Tips Menjaga Kesehatan Bagi Ibu Menyusui

Tips kesehatan ibu menyusui

Tips kesehatan ibu menyusui

Bagi seorang wanita yang baru saja melahirkan tentunya akan melalui proses menyusui sang bayi selama kurang lebih dua tahun. Dengan ASI ekslusif setiap hari, sang bayi diharapkan tubuh sehat sempurna.

Namun, sayangnya dalam proses tersebut kesehatan ibu menyusui justru sering kali terbengkalai. Para ibu yang sedang menyusui sering kali merasa lapar atau bahkan kurang istirahat.

Rasa lapar saat sedang masa menyusui sang bayi datang tanpa melihat waktu. Inilah yang membuat sang ibu memakan apa saja yang tersaji di meja makan.

Mereka tidak memperhatikan lagi banyaknya porsi yang mereka makan. Yang menjadi prioritas sang ibu adalah makan sebanyak mungkin agar tidak lagi merasa lapar dan memiliki banyak tenaga untuk mengurus si kecil.

Cara makan seperti inilah yang terkadang menjadi penyebab timbulnya masalah kesehatan pada sang Ibu. Untuk itulah, Anda sebagai ibu dari buah hati, harus mengetahui beberapa tips berikut ini agar kesehatan tetap terjaga.

1. Tips pertama yang harus Anda ketahui adalah hindari makanan yang terlalu berat.

Terlalu berat disini dalam artian Anda harus menghindari makanan yang mengandung santan, rasa pedas dan kecut. Disamping makanan tersebut tidak baik bagi kesehatan ibu menyusui, ternyata makanan tersebut juga akan berdampak buruk pada sang bayi.

Jika sang ibu mengkonsumsi makanan jenis tersebut diatas, dikhawatirkan sang bayi akan mengalami gangguan pencernaan. Hal ini sering terjadi mengingat sistem pencernaan si kecil masih sangat sensitif. Untuk itu Anda harus memperhatikan kesehatan dari kedua orang ini agar tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

Jauhkan segala macam makanan instan dan siap saji, selain jenis makanan tersebut kurang bergizi juga dapat mengganggu perkembangan tubuh sang bayi. Begitu pula dengan minuman bersoda yang tidak hanya dapat mengganggu pencernaan tetapi juga dapat mengurangi kualitas ASI.

2. Tips kedua yang perlu diperhatikan adalah dapatkan istirahat yang cukup

Semua wanita yang pernah melahirkan dan membesarkan anak tentu tahu bagaimana sulitnya mendapatkan waktu istirahat yang cukup. Waktu tidur terganggu, waktu makan terganggu, semua waktu seakan terkuras untuk mengurus sang bayi.

Meski waktu terasa kurang dan tubuh jadi lemah, seorang Ibu, bagaimanapun juga harus menemukan waktu istirahat dan memanfaatkannya semaksimal mungkin. Kurang istirahat akan membuat daya tahan tubuh melemah sehingga gampang jatuh sakit.

Dalam situasi seperti itu peran suami dalam membantu istri tentulah sangat besar. Suami yang baik tentu tidak akan membiarkan istri sendirian mengasuh anak.

3. Tips selanjutnya adalah pakailah baju yang nyaman untuk menyusui.

Meskipun terkesan sederhana, hal ini sangat penting. Gunakanlah pakaian yang menurut Anda memiliki daya serap yang tinggi untuk menyerap keringat. Selain itu pilihlah bahan pakaian yang enak dipakai dan berbahan adem.

Dan yang paling terpenting adalah jangan gunakan pakaian yang terlalu ketat. Pakaian ketat hanya akan menghambat aktifitas dan membuat tubuh mudah lelah. Saat ini sudah ada beberapa busana khusus ibu menyusui yang dapat dibeli di toko-toko perlengkapan kebutuhan rumah tangga.

4. Jangan lupakan olahraga

Selalu luangkan waktu setiap hari hari untuk mengeluarkan keringat. Olahraga akan sangat membantu sistem tubuh dalam mengeluarkan racun-racun di dalam tubuh. Olahraga juga akan menguatkan sistem kardiovaskular dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Jangan lupakan olahraga setiap hari di sela-sela waktu menjaga anak. Beberapa jenis olahraga yang cocok untuk ibu menyusui adalah yoga dan joging. Jangan olahraga berat karena biasanya kondisi tubuh masih lemah setelah melahirkan.

Pada dasarnya menjaga kesehatan ibu menyusui sama saja dengan menjaga kesehatan secara umum. Perbedaannya hanya pada energi yang dikeluarkan ibu menyusui sedikit lebih banyak dari orang pada umumnya. Dan karena itu perlu nutrisi lebih banyak dan waktu istirahat yang cukup.

Demikin beberapa tips bagaimana menjaga kesehatan ibu menyusui di masa-masa pemberian ASI eksklusif kepada si kecil. Semoga bermanfaat.

***
Bagaimana Menyembuhkan Ejakulasi Dini Secara Permanen, dan Membuat Anda TAHAN LAMA di Ranjang. Ingin tahu caranya? Klik disini!

Loading...

Leave a Reply