6 Alasan Mengapa Wanita Hamil Mengalami Ngidam

Ngidam saat sedang hamil? Tentunya hal ini adalah wajar-wajar saja terjadi pada wanita yang sedang mengandung. Bahkan hal ini terjadi di hampir semua wanita yang sedang hamil.

Menurut penelitian, sekitar 90% wanita yang sedang hamil akan mengidam makanan-makanan yang tidak biasa dan aneh selama masa kehamilan berlangsung. Dan sejatinya, mengidam adalah juga pertanda yang paling umum dari wanita yang sedang hamil.

Sebenarnya apa itu mengidam? mengapa wanita mengidam. Apa-apa saja yang boleh dan tidak boleh dituruti saat mengidam?

Di artikel sehatki.com kali ini kita akan membahas secara mendetail alasan dan mengapa wanita mengalami ngidam saat sedang hamil.

Penyebab Wanita Hamil Mengidam Makanan atau Bau Tertentu

Penyebab Ibu hamil mengalami ngidam

Penyebab Ibu hamil mengalami ngidam

Ngidam dapat diartikan sebagai bentuk keinginan akan sesuatu hal yang datang secara tidak terduga, serta memiliki dorongan yang cukup kuat untuk harus dan segera dipenuhi.

Biasanya keinginan tersebut dapat berkaitan dengan makanan dan minuman, namun juga bisa hal-hal lainnya yang terkadang tidak wajar dan membahayakan.

Beberapa wanita mungkin akan mengidam hal-hal yang normal, namun beberapa lainnya akan mengidam sesuatu yang mungkin cenderung aneh dan tidak biasa.

Terkadang wanita yang sedang hamil bisa mengidam sebuah bau atau rasa tertentu. Hal ini sebagai reaksi alami yang dirasakan tubuh yang sedang berusaha membangun vitamin di dalam aliran darah untuk bisa menjaga agar janin di dalam rahim tetap aman.

Namun apa sebenarnya yang menyebabkan wanita hamil mengalami ngidam? Berikut ini alasannya.

  1. Pengaruh Hormon

Salah satu penyebab yang paling sering membuat ibu-ibu hamil merasa ngidam adalah adanya perubahan hormon di dalam tubuh.

Beberapa wanita hamil biasanya akan senang dengan makanan yang sebelum hamil mungkin sama sekali tidak disukainya. Mengapa?

Ini karena adanya perubahan hormon sehingga dapat mempengaruhi bau dan rasa pada makanan tersebut.

Perubahan ini sebenarnya tidak hanya disebabkan oleh kehamilan, namun juga bisa karena kontrasepsi maupun menopause. Setelah melahirkan, hormon ini akan kembali normal dan begitu pun juga bau dan rasa dari makanan- makanan tersebut.

Kondisi seperti ini juga biasanya diiringi dengan terjadinya mual dan muntah selama masa kehamilan yang diakibatkan karena hormone human Chorionic Gonadothropine yang memang cukup tinggi di saat usia kehamilan 60 hari (2 bulan) dan akan menurun di saat kehamilan menginjak 4 bulan.

Untuk itulah ngidam sebenarnya hanya bersifat sementara saja, namun pada kondisi tertentu bisa berlangsung selama masa kehamilan hingga mencapai 9 bulan. Kemungkinan disebabkan karena permasalahan pada psikologi.

  1. Tubuh Kekurangan Gizi

Wanita yang sedang hamil memang membutuhkan gizi yang lebih banyak dibandingkan sebelumnya. Sehingga jika tubuh mengalami kekurangan gizi, maka otak akan mengeluarkan respon yang menimbulkan keinginan untuk dapat mencukup kebutuhan gizi yang kekurangan tersebut.

Misalnya saja, ibu hamil mengalami kekurangan zat besi di dalam tubuhnya, maka bentuk ngidam yang terjadi adalah keinginan untuk mengkonsumsi makanan-makanan yang memiliki kandungan zat besi. Setelah kebutuhan gizinya terpenuhi, biasanya rasa ngidam tersebut akan hilang.

Namun terkadang tidak ada kaitan sama sekali antara makanan yang diinginkan dengan nutrisi yang dibutuhkan. Misalnya saja saat tubuh kekurangan vitamin, namun ibu hamil malah mengidam makanan es krim.

Meskipun es krim tidak memiliki kandungan vitamin di dalamnya. Tak jarang bahkan pada beberapa kasus, wanita hamil bisa mengalami pica, yang merupakan gangguan yang dapat menyebabkan wanita hamil menginginkan memakan barang-barang diluar makanan.

  1. Kekurangan Makanan

Sama halnya dengan kekurangan gizi, tubuh yang kekurangan makanan juga dapat memicu terjadinya ngidam selama masa kehamilan.

Hal ini biasanya terjadi pada wanita yang sedang melakukan diet ketat dan tidak terkontrol. Saat memasuki trimester pertama masa kehamilan, akan banyak sekali perubahan yang terjadi pada tubuh wanita.

Sehingga bisa jadi tubuh merasa kekurangan zat-zat tertentu yang kemudian menyebabkan ibu hamil menginginkan makanan tersebut.

Baca juga: Tips Sehat Saat Hamil Bagi Ibu dan Janin

  1. Perubahan Emosi

Penyebab lainnya bisa dikarenakan adanya perubahan emosi selama masa kehamilan. Gangguan emosi akan sering terjadi jika lingkungan tempat tinggal tidak baik dan kumuh, penghasilan yang rendah, ataupun karena kondisi emosi yang sangat labil.

Padahal ibu yang sedang hamil membutuhkan suasana yang tenang dan nyaman serta istirahat yang cukup. Sehingga kondisi-kondisi seperti itulah yang menyebabkan ibu hamil ngidam.

  1. Makanan Comfort

Saat sedang hamil, biasanya wanita akan menginginkan makanan-makanan favorit mereka. Sehingga tergantung masing-masing wanita, setiap wanita tentunya memiliki makanan favoritnya masing-masing. Misalnya saja seperti es krim, cake, dan masih banyak lainnya.

  1. Rangsangan Bau

Misalnya saja bau-bauan seperti cokelat, roti bakar, ataupun makanan lainnya. Ini bisa jadi disebabkan karena perubahan hormone di dalam tubuh sehingga menyebabkan indra penciuman menjadi lebih sensitive.

Ngidam Yang Boleh dan Tidak Boleh Dituruti

Hindari makanan ini saat hamil

Hindari makanan ini saat hamil

Kehamilan dan rasa ngidam memang berjalan secara beriringan. Sehingga sudah menjadi hal yang wajar-wajar saja bagi wanita hamil untuk ngidam.

Namun meskipun begitu, tetap harus di perhatikan dengan cermat. Jika yang diinginkan merupakan hal yang memang dibutuhkan dan bermanfaat baik bagi tubuh, maka sah-sah saja untuk dituruti.

Misalnya saja saat wanita sedang hamil, mereka cenderung menginginkan makanan-makanan yang manis dibandingkan makanan asin seperti kue, cokelat, es krim, dan masih banyak lainnya.

Jika makanan yang diinginkan ibu hamil terbilang masih normal dan tidak akan membahayakan, maka tidak masalah jika dituruti.

Apalagi jika dengan makanan tersebut dapat membuat ibu hamil merasa lebih nyaman dan mengurangi perasaan lelah, mual, hingga emosi.

Namun meskipun begitu, ada beberapa aturan yang mungkin harus diperhatikan sebelum ingin menuruti keinginan dari ibu hamil tersebut, seperti yang dikutip dari Elisa Zied, Ahli Gizi American Dietetic Association.

  • Perhatikan porsi makanan yang diinginkan ibu hamil. Jika makanan yang diinginkan seperti es krim, cokelat, cake, dan sejenisnya. Maka pastikan agar porsinya jangan sampai berlebihan sehingga berat badan tetap terkontrol dengan baik. Hal ini bisa disiasati dengan memilih porsi makanan yang lebih sedikit
  • Hindari mengkonsumsi daging, telur, dan seafood yang diolah dengan cara tidak dimasak atau belum sepenuhnya matang
  • Hindari mengkonsumsi susu dan olahannya yang belum dipasteurisasi
  • Menghindari konsumsi alkohol
  • Jika rasa ngidam terlalu sering, maka wajib bagi ibu hamil untuk memperhatikan pola makan karena makan yang tidak teratur akan menyebabkan menurunnya kadar gula darah yang dapat menimbulkan rasa ingin memakan segalanya
  • Temukan makanan pengganti yang memiliki kalori lebih rendah sehingga dapat mencegah berat badan naik yang berlebihan.

Dan penting untuk diketahui ibu hamil jika terdapat jenis ngidam yang tidak boleh dituruti, yaitu jenis ngidam yang dikenal dengan nama “pika”.

Pika berarti ngidam yang menginginkan segala jenis makanan bahkan yang tidak lazim sekalipun dan cenderung membahayakan.

Misalnya saja seperti mengidam es batu, debu, bedak, pasta gigi, sabun, dan lainnya. Jenis ngidam seperti ini tentunya tidak boleh untuk dituruti karena bisa membahayakan untuk kesehatan ibu serta janin di dalam kandungan.

Meskipun belum diketahui secara pasti penyebab dari jenis ngidam seperti ini namun banyak ahli yang menyatakan jika kondisi ini disebabkan karena kekurangan mineral dan zat besi di dalam tubuh.

Nah itu tadi beberapa penyebab wanita hamil mengalami ngidam yang perlu anda ketahui. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk anda.

***
Bagaimana Menyembuhkan Ejakulasi Dini Secara Permanen, dan Membuat Anda TAHAN LAMA di Ranjang. Ingin tahu caranya? Klik disini!

Loading...
Tags:

Leave a Reply