Tanda dan ciri wanita hamil mudaSetiap wanita tentu saja ingin cepat hamil dan menimang anak sebagai tanda cinta dalam membangun rumah tangga bersama suami tercinta. Namun karena belum berpengalaman, banyak wanita yang tidak mengetahui dengan pasti ciri-ciri hamil muda.

Pada umumnya para wanita hanya berpatokan pada waktu menstruasi mereka. Jika telat maka ada kemungkinan hamil, dan sebaliknya jika menstruasi lancar maka rahim masih kosong.

Di artikel sehatki.com kali ini kita akan membahas secara mendetail apa saja ciri-ciri wanita sedang hamil muda. Termasuk ciri-ciri fisik berupa perubahan bentuk tubuh dan ciri psikis (berkaitan dengan hormon dan emosional)

Saat ini anda barangkali merasa gugup karena haid tak kunjung datang, sambil di dalam hati pelan-pelan berdoa semoga sedang hamil. Untuk memudahkan anda, berikut ini 10 ciri-ciri hamil muda beserta penjelasannya. Yuk simak dan pastikan kehamilanmu!

  1. Berhenti Menstruasi

Seperti yang sudah diketahui, ini adalah ciri utama yang pasti terjadi pada ibu hamil. Jika di bulan kemarin dan bulan ini Anda tidak mengalami menstruasi, kemungkinan besar Anda sedang hamil muda.




Namun, pertanda ini saja tidak cukup. Pastikan dengan mempelajari ciri-ciri hamil muda lainnya di bawah ini agar Anda semakin yakin.

  1. Pendarahan Ringan

Jika Anda mengalami pendarahan ringan yang terjadi paling lama dua hari, dan bercak darah yang keluar berwarna merah muda, maka jangan khawatir. Bisa jadi, ini adalah salah satu tanda awal kehamilanmu.

Kondisi ini adalah sebab dari terjadinya implantasi pada rahim. Sel sperma yang membuahi sel  telur dan berhasil menjadi embrio, menempel di bagian rahim dan akan berkembang hingga menjadi janin.

  1. Mual dan Muntah

Mual dan muntah adalah kondisi yang sangat sering terjadi pada wanita hamil. Seringnya, rasa mual datang di pagi hari. Namun, rasa mual sebenarnya bisa terasa kapan saja, apalagi ketika mencium aroma yang menyengat dan sensitif.

Untuk menghadapi kondisi seperti ini, konsumsilah makanan yang tidak mengandung banyak bumbu, perbanyak minum air hangat, serta hindari stres.

  1. Sering Merasa Lelah

Jika tiba-tiba Anda merasa cepat lelah, padahal aktivitas yang dilakukan sama seperti hari-hari biasanya, maka kemungkinan Anda sedang dalam kondisi hamil muda. Kurangi aktivitas dan perbanyaklah istirahat.

  1. Puting Terasa Sakit

Saat memasuki pekan kedua hingga ketiga dalam masa kehamilan, biasanya bagian puting terasa perih, nyeri, dan sensitif.

Kondisi ini terjadi karena telah bertemunya sel sperma dengan sel telur, dan masa ovulasi telah dilewati. Ini merupakan salah satu ciri umum yang banyak dialami oleh ibu dalam masa hamil muda.

  1. Payudara Menjadi Lunak

Selain rasa sakit pada puting, tekstur payudara pun akan mengalami perubahan. Masa hamil muda akan ditandai dengan melunaknya payudara, ukuran yang membesar dan lebih berat, serta sering terasa gatal. Namun, kondisi ini hanya akan terjadi dalam beberapa minggu saja.

  1. Banyak Lendir di Vagina

Ada dua kemungkinan jika hal ini terjadi. Pertama, karena sedang dalam masa hamil muda, saat kadar progesteron dalam tubuh menjadi lebih tinggi.

Kemungkinan yang kedua adalah gejala penyakit jika lendir yang keluar memiliki bau yang tidak sedap. Apabila hal ini terjadi, segera konsultasikan dengan dokter.

  1. Lebih Sering Buang Air Kecil

Dalam beberapa minggu usia kehamilan, hal ini sering terjadi karena pengaruh perubahan hormon, meskipun kantung kemih terlihat belum tertekan oleh rahim. Yang perlu diperhatikan adalah, jangan sampai menahan rasa buang air kecil demi mencegah infeksi saluran kemih yang rentan terjadi pada ibu hamil.

  1. Merasakan Sembelit Hebat

Banyaknya hormon progesteron dalam tubuh yang menjadi sebab dari terjadinya sembelit, karena usus bekerja lebih lambat dari biasanya. Alhasil, cairan dan gerakan usus menjadi sedikit. Tinja pun lebih kering dan menyebabkan sembelit.

  1. Berat Badan Naik

Ciri ini sangat umum terjadi pada ibu hamil. Jika berat badan Anda mulai meningkat dan didukung oleh sebagian atau seluruh ciri hamil muda di atas, berarti dapat dipastikan Anda sedang mengandung. Naiknya berat badan ini disebabkan oleh bertumbuhnya janin di dalam rahim.

Bagaimana? Dari ciri-ciri hamil muda di atas, mana saja yang sudah Anda alami? Jika masih ragu akan kehamilan karena hanya mengalami beberapa ciri, silakan lakukan tes dengan akurat untuk memastikan kehamilan atau periksakan kandungan Anda ke dokter ahli terdekat.

***
Bagaimana Anda dapat bertahan 30-60 menit lebih lama di Ranjang dan secara Permanen Menyembuhkan Ejakulasi Dini. Ingin tahu caranya? Klik disini!

loading...