10 Penyebab Wanita Telat Datang Bulan dan Solusinya

Ada beberapa faktor penyebab wanita telat datang bulan, tetapi dalam masyarakat kita, orang pada umumnya menghubungkan telat menstruasi dengan kehamilan.

Memang benar bahwa salah satu penyebab haid terlambat datang adalah karena sedang hamil. Tetapi hamil hanyalah satu dari sekian banyak faktor yang dapat menyebabkan wanita telat datang bulan.

Saat sedang hamil, berarti telah terjadi pembuahan sel telur oleh sperma, yang berarti tidak akan ada peluruhan sel telur dalam bentuk darah haid yang akan keluar dari miss v.

Terdapat beberapa faktor penyebab wanita telat mens seperti karena sedang sakit atau sedang stres. Dan di artikel sehatki.com kali ini kita akan membahasnya secara mendetail.

Pengertian Datang Bulan

Ada 10 faktor penyebab wanita telat datang bulan

10 faktor penyebab wanita telat datang bulan

Datang bulan atau menstruasi adalah suatu kondisi dimana lapisan dinding rahim dipenuhi dengan selaput darah yang akhirnya keluar melalui vagina akibat tidak terjadi pembuahan di dalam rahim setiap bulannya.

Kondisi ini biasanya dimulai pada waktu yang berbeda, misalnya ada yang baru mendapatkan datang bulan ketika duduk di bangku SD atau SMP, bahkan ada yang baru mendapatkan ketika duduk di bangku SMA. Semua tergantung pada hormon masing-masing.

Datang bulan merupakan suatu kondisi yang dinantikan seorang wanita untuk datang tepat pada waktunya di tiap bulan. Namun ternyata tidak semua wanita bisa mengalami datang bulan pada waktu yang tepat.

Beberapa wanita bahkan tidak mengalami haid meski telah berusia belasan tahun. Dalam kondisi ini sebaiknya ditangani oleh dokter, karena ada kemungkinan darah haid tidak keluar karena selaput dara tidak berlubang.

Penyebab Wanita Telat datang bulan

Beberapa orang terkadang mengkorelasikan telatnya datang bulan dengan kehamilan, padahal tidak semua siklus datang bulan yang telat itu dikarenakan sedang hamil.

Banyak wanita yang belum menikah atau belum pernah berhubungan seksual juga mengalami telat datang bulan. Lalu apa penyebab dari telat datang bulan?

Berikut adalah beberapa faktor yang menyebabkan telat datang bulan:

  1. Terlalu gemuk

Wanita gemuk biasanya sulit hamil, penyebabnya adalah karena siklus menstruasinya tidak teratur atau bahkan tidak mengalami ovulasi sama sekali. Paling ringan adalah, wanita yang terlalu gemuk akan mengalami telat datang bulan.

Hal ini berkaitan dengan hipotalamus, yakni kelenjar pada otak yang mengatur siklus datang bulan. Tubuh akan melepaskan hormon estrogen yang berlebihan jika tubuh terlalu gemuk sehingga siklus datang bulan menjadi tidak lancar.

Akibatnya adalah siklus menstruasi akan berubah menjadi tidak normal atau bahkan berhenti sama sekali. Setelah berat badan turun, siklus menstruasi biasanya akan kembali normal.

  1. Terlalu kurus

Banyaknya wanita yang terobsesi menjadi langsing atau kurus, bahkan hingga mengalami anoreksia, justru menyebabkan wanita tersebut mengalami telat datang bulan.

Hormon estrogen yang membantu dalam proses ovulasi banyak terdapat dalam lemak, sehingga bagi wanita yang terlalu kurus dan memiliki sedikit lemak, kemungkinan besar akan mengalami telat datang bulan.

  1. Stress

Faktor lainnya adalah karena stress. Ketika Anda stres, seluruh hormon di dalam tubuh akan terpengaruh. Salah satunya adalah hormon gonadotropin yang berkurang sehingga pelepasan sel telur pada rahim menjadi telat.

Hormon gonadotropin akan menyebabkan tubuh wanita tidak mengalami ovulasi dan haid. Setelah masalah penyebab stres terselesaikan atau setelah mendapat bantuan medis dari dokter makanhaid akan kembali lancar.

  1. Baru mengalami datang bulan

Bagi remaja wanita yang baru saja mengalami haid, biasanya mengalami telat datang bulan dalam beberapa kali periode. Anda tidak perlu khawatir sebab ini adalah normal dan berkaitan dengan belum seimbangnya hormon.

Setelah produksi hormon seimbang maka menstruasi akan berjalan secara teratur dan tepat waktu setiap bulannya.

  1. Kelenjar tiroid

Masalah telatnya datang bulan bukan hanya karena adanya masalah pada hormon kesuburan, tapi juga bisa dikarenakan adanya masalah pada kelenjar tiroid.

Kelenjar tiroid mengatur metabolisme tubuh, sehingga ketika mengalami gangguan seperti hipertiroidisme, maka perubahan jumlah hormon yang dihasilkan juga akan menyebabkan gangguan pada ovulasi dan siklus datang bulan.

Inilah yang menyebabkan mereka yang mengalami gangguan tiroid akan sulit memperoleh keturunan pula.

  1. Olahraga ekstrim

Beberapa wanita saat ini cenderung memilih olahraga ekstrim layaknya pria, padahal kegiatan ini juga berpengaruh pada siklus menstruasi dan menyebabkan wanita telat datang bulan.

Olahraga ekstrim yang biasanya membutuhkan energi lebih akan menyebabkan terganggunya metabolisme dalam tubuh. Hal ini akan menyebabkan terpicunya hormon testosterone yang menyebabkan terganggunya siklus datang bulan.

  1. Pil KB

Bagi Anda yang mengonsumsi pil KB, maka ada kemungkinan Anda akan mengalami telat datang bulan akibat adanya hormon estrogen dan progestin yang terkandung dalam pil KB. Kedua hormon ini berfungsi untuk mencegah indung telur melepaskan sel telur.

  1. Gaya hidup tidak sehat

Gaya hidup yang tidak sehat akan menyebabkan gangguan pada kelenjar adrenal dan tiroid sehingga menyebabkan gangguan pada siklus datang bulan pula. Misalnya saja pola makan yang lebih banyak mengkonsumsi junk food yang tidak sehat dan kurang serat.

  1. Mengonsumsi obat

Ada beberapa obat yang jika dikonsumsi akan berpengaruh pada siklus datang bulan, misalnya saja ibuprofen, pil KB, aspirin, obat sakit telinga, dan obat gatal.

Kandungan dalam obat-obatan tertentu dapat mempengaruhi kinerja kelenjar yang mengeluarkan hormon kesuburan. Maka dari itu, sebaiknya konsultasikan pada dokter tentang efek atau akibat obat yang Anda konsumsi.

  1. Polycystic ovary syndrome (PCOS) 

Polycystic ovary syndrome adalah suatu kondisi dimana seorang wanita menghasilkan lebih banyak hormon pria, Androgen-Testosteron, daripada hormon wanita, Estrogen dan Progesteron.

Hal ini menyebabkan indung telur menghasilkan folikel yang belum matang secara berlebihan sehingga tidak menghasilkan sel telur.

  1. Faktor usia

Usia juga menjadi penyebab telatnya datang bulan, misalnya ketika remaja dan baru mulai mengalami datang bulan, maka siklus datang bulan pun tidak teratur.

Begitu pula dengan wanita yang mengalami menopause awal yang biasanya terjadi pada usia 45- 55 tahun. Wanita yang telah masuk tahap menopause tidak akan mengalami datang bulan lagi karena sudah tidak ada sel telur yang dihasilkan.

  1. Perubahan jam tidur

Padatnya aktifitas terkadang membuat kita sering tidak teratur dalam mengatur jam tidur atau istirahat.

Ketika tubuh mengalami perubahan jam tidur yang mendadak dan terlalu sering, maka hal ini akan menyebabkan perubahan hormon pada tubuh sehingga siklus datang bulan jadi berubah.

  1. Sedang hamil

Seperti pada pembahasan di atas sebelumnya, telat datang bulan adalah salah satu ciri wanita sedang hamil yang paling umum. Tentu saja hal ini dikarenakan sel telur telah berhasil dibuahi sehingga tidak ada sel telur yang luruh keluar.

Untuk memastikan kehamilan, lakukan tes menggunakan alat testpack atau hubungi dokter untuk dilakukan USG.

Demikian beberapa faktor penyebab wanita telat datang bulan. Dari daftar penyebab di atas, sebagian besar kasus telat datang bulan biasanya disebabkan faktor kesehatan dan stres.

Bagaimana jika telat datang bulan disebabkan oleh faktor lain

Banyak wanita yang merasa takut sedang hamil jika menstruasi tidak kunjung datang. Beberapa wanita lain malah mengalami paranoid, takut hamil karena haidnya telat padahal tidak pernah berhubungan intim.

Perasaan stres seperti itu justru akan menyebabkan haid jadi telat datang atau bahkan tidak datang sama sekali. Lantas apa yang harus dilakukan jika haid telat?

Lakukan tes kehamilan, jika hasilnya negatif, maka ulangi tes sekali lagi minggu depan. Jika setelah melakukan tes sebanyak dua kali dan hasilnya tetap negatif, maka penyebab datang bulan telat adalah faktor lain, dan bukan karena sedang hamil.

Cari tahu penyebabnya, apakah jam biologis Anda berubah, apakah Anda sedang mengerjakan proyek tertentu yang menyebabkan Anda kurang istirahat, atau bisa jadi Anda mungkin sedang sakit.

Jika Anda tidak mengetahui apa faktor yang mungkin menjadi penyebab haid Anda telat datang, maka berkonsultasilah ke dokter. Dokter yang menangani mungkin akan melakulan serangkaian tes untuk mencari tahu penyebab menstruasi Anda terlambat.

Baca juga: Flek dan Bercak Darah Mirip Haid Bisa Jadi Tanda Kehamilan

Solusi Untuk Mencegah Telat Datang Bulan

Untuk mencegah terjadinya telat datang bulan, Anda dapat melakukan beberapa cara di bawah ini:

  1. Mengelola stress

Pastikan Anda tidak mengalami tekanan atau stres berkenpanjangan. Jika Anda memiliki masalah atau beban kerja yang terlalu berat, sebaiknya ambil waktu untuk diri sendiri sejenak dengan berlibur bersama keluarag atau teman-teman Anda.

Hal ini bukan hanya membantu Anda terhindar dari telat datang bulan, tapi juga menyehatkan tubuh dan pikiran Anda.




  1. Konsumsi makanan seimbang

Gaya hidup yang tidak sehat identik dengan makanan yang tidak sehat pula. Makanan siap saji yang sering dikonsumsi bukan hanya membuat Anda telat datang bulan, tapi juga buruk untuk kesehatan tubuh, terutama jantung.

Sayangi tubuh Anda dengan mengkonsumsi makanan seimbang seperti daging, sayur, dan buah.

  1. Olahraga teratur

Berolahraga bukan harus dilakukan dalam jam tertentu atau menunggu weekend. Anda juga dapat melakukan olahraga ringan di mana saja, bahkan meja kantor Anda.

Anda bisa berjalan kaki menuju tempat tujuan yang tidak terlalu jauh, atau sedikit meregangkan badan dan melakukan gerakan-gerakan kecil di saat bekerja.

  1. Perbanyak minum air putih

Nasehat ini memang benar adanya karena terbukti sangat baik untuk metabolisme tubuh. Air putih sangat berperan melancarkan berbagai kinerja organ tubuh akan ikut membantu memperlancar metabolisme tubuh. Dengan metabolisme yang lancar, maka datang bulan pun akan lancar pula.

Demikianlah artikel singkat mengenai penyebab wanita telat datang bulan. Semoga artikel ini bermanfaat  bagi Anda. Salam sehat selalu.

***
Bagaimana Menyembuhkan Ejakulasi Dini Secara Permanen, dan Membuat Anda TAHAN LAMA di Ranjang. Ingin tahu caranya? Klik disini!

Loading...

108 Comments


  1. ekauliani ni made 19 April 2013
    • Nanik 12 May 2013
    • puti 14 July 2016
    • ricky julio 11 August 2016
    • alexander 22 January 2017
  2. ochyn 26 May 2013
    • Ani 9 June 2016
    • dila 4 September 2016
    • alexander 22 January 2017
    • Adl 13 April 2017
  3. ruby 5 August 2013
    • maxi 24 August 2016
    • rika 21 February 2017
  4. dewi 20 August 2013
    • Suci 26 November 2016
  5. ine 3 October 2013
  6. Suci Wulandari 8 April 2014
  7. Jeanny Cruise Alexander 24 April 2014
  8. shanty 12 June 2014
  9. icha 24 September 2014
  10. yeti 8 October 2014
  11. yopi 7 November 2014
  12. Linda 18 November 2014
  13. egri 16 February 2015
  14. Angger Setyo 5 March 2015
  15. Ambar 5 March 2015
  16. Ambar 5 March 2015
  17. indri kaifa 5 March 2015
  18. KentKent 6 March 2015
  19. nadya 21 March 2015
  20. Agustina Nooresa 22 March 2015
  21. dilla asyiffa 3 April 2015
  22. indri 6 May 2015
  23. Meily Sweet 2 July 2015
  24. melisa 17 October 2015
  25. rina y 4 February 2016
  26. susi 6 February 2016
  27. aulia 9 February 2016
  28. mifta aulia putri 14 February 2016
  29. Nurul f. 23 February 2016
  30. Lidya 29 February 2016
  31. fani 1 March 2016
  32. Fitriasa 9 March 2016
  33. risya 23 March 2016
  34. avika 10 April 2016
  35. nur 24 April 2016
  36. fetiya 25 April 2016
  37. mardinalia 21 May 2016
  38. Eci 22 May 2016
  39. lauzan 26 May 2016
  40. Budi 1 June 2016
  41. anisa 4 June 2016
  42. Mita 5 June 2016
  43. Alina 9 June 2016
  44. putri 11 June 2016
  45. Ayu 13 June 2016
  46. yuli 14 June 2016
  47. monica 16 June 2016
  48. Bunga 17 June 2016
  49. ferliani 17 June 2016
  50. Asmhiyanti 26 June 2016
  51. karlina 29 June 2016
  52. cinta 30 June 2016
  53. annisaaulia 30 June 2016
  54. putri 16 July 2016
  55. habsah 29 July 2016
  56. Iskandar 2 August 2016
  57. Putri 2 August 2016
  58. Rizki 3 August 2016
  59. tessa 3 August 2016
  60. Pratiwi Diyan Ayu 5 August 2016
  61. Reni 5 August 2016
  62. Ririn 10 August 2016
  63. putri 13 August 2016
  64. MRS.XXX 16 August 2016
  65. Tiyas 17 August 2016
  66. emilia.oktaviana 19 August 2016
  67. putri muzdalifah 1 September 2016
  68. Diar 2 September 2016
  69. desta 17 September 2016
  70. sari 17 September 2016
  71. julie 29 September 2016
  72. Nanda 29 September 2016
  73. Isnanisa Aulia Nurlita 30 September 2016
  74. Ayuk 3 October 2016
  75. Well 31 October 2016
  76. thika 9 November 2016
  77. ameliana josephine 19 November 2016
  78. Wina 30 November 2016
  79. Indri 4 December 2016
  80. Indri 4 December 2016
  81. Rahma adelia putri 6 December 2016
  82. nursalihah 13 December 2016
  83. Alma 19 December 2016
  84. Caca 21 January 2017
  85. Neli 24 January 2017
  86. Melany 25 January 2017
  87. Rara agri astri 26 January 2017
  88. Arlin 11 February 2017
  89. Novi 17 February 2017
  90. rika 25 February 2017
  91. Rennita 12 April 2017
  92. Udina 5 May 2017
  93. Rizka 30 May 2017
  94. shukriyah 23 June 2017
  95. tyan 21 July 2017
  96. Fitri 1 November 2017
  97. Riri maharani 9 November 2017

Leave a Reply