3 Cara Menyembuhkan Vaginismus

Tidak sedikit wanita yang menderita vaginismus, sebuah kondisi yang menyakitkan bagi wanita saat sedang bercinta. Terdapat beberapa cara menyembuhkan vaginismus, salah satu diantaranya adalah dengan terapi seks.

Sepasang suami istri berkonsultasi ke dokter karena istri selalu kesakitan setiap melakukan hubungan seks. Karena tidak tega melihat istrinya menderita hubungan intim pun selalu batal. Setelah di periksa akhirnya diketahui bahwa sang istri menderita Vaginismus.

Dikutip dari detik health, Vaginismus adalah sebuah kondisi dimana sejumlah otot yang mengelilingi vagina menjadi kejang, menyebabkan lubang pada vagina menyempit dan menjepit sangat kuat sehingga menyulitkan penis melakukan penetrasi ke dalamnya. Saking kuatnya, saat berhubungan seks penis mustahil bisa menerobos ke dalam liang vagina.




Menyembuhkan vaginismus ternyata bukan masalah yang mudah, selain karena penyebabnya sulit diidentifikasi, ahli medis sampai saat ini belum bersepakat mengenai metode yang tepat untuk membuat vagina menjadi rileks kembali.

Penis akan sangat sulit menembus liang vagina dan kalau dipaksakan maka istri akan sangat kesakitan. Karena itu, di artikel sehatki.com kali ini kita akan membahas cara menyembuhkan vaginismus secara alami.

Penyebab Vaginismus

Sebelum membahas bagaimana cara menyembuhkan vaginismus secara alami, kita perlu mengetahui apa-apa saja faktor yang dapat menyebabkan seorang wanita mengalami gangguan ini.

Sampai saat ini belum diketahui pasti penyebab utama vaginismus, ada yang menghubungkannya dengan masalah psikis dan ada beberapa ahli yang menggolongkannya sebagai sebuah kondisi medis akibat adanya infeksi di saluran kemih.

Vaginismus dapat menyerang wanita dengan usia berapapun karena sebenarnya vaginismus merupakan masalah psikologis yang berubah menjadi masalah psikis.

Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya vaginismus pada wanita, diantaranya adalah:

  1. Ketakutan akan rasa sakit saat berhubungan seksual
  2. Ketakutan akan terjadi robekan pada vagina saat berhubungan seksual, terutama pada wanita yang baru saja melahirkan
  3. Stress atau depresi
  4. Pengalaman atau trauma pada masa lalu, misalnya pernah medapat kekerasan seksual atau pemerkosaan
  5. Pandangan yang salah tentang hubungan seksual
  6. Masalah kepercayaan terhadap pasangan
  7. Efek samping dari obat-obatan
  8. Tanpa penyebab atau belum diketahui penyebabnya

Beberapa penyebab vaginismus di atas kebanyakan adalah faktor psikologis, maka dari itu sebenarnya tidak ada pengobatan khusus pada vaginismus.

Namun vaginismus juga bukan masalah yang bisa dianggap sepele karena akan mempengaruhi kehidupan seorang wanita dan berdampak buruk pada kehidupan seksualnya. Begitu pula masalah pada hubungan dengan pasangan.

Menyembuhkan Vaginismus dengan Terapi Seks

Cara menyembuhkan vaginismus

Cara menyembuhkan vaginismus

National Health Service (NHS) Inggris, Kementrian Kesehatan Negara Inggris menyebutkan bahwa banyak wanita menikah yang menderita vaginismus.

Untuk menyembuhkan vaginismus, pihak NHS menganjurkan para penderita untuk menjalani terapi psikis dan fisik. Berikut ini beberapa terapi seks yang bisa dipraktekkan untuk menyembuhkan vaginismus:

  • Terapi seks. Terapi dilakukan dengan cara konsultasi untuk mengatasi permasalahan psikologi penderita. Terapi latihan berisi teknik-teknik tertentu untuk melatih vagina agar bisa lebih rileks ketika penetrasi dilakukan.
  • Latihan vagina. Ada beberapa jenis latihan vagina yang bisa di pelajari. Tujuannya untuk mengendurkan otot-otot seks. Metode bisa berupa latihan yoga dan latihan penis. Penderita biasanya akan diberi alat mirip penis untuk digunakan selama latihan. Ukuran alat tersebut seiring waktu akan diperpanjang tergantung perkembangan penyakit vaginismus yang diderita. Latihan vagina bisa dilakukan sendiri atau bersama suami. Ketika vagina sudah bisa mentolerir ukuran alat yang lebih besar, maka bisa dicoba untuk melakukan hubungan seks dengan suami.
  • Relaksasi dan proses eksplorasi tubuh. Bentuk-bentuk relaksasi seperti mandi, pemijatan, terapi musik, teknik pernafasan dan latihan-latihan yoga adalah cara yang bagus untuk merelaksasi seluruh tubuh terkhusus bagian vagina.

Penyakit vaginismus jika tidak disembuhkan bisa merusak keharmonisan rumah tangga. Karena itu pasangan suami istri harus benar-benar serius berusaha menyembuhkan penyakit ini.

Vaginismus sebagian besar disebabkan faktor psikologi seperti trauma seks masa lalu dan perasaan tidak nyaman yang timbul saat berhubungan.

Rasa cemas saat akan dan selama berhubungan membuat otot vagina menjadi kejang dan tidak mungkin di tembus oleh penis.

Jika penetrasi tetap dipaksakan maka yang terjadi adalah rasa nyeri. Berdasarkan data dari National Health Service (NHS), Konseling dan terapi seks terbukti bisa mengurangi dan menyembuhkan pemyakit vaginismus.

Mengatasi Vaginismus Ringan

Untuk vaginismus yang masih tergolong ringan, dapat dilakukan beberapa cara pengobatan sendiri dirumah, yaitu:

  1. Mengganti posisi saat berhubungan seksual

Tekanan pada saat penetrasi mungkin akan mengenai serviks atau otot pelvic floor sehingga menimbulkan rasa sakit dan nyeri.

Anda dapat menukar posisi di atas pasangan sehingga penetrasi yang dilakukan dapat Anda sesuaikan dengan keinginan dan kenyamanan Anda.

  1. Gunakan pelumas

Salah satu cara menyembuhkan vaginismus secara alami adalah menggunakan bantuan pelumas saat bercinta. Dengan menggunakan pelumas, penis akan lebih mudah masuk ke dalam vagina tanpa menimbulkan rasa sakit.

Vaginismus biasanya menyebabkan rongga vagina menjadi kering sehingga menimbulkan rasa sakit saat penetrasi, dengan menggunakan pelumas, vagina akan menjadi lebih licin.

Namun perhatikan pelumas yang Anda gunakan karena beberapa orang justru alergi dengan bahan kimia yang terkandung dalam pelumas.

Jika Anda mengalami alergi atau bahkan iritasi dengan pelumas buatan, ada baiknya jika Anda menggunakan minyak zaitun sebagai pelumas buatan yang lebih alami.

Minyak zaitun sangat mudah menyerap langsung ke dalam kulit dan jauh lebih aman dibandingkan pelumas buatan berbahan kimia.

  1. Jujur pada pasangan

Jika Anda merasa sakit atau nyeri saat melakukan penetrasi, sebaiknya katakan dengan jujur pada pasangan. Katakan pada pasangan tentang apa yang terasa nikmat dan apa yang terasa sakit dengan jujur.

Jika Anda ingin melakukan penetrasi secara perlahan juga sebaiknya Anda katakan pada pasangan.

  1. Sabar saat foreplay

Anda bisa mengatasi vaginismus dengan cara mudah yaitu melakukan foreplay.

Melakukan pemanasan atau foreplay akan sangat membantu untuk melumasi dinding vagina dengan pelumas alami sehingga penetrasi yang dilakukan tidak menimbulkan rasa sakit atau nyeri.

Semakin bergairah Anda saat melakukan foreplay, semakin banyak pelumas yang dihasilkan oleh vagina.

  1. Melakukan rileksasi

Anda dapat melakukan rileksasi sebelum melakukan hubungan seksual. Rilekskan badan Anda agar pikiran menjadi lebih tenang saat berhubungan seksual.

Anda dapat berendam di air hangat sambil mendengarkan musik yang lembut untuk mendapatkan ketenangan sebelum berhubungan seksual. Lepaskan semua beban pikiran yang ada dan tenangkan diri Anda dalam waktu santai yang Anda punya.

  1. Senam kegel

Cara yang paling sering direkomendasikan dokter untuk menyembuhkan vaginismus adalah senam kegel. Senam kegel merupakan senam untuk mengendalikan otot-otot vagina.

Senam kegel biasanya disarankan untuk ibu hamil, namun sebenarnya senam kegel sangat baik dilakukan oleh semua wanita pada usia berapa pun.

Senam kegel untuk penderita vaginismus dilakukan dengan cara seperti menahan kencing selama 10 detik, lalu lepaskan, kemudian tahan lagi selama 10 detik, lalu lepaskan, lakukan terus berulang kali hingga otot vagina benar-benar dapat dikendalikan.

Anda dapat melakukan senam kegel dimana saja dan kapan pun, bahkan ketika Anda sedang menunggu bus di halte atau bekerja di kantor karena senam ini hanya menggunakan otot vagina.

Dengan melakukan senam kegel secara rutin, vagina akan lebih terbiasa untuk merespon rangsangan atau sentuhan saat penetrasi.

  1. Melakukan penetrasi sendiri

Untuk melatih vagina agar lebih terbiasa dalam melakukan penetrasi, Anda juga dapat mencoba untuk melakukan penetrasi sendiri dengan menggunakan jari Anda.

Anda dapat melakukannya dengan menyentuh bagian vagina secara perlahan hingga Anda merasa bergairah, lalu masukkan jari secara perlahan ke dalam vagina dan lakukan penetrasi dengan jari Anda secara perlahan hingga Anda terbiasa.

Namun ingat, jangan memaksa melakukan penetrasi jika Anda belum merasa bergairah karena justru akan membuat vagina menjadi sakit dan nyeri.

Gunakan Vagina Dilator Untuk Menyembuhkan Vaginismus Secara Medis

Vagina dilator untuk menyembuhkan vaginismus

Vagina dilator untuk menyembuhkan vaginismus

Selain menyembuhkan vaginismus secara mandiri di rumah seperti dijelaskan di atas, anda juga bisa meminta bantuan paramedis untuk mengurangi gejala tidak mengenakkan saat bercinta.

Dokter akan melakukan beberapa pemeriksaan untuk mengetahui penyebab dari vaginismus. Dokter biasanya akan mencari penyebab fisik terlebih dahulu untuk mendapatkan penanganan medis yang tepat.

Misalnya ketidakmampuan dari sebagian otot depan vagina untuk menerima rangsangan seksual, masalah pada hormon, selaput dara atau hymen yang sulit untuk ditembus oleh penis, atau penyebab fisik lainnya.

Setelah melakukan beberapa diagnosis, dokter akan memberikan beberapa saran pengobatan, salah satu yang sering digunakan dalam mengatasi vaginismus adalah penggunaan vaginal dilator set.

Vaginal dilator set berfungsi untukmerilekskan otot-otot vagina agar lebih longgar dan mampu menyesuaikan rongganya untuk menerima penetrasi. Vaginal dilator set berukuran layaknya penis, mulai dari yang kecil hingga ukuran normal penis.

Berbeda dengan vibrator, vaginal dilator memang ditujukan untuk pengobatan vaginismus ataupun penyempitan rongga vagina, sedangkan vibrator merupakan salah satu alat bantu seks bagi wanita yang memang berpengalaman dalam aktifitas seksual.

Sedangkan pengobatan yang dilakukan hipnoterapis biasanya dilakukan dengan menghipnotis pasien agar lebih rileks dan menerima penetrasi dengan mudah.

Penghipnotis biasanya akan menanamkan statement bahwa hubungan seksual itu sangat nikmat dan tidak menimbulkan rasa sakit.

Penderita vaginismus biasanya mengalami trauma sehingga menyebabkan tertutupnya katup pada vagina saat melakukan penetrasi.




Dengan melakukan hipnotis pada pasien, penghipnotis akan mengarahkan pasien untuk melupakan trauma yang pernah ia alami, kemudian mengarahkan pemikiran pasien bahwabetapa nikmatnya hubungan seksual.

Hipnoterapis dapat menyembuhkan vaginismus jika dilakukan secara bertahap dan berkali-kali hingga pasien benar-benar sembuh dari trauma dan dapat melakukan hubungan seksual dengan nyaman bersama pasangan.

Cara Mencegah Vaginismus

Cara terbaik agar terhindar dari penyakit ini adalah dengan melakukan tindakan pencegahan sedini mungkin. Berikut ini beberapa tips cara mencegah vaginismus.

  • Ketahui seksualitas diri anda. Apa dan bagaimana anda ingin diperlakukan secara seksual oleh suami
  • Cari informasi mengenai seksualitas dari sumber yang benar
  • Perlancar komunikasi dengan suami terutama dalam hal seks
  • Setiap kepada pasangan dengan tidak bergonta ganti parner seks
  • Setelah melahirkan, perhatikan dengan baik sobekan pada alat kelamin apakah sudah sembuh benar atau belum

Mencegah tentunya lebih baik daripada mengobati, lakukan langkah-langkah pencegahan di atas sejak anda masih muda atau belum menikah.

Meskipun gangguan ini bukan hal yang umum (hanya sekitar 2% wanita saja yang mengidapnya) tapi semua wanita perlu mewaspadainya.

Demikan artikel singkat mengenai cara menyembuhkan vaginismus melalui terapi seks. Mengobati vaginismus sangat mungkin dilakukan dengan mengawinkan penyembuhan terapi psikis dan pengobatan fisik.

***
Bagaimana Menyembuhkan Ejakulasi Dini Secara Permanen, dan Membuat Anda TAHAN LAMA di Ranjang. Ingin tahu caranya? Klik disini!

Loading...

Leave a Reply