12 Tips Menghadapi Kehamilan Pertama Kali

Menjadi seorang calon ibu merupakan masa terindah dalam hidup bagi seorang wanita. Merasakan adanya kehadiran buah hati di dalam tubuh menjadi pengalaman yang tak terlupakan, apalagi pada masa kehamilan pertama.

Pada kehamilan pertama tentunya wanita masih minim pengalaman dan butuh pengetahuan baru setiap saat.

Banyak wanita yang mengalami kehamilan pertama masih meraba-raba dalam hal kehamilan, untuk itu diperlukan lebih banyak membaca dan bertanya kepada orang tua mengenai kehamilan yang dijalani.

Ada banyak hal yang harus diketahui oleh wanita yang menjalani kehamilan pertama, seperti makanan yang baik untuk kehamilan hingga aktivitas yang baik bagi bayi.

Di artikel sehatki.com kali ini kita akan membahas beberapa tips dalam menghadapi kehamilan pertama.

Mempersiapkan Kehamilan Pertama

Beberapa tips menghadapi kehamilan pertama kali

Beberapa tips menghadapi kehamilan pertama kali

Semua wanita yang saat ini sedang menjalani kehamilan pertama meski memahami dengan baik apa yang boleh dan tidak boleh dilakukannya, mengingat kehamilan pertama berarti dia belum mempunyai pengalaman sedikitpun soal kehamilan.

Proses mempersiapkan kehamilan pertama pada dasarnya tidak hanya dilakukan oleh wanita, tetap harus didukung sepenuhnya oleh suami.

Jadi proses belajar pada kehamilan ini dilakukan oleh kedua belah pihak. Berikut ini beberapa tips mempersiapkan kehamilan pertama oleh pasangan suami istri:

  1. Memiliki istirahat yang cukup

Hamil akan membuat tubuh Anda lebih cepat lelah dan kehabisan energi, sehingga Anda memerlukan lebih banyak istirahat dibanding biasanya.

Pada trimester pertama, mungkin Anda masih bisa tidur dengan nyenyak, namun seiring dengan membesarnya perut, maka Anda pun menjadi lebih sulit tidur.

Pada saar itu, sebaiknya tidur dengan posisi miring ke salah satu sisi. Jangan tidur dalam posisi terlentang  agar Anda tidak merasa sesak akibat tekanan pada organ dalam.

Dan jangan lupa untuk melakukan tidur siang juga, walaupun Anda di kantor, setidaknya luangkan waktu untuk tidur sejenak karena bayi Anda membutuhkan Anda untuk selalu sehat dan waspada.

  1. Perbanyak air putih

Kehamilan biasanya juga akan mempengaruhi frekuensi buang air Anda. Anda akan lebih sering buang air kecil akibat tekanan pada kantong urine sehingga butuh lebih banyak air putih untuk menghindari dehidrasi.

Selain itu, Anda juga akan mengalami sembelit, tapi akan berkurang jika Anda rajin minum air putih.

  1. Perbanyak konsumsi buah

Buah-buahan memang selalu menjadi yang terbaik bagi siapapun, termasuk ibu hamil. Perbanyak makan buah untuk mendapatkan serat dan vitamin yang cukup bagi perkembangan janin.

Namun berhati-hati pula dalam memilih buah. Hindari buah yang membuat rahim terasa panas, seperti nanas dan pepaya muda.

  1. Selalu berhati-hati dan perlahan

Kehamilan pertama harus mendapat perhatian lebih karena masih banyak hal tentang kehamilan yang belum diketahui oleh sang ibu, terutama tentang betapa rentannya kehamilan pertama di trimester pertama.

Setiap gerakan yang dilakukan ibu akan berpengaruh pada janin yang dikandungnya. Untuk itu, selalu lakukan gerakan perlahan-lahan dan tidak secara mendadak.

Misalnya, saat bangkit dari tempat duduk atau saat bangun tidur. Lakukan semua secara perlahan dan lembut agar tidak terjadi kontraksi yang tiba-tiba.

  1. Konsumsi vitamin prenatal

Vitamin prenatal adalah vitamin khusus ibu hamil yang akan membantu perkembangan janin. Biasanya vitamin ini mengandung asam folat yang tinggi untuk mengurangi resiko cacat otak dan kerusakan sumsum tulang belakang  pada bayi.

Anda membutuhkan minimal 400 mcg asam folat dan 10 mcg vitamin D setiap harinya. Tapi ingat, meskipun Anda mengkonsumsi vitamin, bukan berarti nutrisi Anda terpenuhi, Anda tetap harus mengutamakan nutrisi yang Anda dapatkan dari makanan sehat dan seimbang karena vitamin prenatal hanya sebagai penunjang.

  1. Jaga kebersihan

Seorang ibu hamil biasanya akan lebih cepat lelah sehingga lebih malas. Tapi ingatlah untuk selalu menjaga kebersihan diri karena kebersihan diri Anda akan berpengaruh pada kesehatan bayi.

Biasakan gosok gigi setelah makan atau setelah muntah untuk menghilangkan bakteri dalam mulut dan mengurangi rasa mual. Mandi minimal dua kali dalam sehari dan ingat untuk tidak menggunakan sabun atau produk kimia lainnya pada vagina Anda karena bisa saja kandungan dalam cairan tersebut masuk ke dalam mulut rahim.

Seringlah mengganti pakaian Anda jika sudah terasa tidak nyaman atau bau akibat keringat.

  1. Makan lebih banyak

Lebih banyak disini bukan berarti Anda menambah porsi makan Anda, tapi tambah frekuensi makan Anda.

Makanlah dengan porsi yang sedikit namun sering agar mual dapat dihindari. Makan cemilan berupa buah atau biskuit di pagi dan sore hari. Jangan makan dalam porsi yang banyak karena justru akan membuat Anda semakin merasa mual.

  1. Hindari rokok dan alkohol

Bagi Anda yang dulunya adalah perokok atau pecandu minuman alkohol, maka sebaiknya segera hentikan kebiasaaan tersebut saat Anda hamil.

Jika anggota keluarga Anda juga ada yang perokok, sebaiknya hindari atau setidaknya nasehati untuk tidak merokok di dekat Anda.

Asap rokok dan alkohol merupakan zat yang sangat berbahaya bagi kandungan. Dan jika terpapar lebih lama dapat mengakibatkan berbagai kerusakan pada janin Anda, seperti bayi lahir cacat dengan bibir sumbing atau cacat langit-langit mulut, berat badan yang rendah, masalah pada pendengaran, hiperaktif, bahkan resiko kematian.

  1. Olahraga ringan

Menjadi seorang ibu hamil bukan berarti Anda tidak boleh berolahraga. Anda justru harus tetap melakukan olahraga, hanya saja dalam porsi yang lebih ringan.

Lakukan olahraga ringan selama 30 menit tiap minggunya agar Anda lebih bersemangat dan segar. Konsultasikan pada dokter kandungan untuk mendapat saran tentang olahraga yang tepat bagi Anda.

Anda juga bisa mengikuti senam hamil yang banyak dilaksanakan di beberapa tempat atau rumah sakit.

  1. Persiapkan keuangan

Memiliki bayi pertama memang membuat Anda semakin bersemangat untuk mempersiapkan segala keperluannya, tapi ingat untuk membatasi keperluan yang penting dan menyisihkan untuk keperluan yang mendadak.

Atur keuangan Anda secermat mungkin. Prioritaskan kebutuhan yang utama dan sampingkan kebutuhan yang tidak terlalu diperlukan karena mempunyai bayi bukanlah sesuatu yang murah.

Masih banyak keperluan mendadak yang harus Anda penuhi ke depannya. Anda dapat menghemat anggaran bayi Anda dengan menggunakan perlengkapan bayi ‘warisan’dari ibu Anda yang Anda pakai sewaktu bayi atau milik saudara Anda yang lebih dulu mempunyai anak.

Perlengkapan bayi biasanya hanya digunakan dalam hitungan bulan saja, jadi sangat cermat jika Anda menggunakan cara ini untuk memangkas anggaran Anda dan menggunakannya untuk keperluan lain.

  1. Hindari aktivitas berat

Jangan merasa sok kuat dan berani melakukan pekerjaan yang berat seperti mengangkat ember cucian atau barang lainnya.

Gerakan yang menggunakan tenaga berlebihan akan menyebabkan kontraksi pada rahim Anda dan menyebabkan bayi tertekan. Sebaiknya minta tolong pada orang di sekitar Anda jika Anda ingin melakukan sesuatu yang memerlukan tenaga lebih.




  1. Perbanyak membaca dan bertanya

Banyak membaca dan bertanya merupakan keharusan bagi seorang ibu yang mengalami kehamilan pertama. Perbanyak pengetahuan Anda tentang kehamilan dan pengasuhan anak agar Anda lebih siap untuk menyambut kedatangan sang buah hati.

Hindari percaya pada mitos-mitos kehamilan yang belum tentu kebenarannya atau akibatnya justru akan membahayakan bayi Anda.

Pastikan pula informasi yang Anda dapatkan merupakan informasi yang akurat dan telah terbukti atau tanyakan kepastiannya pada dokter kandungan Anda. Simpan nomor telepon dokter kandungan Anda agar Anda lebih mudah berkomunikasi.

Setiap pasangan suami istri wajib hukumnya mencari informasi tentang kehamilan sebanyak mungking dan juga membaca lebih banyak tips-tips sehat seputar hamil.

Selain itu setap pasutri juga perlu mengetahui ciri-ciri orang hamil, agar banyak wanita yang salah mengira bercak darah mirip haid sebagai darah haid yang merupakan  tanda sedang hamil.

Kehamilan pertama menjadi hal yang menakjubkan karena banyak kejadian seru akan Anda alami. Demikianlah artikel tentang tips menghadapi kehamilan pertama. Tetaplah semangat dan nikmati masa kehamilan Anda dengan tenang. Semoga Anda dan bayi Anda sehat selalu. Amin.

***
Bagaimana Menyembuhkan Ejakulasi Dini Secara Permanen, dan Membuat Anda TAHAN LAMA di Ranjang. Ingin tahu caranya? Klik disini!

Loading...

2 Comments


  1. yusuf 7 March 2016
  2. Dian 7 September 2016

Leave a Reply