Hati-Hati, 10 Makanan Ini Menyebabkan Kanker Serviks

Pada umumnya penyebab kanker serviks adalah virus HPV. Meski demikian, beberapa faktor tertentu dapat meningkatkan risiko seorang wanita mengalami kanker ini. Di artikel sehatki.com kali ini kita akan membahas beberapa jenis makanan penyebab kanker serviks.

Seperti diketahui, selain kanker payudara, kanker serviks atau kanker mulut rahim adalah salah satu jenis penyakit mematikan dan sekaligus ditakuti oleh kaum wanita.

Kanker serviks menyerang bagian organ reproduksi kaum wanita, tepatnya pada daerah leher rahim. Human Papilloma Virus (HPV), merupakan penyebab sebagian besar penyakit kanker serviks.

Namun begitu, disinyalir pola makan yang salah bisa menjadi pemicu munculnya penyakit kanker serviks ini pada seorang wanita. Saat ini, ada banyak sekali makanan yang sesungguhnya tidak sehat yang beredar dan bebas dikonsumsi.

Berbagai penelitian menemukan, bahwa dewasa ini berbagai makanan yang ada di sekitar kita ternyata mengandung zat-zat penyebab kanker. Bisa karena zat yang dikandungnya atau karena cara pengelohannya yang salah.

Bagaimana Makanan Menyebabkan Kanker Serviks

Ilmuwan Meksiko mengidentifikasi dan menghitung jumlah aflatoksin (karsinogenik) pada makanan seperti tortilla jagung, nasi, cabai, saus olahan, dada ayam dan telur, dan mengungkapkan hubungannya dengan kanker serviks dan hati pada manusia.

Spesialis tersebut menjelaskan bahwa Human Papillomavirus lebih bersifat karsinogenik dan cenderung memicu kanker serviks daripada aflatoksin.

Racunnya, kata peneliti tersebut, bisa berada di air, tanah dan udara, jamur yang menghasilkannya adalah cetakan hijau zaitun yang dapat ditemukan di kulkas, zat tersebut bahkan sangat tahan terhadap suhu tinggi.

Setiap hari, orang-orang mengonsumsi saflatoksin yang menumpuk selama bertahun-tahun dalam DNA, akan menurunkan resistensi dan menimbulkan penyakit.

Untuk menghindari zat ini, peneliti menyarankan untuk menyimpan makanan dengan benar untuk mengendalikan produksi toksin.

Makanan penyebab kanker serviks

Makanan penyebab kanker serviks

Berikut ini ada beberapa jenis makanan penyebab kanker serviks:

  1. Makanan yang mengandung alkohol

Pada dasarnya alkohol tidak baik untuk tubuh Anda. Sehingga bila alkohol dikonsumsi berlebihan, dapat memicu memicu timbulnya sel kanker di dalam mulut rahim.

Jadi, sebaiknya hindari mengkonsumsi makanan yang mengandung alkohol, seperti cake yang mengandung alkohol atau tape. Sekali-sekali okelah, namun jangan sampai berlebihan.

  1. Soft drink

Apapun nama dagangnya, minuman jenis ini sangat merusak kesehatan. Dengan kandungan kalori yang tinggi, gula, zat tambahan buatan namun tidak memiliki nutrisi.

Satu kaleng soda mengandung gula yang bersifat korosif, seperti halnya zat azam dalam batu baterai. Penelitian menemukan fakta, bahwa minum soda dua kali seminggu meningkatkan risiko kanker pankreas dua kali lipat.

  1. Makanan yang dipanaskan dengan microwave

Makanan yang telah dipanaskan berisiko menjadi pemicu kanker. Apalagi bila menggunakan wadah plastik yang akan melepaskan banyak racun kimia ketika dipanaskan dalam microwave.

Selain itu, microwave dilapisi bahan kimia untuk memastikan makanan tetap segar ketika dimakan. Bahan kimia tersebut disinyalir bisa menyebabkan infertilitas, kanker hati, testis dan pankreas.

  1. Makanan berlemak

Makanan berlemak merupakan salah satu jenis makanan pemicu kanker. Mengkonsumsi makanan berlemak jauh lebih berpotensi terkena kanker serviks, dibandingkan wanita yang lebih banyak mengkonsumsi buah dan sayur.

Lemak bisa memproduksi hormon estrogen, sementara kondisi rahim yang terlalu sering terpapar oleh hormon estrogen dapat memicu timbulnya sel kanker.

Selain itu, makanan berlemak juga dapat menyebabkan kegemukan. Sehingga bila tak diimbangi dengan olahraga akan bisa berisiko timbulkan sel kanker yang semakin besar.

  1. Makanan ringan

Enak, murah, dan membuat ketagihan menjadi alasan mengapa jenis makanan ini disukai banyak orang. Tetapi, snack yang gurih ternyata mengandung banyak kadar sodium yang sangat tinggi, yang bisa menyebabkan hipertensi.

Selain itu snack mengandung pengawet dan penyedap buatan yang bisa memicu kanker.

  1. Makanan diet

Seringkali kaum wanita merasa aman jika memilih makanan belabel “diet” atau “low fat”. Jenis makanan ini memang mengandung kalori yang rendah sehingga tak menyebabkan kegemukan.

Tetapi, produk ini tetap berbahaya karena mengandung pemanis buatan yang bisa menyebabkan kanker, cacat pada bayi, dan gangguan jantung.

Selain itu, kemungkinan makanan ini diproses secara kimia, kemudian diberi tambahan makanan yang membuat Anda ketagihan.

  1. Makanan yang dimasak dengan suhu tinggi

Penggolahan makanan dengan memasaknya dalam suhu yang tinggi, serta dengan menggunakan minyak goreng berungkali bisa menyababkan perubahan sel tubuh menjadi lebih cepat, yang akhirnya bisa menyebabkan kanker.

Makanan kaya karbohidrat bila digoreng akan terurai, lalu bereaksi dengan asam amino dan menghasilkan sebuah senyawa karsinogenik bernama akrilamida zat pemicu kanker.

Keripik kentang, merupakan makanan yang mengandung akrilamida cukup tinggi.

  1. Daging merah

Beberapa jenis daging merupakan pencetus kanker payudara, apalagi bila dikonsumsi berlebihan. Salah satunya daging merah. Selain itu, daging merah juga berisiko menyebabkan kanker kolon.

Jadi, lebih disarankan mengonsumsi daging putih seperti dada ayam dan daging ikan yang tidak menyebabkan kanker. Boleh mengkonsumsi daging merah asal tak berlebihan dan tak sering.

  1. Daging Panggang

Hidrokarbon Polisiklik Aromatik (HPA) merupakan senyawa penyebab kanker, yang dihasilkan dari proses pemanggangan lemak binatang. Hindari mengkonsumsi daging panggang seperti sate, terutama pada bagian yang sudah menghitam.

  1. Sayuran dan buah yang mengandung pestisida

Pestisida penyebab kanker nomor satu, apalagi jika mengkonsumsi makanan yang terpapar pestisida setiap hari. Ada baiknya menghindari mengkonsumsi buah beri, apel dan selada non-organik demi kesehatan.

Oleh karena itu, mulailah selektif dan berhati-hati dalam memilih makanan untuk dikonsumsi.

Menerapkan pola hidup sehat sangat dianjurkan agar Anda bisa terhindar dari penyakit-penyakit yang mematikan seperti penyakit kanker serviks ini.

Selalu cuci terlebih dahulu buah dan sayuran sebelum dimakan, meski tak menjamin 100% pestisidanya hilang.

Selain itu setiap wanita juga perlu menjaga kesehatan organ reproduksinya dengan tidak melakukan hubungan seksual secara bebas.

Demikian beberapa makanan penyebab kanker serviks atau kanker mulut rahim pada wanita, semoga bermanfaat.

***
LADYFEM: Herbal Istimewa rekomendasi Dr Boyke. Mengatasi masalah kewanitaan seperti Keputihan, nyeri haid, kista, frigid, kurang gairah, dan cegah Kanker Serviks. Klik disini untuk order!

Loading...

Leave a Reply