Cari Tahu Ciri dan Tanda Wanita Hamil 1 Minggu dan 1 Bulan

Ciri dan tanda hamil 1 minggu dan 1 bulan

Tanda kehamilan pada fase awal seperti saat minggu pertama mungkin sulit dideteksi tapi meski demikian masih dapat dirasakan oleh beberapa wanita. Contohnya, ciri hamil 1 minggu sebagian besar tidak dirasakan oleh wanita, tidak seperti halnya tanda hamil 1 bulan yang secara fisik mulai terlihat.




Ciri orang hamil yang utama adalah telat datang bulan, meski demikian tidak semua wanita yang telat haid berarti sedang hamil. Oleh karena itu, pemeriksaan oleh dokter atau bidan sangat diperlukan untuk memastikan kehamilan.

Dalam artikel sehatki.com kali ini, kita akan membahas tanda-tanda hamil 1 minggu dan 1 bulan yang sering dialami oleh sebagian besar ibu hamil.

A. Tanda-Tanda Hamil 1 Minggu

Anda belum hamil di minggu pertama kehamilan. Jadi minggu pertama sebenarnya adalah masa menstruasi Anda. Tapi karena tanggal lahir yang diharapkan dihitung dari hari pertama periode menstruasi terakhir Anda, minggu ini dihitung sebagai bagian dari kehamilan 40 minggu Anda, walaupun bayi Anda belum dikandung.

Kebanyakan dokter menghitung usia kehamilan dimulai dari hari pertama menstruasi terakhir. Sebabnya karena masa terjadinya ovulasi dan pembuahan sulit diketahui dengan pasti, beda dengan tanda-tanda menstruasi yang jauh lebih mudah dikenali.

Jadi 1 minggu hamil berarti Anda berada pada masa menstruasi dan belum hamil. Anda belum mengandung bayi Anda sampai dengan minggu kedua atau ketiga kehamilan, tergantung pada panjang siklus menstruasi Anda.

Jika Anda baru saja mengetahui bahwa Anda sedang hamil, mungkin saat itu Anda mengira ini adalah minggu pertama kehamilan Anda, padahal saat itu mungkin Anda sudah hamil sekitar 4 minggu.

Banyak wanita yang tidak memperhatikan tanda awal kehamilan sehingga signal yang datang baik itu secara fisik maupun psikis tidak terlau dipedulikan.

Tanda hamil 1 minggu sama dengan gejala khas menstruasi, karena Anda sebenarnya tidak hamil. Tanda-tanda ini bisa berlangsung selama tiga sampai tujuh hari.

Berikut ini beberapa ciri dan tanda orang hamil 1 minggu:

  1. Perdarahan pada Vagina

Ini adalah fase normal menstruasi dimana terjadi pelepasan lapisan rahim yang menyimpan sel telur yang belum dibuahi bulan lalu.

  1. Nyeri punggung dan kram

Dalam proses pelepasan lapisan rahim tersebut, rahim mengalami kontraksi yang menyebabkan perut dan punggung terasa sakit. Hal ini sangat normal dialami oleh wanita yang sedang hamil 1 minggu.

  1. Lebih Mudah Lelah

Kondisi ini biasanya dianggap sepele dan tidak diprediksi sebagai tanda hamil 1 minggu. Padahal, rasa mudah lelah terjadi karena cukup banyak energi yang terkuras akibat penyesuaian diri dengan pembentukan plasenta, serta nutrisi dari darah yang berkurang karena dialihkan ke plasenta.

Untungnya, kondisi ini akan menghilang saat usia kehamilan bertambah dan memasuki minggu ke-12.

  1. Perut kembung

Saat sedang hamil 1 minggu, produksi hormon wanita mengalami fluktuasi, akibatnya adalah perut menjadi kembung, baik itu sebelum dan selama menstruasi terjadi.

  1. Mood berubah

Hormon yang berfluktuasi juga menyebabkan iritabilitas dan menimbulkan masalah pada pada emosi Anda. Jangan heran jika salah satu tanda hamil 1 minggu adalah suasana hati yang sering berubah-ubah dan memusingkan suami.

  1. Sakit kepala

Banyak wanita mengeluhkan migrain saat mengalami menstruasi. Hal ini juga berkaitan dengan hormon. Hal yang sama terjadi pada wanita hamil 1 minggu. Anda bisa menghilangkan rasa sakit tersebut dengan kompres es atau minum obat penghilang sakit.

B. Tanda-Tanda Hamil 1 Bulan

Ciri hamil 1 bulan adalah akumulasi dari tanda-tanda kehamilan yang dirasakan wanita pada minggu pertama sampai keempat dan merupakan bagian dari trimester pertama kehamilan, dimana fase ini merupakan fase yang sangat penting dan harus diperhatikan dengan baik oleh Ibu hamil.

Pada saat kehamilan mencapai hari ke 28, atau akhir minggu ke-4, embrio telah tertanam kuat di lapisan rongga rahim.

Terjadi perubahan yang sangat penting pada tubuh wanita hamil 1 bulan. Dalam periode ini, wanita mulai mencurigai dirinya hamil dan bertanya-tanya mengapa haidnya belum juga datang.

Saat usia kehamilan 1 bulan, panjang embrio sekitar setengah inci dan sudah memiliki kepala, sistem saraf, badan dan permulaan tungkai kaki. Menjelang akhir minggu keempat, jantung bayi mulai berdetak, meski masih belum terlihat pada pemindaian ultrasound.

Berikut ini beberapa tanda hamil 1 bulan pada wanita:

  1. Telat haid

Petunjuk pertama tanda hamil 1 bulan adalah telat datang bulan. Usia kehamilan sebenarnya dihitung dari hari pertama menstruasi terakhir. Jadi jika Anda telat haid maka Anda dianggap telah hamil 4 minggu atau 1 bulan.

  1. Payudara Membesar

Setelah payudara terasa sakit dan aerola berubah warna di minggu pertama kehamilan, payudara terus berkembang dan membesar saat memasuki minggu keempat.

Payudara membesar karena pengaruh perubahan berkelanjutan dari hormon yang membentuk periode menyusui. Selain membesar, payudara pun menjadi lebih sensitif saat disentuh ataupun tergores kain pakaian.

  1. Perubahan Bentuk Tubuh

Salah satu ciri perut hamil 1 bulan adalah bentuk tubuh yang berubah drastis. Perubahan ini lebih terlihat seperti pembengkakan yang terjadi pada bokong, paha, dan lengan.

Tidak perlu khawatir, kondisi ini sangat umum terjadi dan normal bagi seorang ibu hamil. Seiring dengan membesarnya perut, tubuh akan menjadi terbiasa dengan perubahan-perubahan tersebut.

  1. Intensitas Buang Air Kecil Meningkat

Ibu hamil 1 bulan juga mengalami beser atau intensitas buang air kecil yang meningkat drastis. Kondisi ini terjadi karena pengaruh perubahan hormon yang memicu penuhnya air seni di kantung kemih.

Hal yang harus diingat adalah, jangan pernah menahan atau menunda buang air kecil, karena hal tersebut dapat menyebabkan infeksi saluran kemih yang sangat rentan dialami oleh ibu hamil.

  1. Penciuman Menjadi Lebih Sensitif

Ciri kehamilan 1 bulan juga terlihat pada penciuman Ibu hamil yang semakin sensitif, hal ini terutama terjadi di masa awal kehamilan pada minggu keempat. Terkadang, hal ini yang menyebabkan rasa mual terus muncul karena segala aroma menjadi lebih tajam.

Menurut penelitian, kondisi ini sebenarnya menjadi pelindung bagi ibu dan bayi agar ketika hendak mengonsumsi makanan atau minuman, ibu lebih peka terhadap zat-zat yang basi dan berbahaya.

  1. Suasana Hati Mudah Berubah

Salah satu ciri khas Pengaruh perubahan hormon pada ibu hamil sangatlah besar. Hal ini yang menjadi alasan kuat dari berbagai perubahan suasana hati yang sangat drastis. Dari bahagia, seketika menjadi sedih atau marah terhadap hal-hal sepele.

Saat mengalami suasana hati yang tidak menentu seperti ini, jangan sampai menyebabkan timbulnya rasa stres yang akan berakibat buruk pada kondisi fisik dan psikis, serta memperparah rasa mual dan muntah-muntah. Berusahalah untuk tetap mengontrol emosi dan mencari hiburan untuk menetralkan perasaan.

Ada beberapa ciri khas saat sedang hamil muda, meski demikian saat hamil 1 minggu atau 1 bulan, tanda yang dirasakan masih samar-samar, bahkan banyak wanita yang tidak menyadari sedang hamil.

Semoga artikel mengenai tanda-tanda hamil 1 minggu dan 1 bulan ini menjadi ukuran bagi Anda yang sedang menunggu datangnya sang buah hati, serta menjadi pengingat agar lebih memperhatikan kondisi kesehatan demi tumbuh kembang bakal janin.

***
Bagaimana Menyembuhkan Ejakulasi Dini Secara Permanen, dan Membuat Anda TAHAN LAMA di Ranjang. Ingin tahu caranya? Klik disini!

Loading...

Leave a Reply