Hamil adalah saat yang dinanti-nantikan banyak pasangan yang baru saja menikah. Pada saat masa kehamilan semua wanita tentu saja harus semakin aktif menjaga kesehatan terutama di minggu-minggu awal atau biasa disebut saat kehamilan muda.

Sebagian orang yang belum memiliki pengalaman biasanya meremehkan hal tersebut padahal jika tidak hati-hati dapat berakibat fatal seperti terjadinya keguguran janin.

Tentu saja tidak ada Ibu yang menginginkan hal tersebut terjadi, maka dari itu semua calon Ibu perlu memperhatikan kesehatannya saat kehamilan muda.

Cara sehat menjaga kehamilan muda

Cara sehat menjaga kehamilan muda

Kehamilan muda adalah usia janin dalam kandungan yang masih sangat muda yakni berusia di bawah 22 minggu atau kadang disebut saat trimester pertama.




Pada usia itu janin sangat rentan dan lemah, jika kondisi rahim ibu juga lemah, menderita penyakit tertentu atau telah berusia di atas 40 tahun maka potensi keguguran sangat besar terjadi.

Untuk mencegah hal tersebut terjadi para calon Ibu perlu menerapkan gaya hidup sehat untuk menjaga kehamilan muda. Berikut ini beberapa cara sehat bagaimana menjaga kehamilan muda:

1. Hindari aktifitas-aktifitas yang berat

Saat hamil terutama di minggu-minggu awal kehamilan para Ibu biasanya sangat mudah lelah dan memiliki tekanan darah yang rendah. Kondisi ini sangat rentan dan dapat menyebabkan keguguran pada janin.

Jangan terlalu memaksakan diri untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan yang berat dan juga jangan berjalan atau berdiri terlalu lama. Usahakan memiliki waktu istirahat yang cukup, tapi jangan juga terlalu lama berdiam diri karena akan membuat badan anda jadi tidak enak.

2. Hindari obat, kafein, rokok dan alkohol

Hindari segala jenis asupan adektif yang dapat merangsang kerja jantung dan otak berlebihan.

Alkohol dan rokok dapat mengganggu dan juga menghambat pertumbuhan bayi dalam kandungan. Beberapa dokter menyebut Ibu memiliki risiko besar melahirkan anak tidak sempurna jika tidak keguguran di awal kehamilan.

Kafein dalam kopi dan teh juga perlu dihindari atau setidaknya dikurangi dosisnya. Kandungan kafein dalam minuman tersebut mempengaruhi kadar zat besi dalam darah dan dapat menimbulkan anemia yang lazim diderita wanita yang sedang hamil.

3. Menjaga asupan nutrisi

Salah satu cara menjaga kehamilan muda adalah dengan mengatur nutrisi yang masuk ke dalam tubuh.

Pada umumnya saat memasuki kehamilan muda atau trimester pertama, para wanita kehilangan nafsu makan dan sering mual jika mengkonsumsi makanan tertentu.

Untuk menjaga kehamilan muda maka disarankan para Ibu untuk tetap mengkonsumsi makanan sehat agar tubuh tidak kekurangan gizi sehingga tidak menyebabkan gangguan pada kehamilan.

4. Kelola stres

Para wanita biasanya mengalami bad mood saat sedang hamil muda, hal tersebut disebabkan kondisi hormon yang tidak stabil. Stres dan kondisi kejiwaan yang labil sangat rentan terhadap kesehatan bayi dalam kandungan.

Perbanyak olahraga dan latihan pernafasan setiap hari untuk mengelola emosi dan tingkatkan olah spiritual untuk selalu mendekatkan diri kepada Yang Maha Kuasa agar selalu diberi kesehatan dan keselamatan.

5. Kelola aktifitas seks

Seks saat kehamilan muda sah-sah saja dilakukan karena aktifitas tersebut adalah kebutuhan biologis yang juga perlu disalurkan.

Yang perlu diperhatikan adalah aktifitas seks saat kehamilan muda berisiko menyebabkan keguguran jika dilakukan secara agresif dan menggunakan gaya-gaya seks tertentu.

Lebih baik lakukan konsultasi ke dokter kandungan terlebih dahulu untuk mengetahui apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan saat hamil muda.

Kehamilan muda adalah salah satu waktu yang sangat rentan terjadinya keguguran karena rahim belum cukup kuat dan janin masih sangat muda. Melakukan aktifitas berat atau mengkonsumsi makanan tidak sehat dapat mengganggu tumbuh kembang janin.

Lakukan lima tips menjaga kehamilan muda di atas dan selalu kontrol ke dokter atau bidan yang menangani secara rutin, Insya Allah bayi akan lahir dengan selamat.

***
Bagaimana Anda dapat bertahan 30-60 menit lebih lama di Ranjang dan secara Permanen Menyembuhkan Ejakulasi Dini. Ingin tahu caranya? Klik disini!

loading...