15 Tips Mencegah Kanker Payudara yang Perlu Diketahui

Kanker payudara adalah jenis kanker yang ditakuti kaum wanita di seluruh dunia. Di Inggris, satu dari delapan wanita diketahui mengidap kanker payudara dan jumlah tersebut akan terus bertambah jika tidak dilakukan usaha pencegahan sedini mungkin.

Segala usaha untuk mencegah kanker payudara terdiri atas perubahan gaya hidup, perubahan pola diet, menghindari pemicu seperti radiasi dan mengkonsumsi nutrisi atau vitmain yang dapat menghambat perkembangan sel kanker di dalam tubuh.

Selain itu tindakan untuk mencegah kanker payudara harus dilakukan sejak usia masih muda dengan cara menghindari hal-hal yang dapat menyebabkan sel kanker tumbuh dan berkembang di dalam tubuh.

Kanker payudara memang mendapat perhatian khusus di seluruh dunia karena jumlah penderitanya yang semakin meningkat tiap tahunnya.

Fenomena yang mengerikan ini sebenarnya dapat dihindari dengan melakukan berbagai cara. Berikut kami sajikan tips dan cara mencegah kanker payudara yang dapat melindungi dan menghindarkan Anda dari kanker ini.

Beberapa Tips Untuk Mencegah Kanker Payudara

Tips mencegah kanker payudara pada wanita

Tips mencegah kanker payudara pada wanita

Sebagaimana petuah orang bijak, mencegah jauh lebih baik daripada mengobati. Maka usaha untuk mencegah kanker payudara harus dimulai sejak usia masih muda dengan cara menjalani gaya hidup yang sehat.

Berikut ini 15 tips bagaimana cara mencegah kanker payudara yang direkomendasikan para ahli medis sebagaimana kami kutip dari situs womenhealth:

  1. Rutin melakukan SADARI

SADARI atau pemeriksaan payudara sendiri merupakan salah satu cara menghindari dan mengetahui sejak dini adanya tanda-tanda dari kanker payudara.

Rutinlah melakukan SADARI agar Anda lebih waspada dan mengetahui sendiri kesehatan payudara Anda. Lakukan SADARI setidaknya sebulan sekali setelah selesai masa menstruasi.

Konsultasikan pada ahli medis untuk mendapatkan pengetahuan mengenai cara melakukan SADARI di rumah.

  1. Konsumsi serat tinggi

Salah satu cara terbaik untuk mencegah berbagai penyakit, termasuk kanker adalah dengan memperbanyak konsumsi makanan berserat tinggi, seperti buah-buahan dan sayuran.

Serat yang tinggi dapat meningkatkan metabolisme tubuh sehingga setiap organ tubuh mampu bekerja secara optimal.

Metabolisme yang lancar juga membantu menyeimbangkan kadar hormon estrogen dalam tubuh sehingga terhindari dari kanker payudara.

  1. Berpikir positif

Pikiran yang positif adalah salah satu cara mencegah kanker payudara dan jenis kanker lainnya menyerang tubuh. Sebaliknya pikiran negatif membuat asam tubuh meningkat, yang berarti mengundang banyak penyakit datang, termasuk kanker.

Kebanyakan penyakit berasal dari pikiran yang tidak sehat. ingatlah untuk selalu berpikir positif pada apa yang terjadi dalam kehidupan.

Meskipun Anda sedang melewati masa-masa sulit, maka ingatlah bahwa selalu ada hikmah di setiap kesulitan.

Lakukan liburan atau kegiatan yang menyenangkan bersama keluarga dan teman untuk menyegarkan kembali pikiran dan tubuh Anda setelah penat bekerja setiap hari.

  1. Berolahraga

Olahraga sangat membantu dalam mencegah tubuh terkena berbagai penyakit, termasuk kanker. Dengan berolahraga secara rutin, Anda telah mengurangi resiko terkena kanker payudara hingga 30%.

Olahraga membantu sel-sel tubuh untuk bekerja lebih aktif sehingga tubuh lebih kebal terhadap serangan asing atau penyakit. Olahraga juga menurunkan kadar estrogen yang berlebihan di dalam tubuh.

  1. Hindari rokok

Merokok menyebabkan kanker payudara pada wanita dan menciptakan banyak masalah kesehatan.

Seluruh bungkus rokok menampilkan kalimat yang berisi peringatan mengenai bahaya dari rokok tersebut dan salah satunya adalah dapat menyebabkan kanker.

Dengan menghindari rokok, Anda telah melindungi diri dari resiko terkena kanker payudara. Zat nikotin yang terkandung dalam rokok dapat menyebabkan sel-sel tubuh menjadi rusak sehingga berubah menjadi tidak normal.

Anda bukan hanya menghindari rokok sebagai perokok aktif saja, tapi juga sebagai perokok pasif karena resiko bagi perokok pasif lebih besar dibanding perokok aktif. Untuk itu hindarilah asap rokok dimanapun Anda berada.

  1. Hindari alkohol

Sama halnya dengan rokok, alkohol juga menyebabkan kanker payudara pada wanita dan sangat berbahaya bagi tubuh.

Kadar alkohol yang terlalu tinggi dan jumlah yang terlalu banyak akan meningkatkan hormon estrogen yang menyebabkan kanker payudara.

Stop merokok dan stop minum minuman beralkohol sekarang juga akan membantu mencegah kanker payudara menyerang anda di kemudian hari.

  1. Menyusui

Beberapa dokter menyarankan para wanita untuk menyusui bayinya dengan ASI. Banyak penelitian yang menunjukkan adanya hubungan antara menyusui dengan pertumbuhan sel kanker.

Selain baik untuk bayi, kegiatan menyusui juga membantu menurunkan resiko terkena kanker payudara hingga 30%.

Daya hisap bayi pada puting menyebabkan ASI menjadi lancar sehingga kepadatan payudara berkurang dan jaringan dalam payudara pun jadi lebih sehat.

  1. Mengurangi berat badan

Wanita yang gemuk lebih rentan terkena kanker payudara dibanding wanita berbadan langsing atau kurus.

Jika Anda termasuk ke dalam wanita yang berbadan gemuk, maka ada baiknya jika Anda mengurangi berat badan Anda untuk mengurangi risiko terkena kanker payudara.

Penurunan resiko kanker payudara dengan mengurangi berat badan cukup drastis, yakni hingga 25%.

  1. Hindari radiasi

Salah satu penyebab terjadinya kanker payudara adalah adanya paparan radiasi yang terlalu sering dilakukan. Hindarilah radiasi seperti CT scan, MRI, atau rontgen untuk memperkecil risiko terkena kanker payudara.

Beberapa penelitian juga mengungkapkan bahwa radiasi yang dilakukan pada masa pubertas lebih beresiko dibanding yang dilakukan pada usia 20 tahun ke atas.

  1. Hindari pil KB

Salah satu alat kontrasepsi yang sebaiknya dihindari adalah pil KB. Anda dapat menggantinya dengan alat kontrasepsi lainnya yang memiliki risiko lebih kecil dibanding pil KB.

Beberapa pil KB diketahui membuat kadar hormon estrogen dalam tubuh meningkat sehingga memungkinkan terkena kanker payudara.

Sebaiknya gunakan alat kontrasepsi dengan mengganti jenisnya secara berkala sehingga tubuh tidak mudah terkontaminasi dengan zat kimia yang terkandung dalam alat kontrasepsi  terlalu lama.

  1. Gunakan ukuran bra yang tepat

Bukan hanya menghindari berbagai bahan kimia penyebab kanker, tapi sebaiknya Anda juga menghindari pemakaian pakaian yang ketat terutama pada bagian payudara.

Bra yang terlalu ketat mungkin membuat beberapa wanita menjadi lebih nyaman, tapi sebenarnya hal ini akan menghambat aliran darah pada payudara.

Aliran darah yang tidak lancar akan menyebabkan pasokan oksigen menjadi tidak lancar pula sehingga sel-sel pada payudara akan kekuranagn oksigen dan menyebabkan aktifnya bibit kanker pada payudara.

  1. Hindari begadang

Kekurangan istirahat akan menyebabkan tubuh menjadi kehilangan daya tahan tubuh. Sel-sel yang dipaksa bekerja terlalu lama akan membuat sel menjadi rusak.

Istirahatlah paling tidak 8 jam dalam sehari agar tubuh dapat kembali bekerja secara optimal. Dengan istirahat yang cukup anda sudah mencegah kanker payudara tumbuh berkembang di tubuh anda.

  1. Hindari deodoran

Pemakaian deodoran yang digunakan sehari-hari ternyata memiliki dampak buruk pada tubuh terutama kanker payudara.

Zat kimia yang terkandung dalam deodoran dapat menyebabkan sel-sel tubuh menjadi rusak dan bermutasi menjadi sel kanker. Anda bisa mengganti deodoran Anda dengan bedak khusus bau badan yang lebih aman.

  1. Hindari makanan cepat saji

Tidak pernah ada yang bilang bahwa makanan cepat saji itu baik untuk kesehatan. Makanan cepat saji cenderung memiliki kandungan lemak dan kolesterol yang tinggi yang dapat menimbulkan berbagai macam penyakit, termasuk kanker payudara.

Hindari makanan cepat saji sebisa mungkin, Anda bisa menggantikan cemilan tidak sehat Anda dengan cemilan sehat lainnya seperti salad buah.

  1. Perbanyak air putih

Mengkonsumsi air putih dalam jumlah yang cukup akan membuat tubuh lebih terhidrasi dan memperlancar metabolisme tubuh. Minumlah setidaknya 2,5 liter air putih setiap harinya untuk menetralkan zat-zat kimia yang terdapat dalam tubuh.

Tips Agar Terhindar dari Kanker Payudara

Agar terhindar dari penyakit ini atau untuk menurunkan tingkat risikonya, lakukan beberapa tips di bawah ini:

  • Perbanyak konsumsi sayuran hijau organik, yang dibuat tanpa menggunakan bahan kimia
  • Stop mengonsumsi segala jenis daging merah
  • Tidak lagi makan daging olahan
  • Rajin olahraga minimal 30 menit setiap hari
  • Berat badan ideal, tidak terlalu gemuk dan tidak terlalu kurus
  • Stok mengonsumsi gula
  • Perbanyak konsumsi kembang kol untuk membantu menghilangkan sel jahat dari tubuh
  • Bangun pagi untuk menghirup oksigen

Demikian beberapa tips mencegah kanker payudara yang dapat Anda terapkan mulai dari sekarang.

Menjalankan hidup sehat bukanlah hal yang sulit selama Anda konsisten demi mendapatkan tubuh dan pikiran yang sehat.

Dengan menjalankan hidup sehat, Anda juga akan menjadi contoh dari banyak wanita untuk sadar akan pentingnya melindungi diri sendiri dari kanker payudara.

Semoga tips menghindari dan mencegah kanker payudara di atas bermanfaat bagi anda.

***
LADYFEM: Herbal Istimewa rekomendasi Dr Boyke. Mengatasi masalah kewanitaan seperti Keputihan, nyeri haid, kista, frigid, kurang gairah, dan cegah Kanker Serviks. Klik disini untuk order!

Loading...

Leave a Reply