Tips Menghilangkan Gatal-Gatal pada Miss V Secara Alami

Miss V yang gatal menjadi salah satu masalah yang sering dialami wanita. Meskipun rasa gatalnya tidak sering muncul, namun masalah ini kerap menimbulkan ketidaknyamanan terutama saat Anda berada di tempat umum.

Untuk Anda yang sering mengalami gatal-gatal pada miss v dan belum menemukan solusi yang tepat. Ada beberapa tips dari sehatki.com untuk menghilangkan gatal-gatal pada miss v secara alami.

Gatal pada area kewanitaan seringkali ditimbulkan oleh beberapa faktor, seperti adanya infeksi yang disebabkan jamur Candida Albicans.

Selain itu tumbuhnya bulu di sekitar kemaluan, penggunaan celana yang ketat, penggunaan produk pembersih kewanitaan yang tidak tepat juga dapat menyebabkan gatal pada vagina.

Berikut ini beberapa cara menghilangkan gatal-gatal pada miss V:

  1. Dengan Cuka Apel

Cuka apel memiliki pH seimbang yang dapat meningkatkan kadar asam pada vagina.

Hal ini bisa membantu mengurangi rasa gatal yang sering Anda rasakan terutama untuk Anda yang memiliki masalah keputihan.

Cara penggunaannya, Anda bisa menggunakan cuka apel sebagai pembersih kewanitaan. Basuhkan ke area miss v setelah Anda selesai mandi. Namun untuk yang memiliki iritasi di bagian miss v sebaiknya tidak terlalu sering menggunakannya.

  1. Daun Sirih

Daun sirih memiliki kandungan anti bakteri dan anti jamur yang sangat tinggi. Tidak jarang jika khasiatnya sering digunakan sebagai bahan pembersih wanita baik kimia maupun alami.

Untuk Anda yang ingin memanfaatkan dengan cara alami, maka Anda bisa membuat rebusan daun sirih sebagai obat pembersih organ kewanitaan.

Caranya:

  • Ambil 5 – 10 daun sirih lalu rebus hingga mendidih.
  • Dinginkan air daun sirih kemudian basuhkan ke area miss v Anda.

Gunakan secara teratur 2 kali sehari untuk menuntaskan gatal-gatal pada miss v.

  1. Yoghurt

Kandungan probiotik yogurt yang sangat tinggi mampu melawan bakteri jahat yang ada di dalam tubuh.

Namun jika biasanya yoghurt dikonsumsi secara langsung. Maka kali ini Anda bisa menggunakannya sebagai masker untukmenghilangkan gatal pada miss v.

Caranya:

  • Ambil 5 sendok yoghurt siap makan
  • kemudian oleskan pada area miss v Anda.
  • Tunggu 5 – 10 menit kemudian bersihkan dengan menggunakan air.
Cara alami menghilangkan gatal pada miss v

Cara alami menghilangkan gatal pada miss v

  1. Bawang Putih

Tips menghilangkan gatal-gatal pada miss v juga dapat Anda lakukan dengan bumbu dapur yang satu ini.

Kandungan antibakteri yang terdapat di dalam bawang putih mampu menangani rasa gatal yang ditimbulkan oleh bakteri yang tumbuh di dalam organ vital.

Caranya:

Anda cukup mengunyah 2 – 3 siung bawang putih setiap hari sebagai obat anti gatal untuk menghilangkan iritasi yang menyebabkan area kewanitaan menjadi gatal-gatal.

  1. Daun Basil

Daun basil yang memiliki kandungan anti bakteri, anti mikroba, dan anti jamur ini sangat baik untuk dimanfaatkan sebagai obat alami pembersih kewanitaan.

Cara ini juga dapat Anda gunakan untuk mengatasi gatal-gatal pada vagina.

Caranya:

  • Rebus daun basil selama kurang lebih 20 menit
  • kemudian minum air rebusan daun tersebut secara rutin 2 kali sehari.

Selain itu, Anda juga dapat menggunakannya sebagai pembersih organ intim.

  1. Daun Rosemary

Tidak berbeda jauh dari daun sirih dan daun basil, daun rosemary juga memiliki kandungan antibakteri dan anti jamur yang baik untuk menghilangkan gatal pada vagina.

Selain itu, daun ini juga memiliki kandungan anti septik alami sehingga mampu menuntaskan masalah iritasi pada organ kewanitaan.

Caranya:

  • Rendam daun rosemary selama 15 – 20 menit
  • Kemudian basuhkan ke area miss v Anda.
  • Lakukan secara rutin 2 kali sehari untuk menghilangkan rasa gatal.
  1. Kompres dengan Air Dingin

Rasa gatal pada miss v sering timbul di malam hari saat Anda sedang terlelap tidur. Biasanya saat Anda merasa lelah, tanpa disadari Anda menggaruk area miss v dengan kuku sehingga menimbulkan iritasi di sekitarnya.

Untuk menghilangkannya, Anda bisa mengkompres dengan air dingin atau bisa juga dengan es batu.

  1. Membersihkan dengan Air Garam

Garam memiliki kandungan antibakteri yang sangat tinggi sehingga mampu menuntaskan gatal-gatal yang terjadi pada kulit, dimana Anda bisa mengaplikasikannya untuk mengatasi gatal pada miss v secara cepat dan alami.

Caranya:

  • Larutkan 2 – 3 sendok makan garam ke dalam wadah air
  • Basuhkan ke area miss v setelah Anda buang air kecil.

Lakukan secara rutin untuk menghilangkan gatal-gatal yang sering Anda rasakan.

  1. Jaga Miss V Agar Tetap Kering

Miss v yang lembab akibat keringat atau air yang meresap pada celana dalam dapat menyebabkan tumbuhnya jamur di area kewanitaan.

Hal ini bisa Anda antisipasi dengan menjaga miss v tetap kering dari keringat atau air yang meresap di celana dalam setelah Anda selesai buang air kecil. Selalu lap dengan tisu atau kain bersih untuk menjaga agar miss v tetap kering.

  1. Kenakan Celana atau Pakaian yang Longgar

Cara mencegah gatal-gatal pada miss v juga dapat Anda lakukan dengan penggunaan celana atau pakaian yang longgar.

Karena pada dasarnya celana yang terlalu ketat akan menimbulkan gesekan di area miss v yang menyebabkan iritasi dan gatal-gatal.

  1. Rajin Ganti Celana Dalam

Celana dalam yang kotor menjadi penyebab gatal-gatal pada miss v. Dimana celana dalam yang kotor akan menjadi tempat bersarangnya kuman dan bakteri secara bebas.

Untuk mengatasi masalah tersebut, sebaiknya Anda lebih rajin mengganti celana dalam yang Anda kenakan minimal 2 – 3 kali sehari. Selain itu, gunakan celana dalam yang dapat menyerap keringat dengan sempurna.

  1. Ganti Pembalut Sesering Mungkin

Pastinya wanita akrab dengan yang namanya menstruasi. Saat menstruasi datang seringkali area miss v menjadi lebih lembab dan menyebabkan kuman dan bakteri lebih cepat tumbuh di dalamnya.

Jika Anda menggunakan pembalut dalam waktu yang lama, maka pertumbuhan bakteri akan lebih cepat dan menyebabkan miss v menjadi iritasi dan gatal. Usahakan rajin mengganti pembalut sesering mungkin apabila sudah terasa penuh.

  1. Stop Gunakan Pentyliner

Selain pembalut, pentyliner juga menjadi solusi bagi Anda yang mengalami keputihan.

Namun penggunaan pentyliner yang dilakukan setiap hari atau bahkan dalam waktu yang lama justru memberikan dampak yang buruk bagi miss v. Dimana area miss v menjadi tidak bisa bernafas menjadi lebih lembab.

  1. Menggunakan Obat Gatal Khusus Vagina

Selain dengan tips menghilangkani gatal-gatal pada miss v di atas, Anda juga bisa menuntaskannya dengan menggunakan obat gatal khusus vagina.

Obat ini terdiri dari macam-macam produk, mulai dari yang cair hingga bentuk tablet yang bisa Anda konsumsi. Anda bisa membelinya di apotik terdekat dengan mengkonsultasikan keluhan Anda.

  1. Menggunakan Bedak Anti bakteri

Selain penggunaan obat, Anda juga bisa menggunakan bedak antibakteri untuk menghilangkan gatal pada miss v. Anda bisa membelinya di apotik atau supermarket terdekat untuk melawan jamur dan bakteri penyebab gatal pada miss v.

Mengatasi gatal-gatal pada miss v tidak selalu harus dituntaskan dengan cara pergi ke dokter. Dengan tips di atas, anda bisa menghilangkan rasa gatal pada vagina secara alami dan tentu saja murah.

Loading...

Leave a Reply