Cara Mencegah Kanker Payudara Dengan Kenari

Kanker payudara adalah salah satu jenis kanker yang paling banyak menyerang kaum wanita. Dan salah satu cara mencegah kanker payudara adalah dengan mengonsumsi buah kenari.

Kenari atau walnuts adalah tanaman yang banyak digunakan sebagai bumbu masakan dan membuat aroma makanan menjadi lebih gurih dan sedap. Selain gurih dan sedap, kenari juga memiliki banyak kandungan protein dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Banyak sekali manfaat kenari bagi kesehatan, salah satunya adalah sebagai obat tradisional untuk menyembuhkan sakit kepala dan mencegah kebotakan. Para peneliti juga meyakini walnuts memiliki pengaruh positif terhadap kesuburan.

Dan sekarang, penelitian terakhir menemukan bahwa kenari mengandung asam lemak sehat yang dapat memperlambat pertumbuhan kanker payudara.

Bagaimana asam lemak dalam buah kenari membantu mengurangi risiko kanker payudara pada wanita? Berikut ini melalui artikel sehatki.com kita akan mempelajarinya secara mendetail.

Manfaat Buah Kenari

Kenari mencegah kanker payudara

Buah Kenari mencegah kanker payudara pada wanita

Kacang kenari memang tidak sepopuler kacang-kacangan lainnya, tapi kacang kenari mengandung banyak zat yang sangat bermanfaat untuk tubuh.

Bahkan kandungan lemak tak jenuh ganda dan vitamin E pada kacang kenari adalah yang tertinggi dari jenis kacang-kacangan. Hal ini dibuktikan oleh penelitian yang dilakukan oleh Cancer Prevention Research.

Jenis kacang kenari yang sering digunakan ada dua jenis, yakni kacang kenari Persia atau Inggris dan kacang kenari hitam. Kacang kenari Inggris (J. regia) berasal dari Persia, dan kacang kenari hitam (J. nigra) berasal dari bagian timur Amerika Utara.

Sebuah studi menunjukkan bahwa mengkonsumsi kacang kenari secara rutin bisa menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol sehat (HDL) dalam tubuh.

Kacang kenari juga dipercaya mampu menghambat pertumbuhan sel kanker dengan kandungan asam alpha-linolenic, salah satu tipe asam lemak omega 3 dengan kandungan yang paling banyak.

Asam lemak omega 3 ini juga baik untuk proses regenerasi sel-, sel pada otak dan membuang limbah yang tidak diperlukan oleh tubuh.

Kenari Mengurangi Risiko Kanker Payudara

Berdasarkan penelitian Dr. Elaine Hardman of Marshall University School of Medicine diketahui bahwa mengkonsumsi kenari secara teratur setiap hari dapat mengurangi risiko wanita terkena kanker payudara.

Dr. Hardman telah mempelajari hubungan antara diet dan kanker payudara selama 15 tahun dan telah melakukan berbagai percobaan laboratorium.

Mencegah kanker payudara dengan buah kenari

Mencegah kanker payudara dengan buah kenari

Percobaan Dr Hardman mengenai hubungan kenari dengan pertumbuhan kanker dilakukan terhadap tikus dengan cara menambahkan walnuts pada makanan yang disantap tikus setiap hari, dan hasilnya tikus yang mengkonsumsi kenari mengalami perlambatan pertumbuhan tumor dalam tubuh mereka.

Penemuan ini dapat digunakan oleh wanita-wanita yang sedang dalam tahap pengobatan kanker payudara dan bahkan mungkin dapat mengurangi risiko kanker payudara jika kenari dikonsumsi setiap hari.

Meski demikian, penelitian Dr Hardman ini belum menjelaskan bagaimana kenari dapat mencegah kanker payudara, tapi pastinya mengkonsumsi kenari tentu adalah kebiasaan sehat yang baik bagi tubuh secara keseluruhan.

Kenari Adalah Salah Satu Diet Sehat

Kenari adalah salah satu jenis kacang-kacangan yang mendapat pengakuan dari FDA (Balai Pengobatan Amerika Serikat) sebagai makanan alternatif untuk mencegah penyakit jantung.

Walnuts memiliki kandungan 4 gram lemak jenuh untuk setiap 50 gramnya, karena itu tanaman ini cocok dikonsumsi sebagai makanan diet.

Kenari terbukti dapat menurunkan kadar kolesterol LDL, membuat pembuluh darah menjadi elastis sehingga kecil kemungkinan terjadi penumpukan plak. Walnuts mengandung Omega 3 yang dapat membantu sel-sel otak beregenerasi dan menghilangkan produk limbah yang tidak dibutuhkan.

Kenari juga dapat membantu mencegah batu empedu dan membuat tidur lebih nyenyak karena mengandung melatonin alami.

Kandungan Buah Kenari

Berikut ini adalah beberapa bahan penting yang tersimpan dalam kenari yang menjelaskan mengapa kenari sangat baik bagi kesehatan:

  • Asam lemak Omega 3: Alphalinolenic (ALA) adalah asam lemak omega-3 yang berasal dari makanan. Tubuh tidak memproduksi jenis asam lemak ini. Lemak tak jenuh ganda membantu mengurangi peradangan, dan mungkin efektif dalam mencegah kanker payudara.
  • Antioksidan: zat ini membantu mencegah atau menunda sel-sel menjadi rusak, menstabilkan radikal bebas dan memperlambat proses penuaan alami.
  • Phytosterols: Sebuah senyawa tanaman yang muncul untuk memperlambat atau mencegah pertumbuhan kanker.
  • Melatonin: Tubuh Anda mengatur jam tubuh Anda dengan memproduksi melatonin, hormon tidur alami.
  • Asam Galia: Ditemukan di kulit tipis yang sedikit pahit di bagian luar kenari. Asam galia bersifat antijamur dan merupakan racun bagi sel-sel kanker.

Zat yang terdapat dalam kenari seperti phytosterols, polyphenols, carotenoids, melatonin dan asam lemak omega 3 adalah komponen bioaktif yang bisa menghambat pembentukan kanker jenis MDA-MB 231 atau kanker payudara.

Bagaimana Kenari Dapat Mencegah Kanker Payudara

Hasil penelitian ini didapat setelah melakukan beberapa penelitian terhadap tikus. Peneliti membuat dua grup tikus dimana keduanya diberikan bibit kanker payudara.

Pada tikus pertama, peneliti memberikan kacang kenari selama 10 hari berturut-turut, sedangkan pada tikus kedua tidak diberikan kacang kenari sama sekali. Hasilnya adalah tikus pertama memiliki perubahan ukuran yang semakin mengecil pada kanker yang dimilikinya.

Sedangkan pada tikus kedua justru kanker tersebut berkembang lebih cepat dan besar dibandingkan dengan tikus pertama.

Dari hasil penelitian inilah yang membuat peneliti semakin yakin bahwa kacang kenari mempunyai efek pada kanker payudara.

Peneliti yang berasal dari Department of Biochemistry and Microbiology juga mengetahui bahwa kandungan eicosapentaenoic (EPA) dan docosahexaenoic (DHA) pada hati tikus percobaan yang diberi kenari lebih tinggi dibanding tikus yang tidak diberi kenari.

Kandungan EPA dan DHA banyak juga ditemukan pada ikan salmon dan sarden,  tapi kacang kenari memiliki kandungan yang jauh lebih tinggi.

Selain untuk mencegah kanker payudara,  DHA dan EPA juga sangat baik untuk pertumbuhan sel-sel otak sehingga meningkatkan daya kerja otak.

Kacang kenari juga membuat pembuluh darah menjadi lebih elastis sehingga tidak terjadi penumpukan plak yang dapat menyebabkan penyakit jantung koroner.

Kandungan asam amino yang terkandung di dalam kacang kenari juga bisa menyehatkan pembuluh darah sehingga terhindar dari penyakit jantung dan stroke.

Dengan mengkonsumsi kacang kenari secara rutin, Anda juga akan terhindar dari batu empedu dan tidur Anda pun menjadi lebih nyenyak karena kenari mengandung zat melatonin alami yang menyebabkan rasa kantuk, bahkan kacang kenari dapat digunakan sebagai obat insomnia yang akut sekalipun..

Kandungan lain dari kacang kenari yang sangat baik untuk melawan kanker payudara adalah antioksidan. Zat antioksidan di dalamnya mampu mencegah pertumbuhan sel kanker dan menangkal radikal bebas.

Begitu pula dengan kandungan antioksidan gluthathione yang membantu tubuh terlindung dari berbagai serangan penyakit. Kacang kenari juga sangat baik dikonsumsi oleh penderita diabetes karena dapat menurunkan kadar insulin dalam darah.

Kenari juga mengandung phytosterols yang mampu memperlambat atau mencegah pertumbuhan kanker.

Selain memiliki kandungan yang sangat baik untuk memerangi kanker pada bijinya, ternyata terdapat pula zat anti kanker pada kulit tipis pada bagian luar kenari yang agak sedikit pahit yang disebut dengan asam galia.

Asam galia ini menjadi racun bagi sel-sel kanker dalam tubuh.

Bagaimana Mengonsumsi Kenari yang Benar

Mengkonsumsi kacang kenari yang bertujuan untuk mencegah kanker payudara tidak bisa sembarangan.

Sebaiknya konsumsi kacang kenari secara langsung, bukan bersamaan dengan roti. Konsumsi kacang kenari dengan secangkir teh hijau untuk mendapatkan manfaat yang optimal.

Sebaiknya hindari mengkonsumsi kacang kenari yang telah dipanggang atau telah dimasak bersamaan dengan kentang goreng atau kue karena manfaatnya dalam mencegah kanker payudara telah menghilang.

Pilihlah kacang kenari yang bentuknya masih utuh bulat (tidak berlubang apalagi pecah). Hidup aromanya, jangan membeli buah kenari yang berbau tengik atau apek, karena sudah lama dan khasiatnya tidak ada lagi.

Sebaiknya kacang kenari dijemur atau disangrai dulu agar lebih awet dan tidak cepat berjamur, lalu simpan dalam toples yang bersih dan kedap udara. Ingatlah bahwa kanker payudara dapat dicegah sebelum terjadi dengan gaya hidup sehat serta asupan gizi yang seimbang.




Ambillah segenggam kenari kemudian campur dengan secangkir teh hijau. Hindari walnuts panggang karena sebagian zatnya telah hilang. Alih-alih mendapatkan walnuts dalam roti, lebih baik memakan kenari secara langsung.

“Pola makan teratur dan jenis makanan sehat dapat mencegah sepertiga sampai dua pertiga dari semua kasus kanker,” ujar Dr Hardman. “Penyebab kanker nomor satu dalam makanan kita adalah terlalu banyak kalori,” lanjutnya.

Makan dua ons kenari setiap hari akan menurunkan risiko anda terkena kanker payudara. Untuk mencegah kelebihan berat badan, anda bisa menggunakan kalori dari kenari sebagai pengganti kalori dari protein lain seperti daging atau kacang-kacangan.

Demikianlah artikel sehatki.com mengenai cara mencegah kanker payudara dengan mengonsumsi kacang kenari.

Sebarkanlah informasi mengenai pentingnya mencegah kanker payudara sejak dini ini kepada wanita lainnya karena masih banyak wanita yang tidak mempunyai pengetahuan yang cukup tentang cara mencegah kanker payudara.

Demikian informasi singkat bagaimana mencegah kanker payudara menggunakan tanaman tradisional kenari, semoga bermanfaat.

***
LADYFEM: Herbal Istimewa rekomendasi Dr Boyke. Mengatasi masalah kewanitaan seperti Keputihan, nyeri haid, kista, frigid, kurang gairah, dan cegah Kanker Serviks. Klik disini untuk order!

Loading...

Leave a Reply