19 Makanan Penyubur Kandungan Agar Cepat Hamil

Anda baru saja menikah dan sekarang sedang mengidam-idamkan hadirnya sosok bayi di tengah keluarga Anda. Jika Anda ingin melakukan program kehamilan, maka salah satu hal yang harus mulai Anda lakukan adalah konsumsi makanan penyubur kandungan.

Banyak ahli berpendapat bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara makanan dan kehamilan. Jika ingin cepat hamil, wanita membutuhkan asupan nutrisi yang cukup untuk menyuburkan kandungannya.




Apalagi bagi wanita yang sulit hamil atau telah lama menikah tapi tidak kunjung hamil, maka mereka perlu mengonsumsi makanan penyubur kandungan secara teratur untuk meningkatkan kesuburannya.

Makanan yang dapat mempercepat kehamilan bisa dijumpai dengan mudah di sekitar Anda, dan umumnya tidak mahal.

Makanan tersebut dapat digolongkan berdasarkan jenisnya, misalnya sayuran, kacang-kacangan, buah-buahan, makanan berprotein hewani, serta produk olahan lainnya.

Di artikel sehatki.com kali ini kita akan membahas jenis-jenis makanan penyubur kandungan tersebut secara detail.

5 Kategori Makanan Penyubur Kandungan

Jenis makanan penyubur kandungan wanita

Jenis makanan penyubur kandungan wanita

Dikutip dari majalan online Fitpregnancy.com, diketahui setidaknya ada lima kategori makanan yang harus Anda tingkatkan jumlah konsumsinya untuk meningkatkan kesuburan, yaitu.

  1. Asam folat

Jika Anda berencana hamil tahun depan, maka Anda perlu memastikan diet Anda sehari-hari kaya akan asam folat.

Untuk mendapatkan asam folat Anda bisa mengonsumsi suplemen, vitamin prenatal, atau meningkatkan asupan makanan yang kaya asam folat seperti biji-bijian, sereal, sayuran, dan buah sitrus.

Setidaknya Anda harus mengonsumsi 400-600 mg asam folat setiap hari sebelum kehamilan dan sekitar 800 mg selama kehamilan, untuk memastikan kehamilan Anda lebih sehat dan meminimalkan risiko cacat lahir.

  1. Protein Berkualitas Tinggi

Satu studi pernah dilakukan pada pasangan yang mengalami masalah kesuburan, penelitian tersebut menemukan bahwa konsumsi tinggi protein dan makanan rendah karbohidrat sangat membantu meningkatkan angka kehamilan.

Konsumsi makanan sebanyak 25% atau lebih protein dan kurang dari 40% karbohidrat akan meningkatkan kualitas sel telur dan meningkatkan angka kehamilan, jika dibandingkan dengan wanita yang mengikuti diet tinggi karbohidrat dan protein rendah.

Pastikan Anda mendapatkan protein lengkap yang memiliki semua asam amino esensial, contohnya telur, daging putih, dan ikan, terutama yang kaya akan asam lemak omega-3, seperti salmon.

Jika Anda vegetarian, kacang-kacangan dan kacang polong adalah sumber protein yang sehat yang juga kaya akan zat besi dan nutrisi penting lainnya.

  1. Asam Lemak Omega-3

Jika Anda ingin hamil Anda butuh asupan asam lemak omega 3. Karena kandungannya, omega 3 juga disebut sebagai makanan penyubur kandugan.

Tingkatkan konsumsi makanan yang mengandung Omega 3 dalam diet Anda sehari-hari seperti biji chia, biji rami atau tingkatkan porsi asupan ikan Anda dalam satu minggu.

Tujuannya adalah untuk mendapatkan 1.000 – 2.000 mg per hari asam lemak omega-3, yaitu sekitar 2 sampai 3 ons ikan, 2 sendok makan kenari, atau 2 sendok makan biji rami atau biji chia.

Biji rami dan biji chia sangat bagus jika dikonsumsi dalam bentuk smoothies, yogurt, salad, atau membuat campuran dengan sereal gandum utuh, biji kering dan biji rami.

  1. Susu Rendah Lemak atau Susu Penuh Lemak

Produk susu mengandung kalsium dan protein tinggi karena itu sangat dibutuhkan jika Anda ingin cepat hamil.

Hindari mengonsumsi susu skim yang disajikan dengan lemak penuh, karena satu studi menemukan bahwa wanita yang mengkonsumsi susu full-fat setiap hari mengurangi kesempatan mereka untuk mengalami kehamilan.

Sebaliknya, konsumsilah susu tanpa lemak untuk susu rendah lemak. Cobalah untuk mendapatkan sedikit lemak dari susu untuk mendapatkan lebih banyak nutrisi penting yang akan membantu meningkatkan kehamilan.

  1. Buah dan Sayuran

Buah dan sayuran adalah makanan penyubur kandungan alami yang bisa Anda dapatkan dengan mudah. Buah dan sayuran menyediakan sejumlah nutrisi penting dan antioksidan dan membantu mengurangi peradangan di tubuh.

Jenis-Jenis Makanan Penyubur Kandungan

Jenis sayuran untuk menyuburkan kandungan wanita

Jenis sayuran untuk menyuburkan kandungan wanita

Berdasarkan jenisnya, makanan penyubur kandungan pada wanita dapat dibedakan atas beberapa jenis diantaranya sayuran, buah, kacang-kacangan, dan protein.

Sayur-Sayuran Penyubur Kandungan

Berikut ini beberapa jenis sayuran penyubur kandungan yang sebaiknya Anda konsumsi untuk meningkatkan kesuburan.

  1. Tomat dan Brokoli

Tomat dan brokoli mengandung vitamin C yang sangat tinggi sehingga sangat berguna untuk menangkis radikal bebas.

Terkait dengan kehamilan, vitamin C dalam kedua sayuran itu mampu menangkal kerusakan sel telur dan sel sperma akibat radikal bebas yang ada di dalam tubuh.

Jika sel telur dan sperma dalam kondisi baik, maka akan meningkatkan peluang kehamilan. Vitamin C juga berfungsi dalam proses pematangan sel telur di ovarium.

Kandungan lain dalam sayur brokoli yang bermanfaat bagi kesuburan adalah zat besi dan asam folat.

  1. Kecambah

Manfaat kecambah bagi kesuburan bukanlah mitos kehamilan, karena kecambah mengandung vitamin E yang tinggi.

Memakan kecambah secara rutin mampu meningkatkan kesuburan pada pria serta memperkuat rahim wanita.

  1. Bayam dan Selada Air

Bayam dan selada air memiliki kandungan zat besi yang tinggi. Keberadaan zat besi baik untuk menambah produksi sel darah merah dalam tubuh wanita. Sel darah merah yang cukup merupakan syarat untuk mempercepat kehamilan.

Bayam dan selada air juga mengandung asam folat yang berlimpah. Perpaduan zat besi dan asam folat ini dapat melekatkan zigot ke kandungan serta membantu perkembangan lapisan permukaan rahim di mana embrio janin menempel.

  1. Wortel dan Labu

Wortel dan labu merupakan sayuran berpigmen kuning yang mengandung beta karoten dan vitamin A. Nutrisi ini sangat bagus untuk meningkatkan kesuburan baik bagi pria maupun wanita.

Labu juga sangat baik dikonsumsi oleh ibu menyusui karena dapat meningkatkan produksi ASI.

  1. Kubis (Kol)

Anda dapat dengan mudah menjumpai kubis dalam makanan tradisional Indonesia, seperti ketoprak, pecel, trancam dan lain sebagainya. Kubis bermanfaat dalam upaya mempercepat kehamilan karena mengandung diindolymethane.

Zat tersebut memiliki peran penting pada metabolisme estrogen yang berfungsi mencegah endometriosis dan fibroid.

Endometriosis adalah kelainan endometrium yang tumbuh di luar rahim, sedangkan fibroid merupakan keadaan tumbuhnya benjolan di dalam rahim (miom).

  1. Asparagus

Kandungan asparagus yang dapat meningkatkan peluang kehamilan seorang wanita adalah vitamin dan asam amino.

Kedua nutrisi tersebut akan membantu pasangan dalam memperbaiki perasaan serta menenangkan pikiran. Asparagus juga sangat baik dikonsumsi oleh wanita yang sedang hamil.

Kacang-kacangan Penyubur Kandungan

Wanita yang ingin cepat hamil disarankan untuk meningkatkan asupan makanan kacang-kacangan di bawah ini.

  1. Kacang Mete

Kandungan kacang mete yang baik bagi kesuburan wanita adalah zinc, protein, antioksidan dan vitamin E.

Kandungan zinc dalam kacang mete membantu meningkatkan produksi hormon testosterone, sebuah hormon yang sangat penting dalam proses reproduksi pria. Kandungan penting lain yang hanya terdapat dalam kacang mete adalah lemak nabati.

  1. Kacang Polong dan Kacang Tanah

Kedua kacang ini kaya akan kandungan vitamin E, protein, dan antioksidan yang bermanfaat untuk mempercepat kehamilan. Dengan mengonsumsi 100 gram kacang tanah setiap hari, Anda dapat terhindar dari kerusakan sel telur dan sel sperma akibat radikal bebas.

  1. Kacang Almond

Kacang almond mengandung protein dan omega-3 yang mampu meningkatkan kualitas sperma. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, konsumsilah 100 gram kacang almond setiap hari selama 3 bulan berturut-turut.

  1. Biji Labu dan Biji Bunga Matahari

Kandungan vitamin C yang tinggi pada biji-bijian ini mampu menguatkan rahim wanita. Agar menggugah selera, Anda bisa menambahkan biji-bijian ini ke dalamĀ  smoothies bowl sebagai taburan.

  1. Gandum Utuh

Gandum utuh merupakan sumber karbohidrat berserat tinggi yang bisa dijumpai pada roti, biskuit, atau sereal. Gandum utuh juga memiliki kandungan gula yang rendah dibandingkan sumber karbohidrat yang lain.

Makanan rendah gula membantu menstabilkan insulin dalam tubuh sehingga bermanfaat bagi kesuburan.

Buah-buahan Penyubur Kandungan

Buah penyubur kandungan

Buah penyubur kandungan

Selain sayuran, buah-buahan juga adalah makanan penyubur kandungan yang utama. Semua wanita perlu meningkatkan asupan makanan di bawah ini jika ingin cepat hamil.

  1. Alpukat

Kandungan buah alpukat yang menjadikannya sebagai makanan penyubur kandungan adalah lemak nabati.

Nutrisi ini berguna untuk meningkatkan kesuburan serta dapat memperlancar siklus menstruasi wanita. Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda bisa langsung memakannya maupun diolah menjadi jus.

  1. Jeruk dan Stroberi

Kedua buah yang kaya akan vitamin C ini sangat baik dikonsumsi oleh pria. Keduanya berfungsi untuk meningkatkan kualitas serta mencegah penggumpalan sel sperma.

  1. Kurma

Untuk meningkatkan kesuburan pada wanita, terlebih dulu keringkan kurma muda yang telah diambil bijinya. Kemudian ambil 60 gram dan tumbuk kurma yang telah dikeringkan hingga menjadi serbuk.

Terakhir larutkan sepertiga serbuk kurma ke dalam 1 gelas air dan minum 3 kali sehari.

Makanan Berprotein Hewani Penyubur Kandungan

Untuk meningkatkan kesuburan, wanita-wanita perlu meningkatkan asupan protein dalam tubuhnya, terutama makanan di bawah ini:

  1. Telur

Telur kaya akan protein, lemak baik, dan omega-3 yang mempengaruhi hormon reproduksi pada wanita, yaitu hormon estrogen dan hormon progesterone.

  1. Tiram

Tiram merupakan makanan yang tinggi akanĀ  zat besi serta baik bagi kesuburan pria dan wanita. Bagi pria tiram bermanfaat untuk meningkatkan hormon seksualitas, sedangkan bagi wanita berfungsi untuk perkembangan bayi di dalam rahim.

  1. Ayam

Daging ayam memiliki kandungan protein yang mampu meningkatkan kesuburan. Sebaiknya hindari memakan daging ayam beserta kulitnya, karena dalam kulit tersebut mengandung lemak jahat yang bisa memperkecil peluang Anda untuk hamil.

Makanan Olahan Penyubur Kandungan

Beberapa jenis makanan olahan bisa dikonsumsi dalam jumlah yang wajar, manfaatnya adalah dapat menyuburkan kandungan, berikut ini contohnya:

  1. Keju

Keju kaya akan lemak dan kalsium yang bermanfaat bagi kesuburan kandungan. Namun Anda harus memastikan bahwa produk olahan susu tersebut telah dipasteurisasi sehingga aman dari bakteri jahat.

  1. Yoghurt

Selain bisa melancarkan pencernaan, yoghurt juga bermanfaat menyuburkan kandungan karena kaya akan kalsium dan lemak baik.

Demikian daftar makanan penyubur kandungan yang bisa Anda konsumsi. Selain mengonsumsi makanan tersebut, Anda juga harus mempraktikkan gaya hidup sehat untuk mempercepat kehamilan. Semoga bermanfaat.

***
Bagaimana Menyembuhkan Ejakulasi Dini Secara Permanen, dan Membuat Anda TAHAN LAMA di Ranjang. Ingin tahu caranya? Klik disini!

Loading...

Leave a Reply