

Sistem saraf diketahui menjadi pemicu dari produksi beberapa hormon sehingga menghasilkan rangsangan seksual yang sangat tinggi.

Perlu diketahui, selain memberi manfaat, ciuman lidah juga berpotensi menjadi sarana penularan penyakit. Hal ini disebabkan, kemungkinan terjadinya pertukaran air liur selama berciuman.

Risiko tersebut semakin besar jika berciuman dengan perokok, karena kemungkinan adanya bakteri dan zat kimia dari rokok yang ikut masuk ke dalam tubuh melalui ciuman bibir.

Manfaat yang bisa diperoleh baik itu ciuman bibir, ciuman leher ataupun ciuman yang dilakukan dengan menggunakan lidah menjadi salah satu kebiasaan baik yang harus dilakukan setiap pasangan suami istri di berbagai aktivitas sehari hari.

Pada dasarnya makna ciuman pria dan wanita tidak selalu sama. Dalam sebagian besar kasus, makna ciuman bagi wanita lebih dalam dan lebih intim daripada pria.

Begitu banyak manfaat dari berciuman yang bisa dilihat merupakan hal sederhana namun memberikan dampak positif sangat besar untuk kesehatan, psikologis dan juga hubungan antar pasangan.

Semoga ulasan ini bisa banyak memberikan manfaat positif khususnya bagi anda yang sudah berkeluarga.

Loading...
Tags:

Leave a Reply