Posisi Seks Terbaik Untuk Pasangan Lanjut Usia

Melakukan hubungan seksual sebenarnya bisa dilakukan siapapun, tidak hanya oleh pasangan yang masih muda, namun juga oleh pasangan yang sudah memasuki usia tua atau lansia.

Namun yang menjadi halangan dari hubungan seksual pasangan lanjut usia adalah kondisi fisik dan kesehatan yang sudah menurun dan tidak mendukung untuk melakukan berbagai posisi seks yang beragam dan menantang seperti yang sering dilakukan saat masih muda.

Jika sewaktu masih muda, ada banyak posisi seks ala kamasutra yang bisa dilakukan, namun saat umur semakin bertambah, maka keterbatasan dalam berhubungan seks juga semakin terlihat.

Selain fisik, gairah seks juga akan ikut menurun karena hormon testosteron mulai berkurang, yang akhirnya juga menurunkan gairah seks karena kesulitan penis untuk ereksi.

Usia tua identik dengan penis yang sulit ereksi atau disfungsi ereksi, yaitu satu kondisi dimana penis tidak bisa ereksi dengan keras sehingga penetrasi tidak bisa dilakukan.

Dan memang tujuan seks pada pasangan lanjut usia sudah tidak sama dengan mereka yang masih muda.

Jika saat masih berusia muda tujuan seks adalah untuk melakukan penetrasi, maka saat memasuki usia tua tujuannya sudah berubah, yakni hanya untuk menjalin keintiman dan keakraban serta meningkatkan kesehatan masing masing pasangan.

Namun hubungan seksual tetap bisa dilakukan oleh siapa saja termasuk oleh pasangan usia lanjut (lansia) karena merupakan aktifitas emosional yang berguna untuk kesehatan.

Namun untuk pasutri lanjut usia, tidak semua posisi seks bisa dilakukan kembali karena sebagian diantaranya membutuhkan tenaga ekstra dan bisa membahayakan kesehatan tubuh yang tidak lagi sebugar waktu masih muda.

Untuk itu dalam artikel sehatki.com kali ini kita akan membahas beberapa posisi seks yang paling direkomendasikan untuk anda, para pasangan yang sudah berumur atau berusia lanjut yang aman, sehat, tidak membahayakan dan tetap bisa dinikmati kedua belah pihak.

Posisi Seks yang Cocok untuk Pasangan Lanjut Usia

Posisi seks untuk pasangan lansia

Posisi seks untuk pasangan lansia

Yvonne K Fulbright, phd, seorang penulis buku The Secret of Sexual Satisfaction menyebut seks dapat membuat panjang umur jika dilakukan secara teratur.

Lebih lanjut, Yvonne menyebut semua orang, berapapun usianya, dapat menikmati seks tapi tentu saja dengan beberapa batasan tertentu.

Pria berusia 65 tahun tentu saja tidak bisa melakukan gaya bercinta seperti anak muda berusia 20 tahun. Orang usia lanjut umumnya telah dewasa dan matang dalam ususan seks dan sudah paham apa yang diinginkannya dari seks.

Lupakan segala macam posisi bercinta yang umum dilakukan saat muda dulu seperti gaya doggy style, gaya woman on top, posisi standing position, gaya menggunting, dan lain sebaginya

Gaya seks seperti itu sangat menguras tenaga dan berbahaya jika dilakukan oleh pasangan lanjut usia. Berikut ini beberapa posisi seks yang direkomendasikan untuk pasangan lansia:

  1. Posisi Seks Spoon

Posisi seks pertama yang direkomendasikan dilakukan oleh pasangan lansia adalah gaya spoon yakni posisi seks menyamping.

Posisi seks ini sangat baik dilakukan oleh pasangan berumur sebab tidak membutuhkan tenaga terlalu besar seperti beberapa gaya seks lainnya.

Ada dua jenis posisi spoon yaitu pasutri saling berhadapan-hadapan dan posisi pasutri menghadap ke arah yang sama.

Meskipun posisi seks spoon terasa sedikit sulit saat akan melakukan penetrasi pada vagina, namun sensasi menyenangkan untuk kedua pasangan bisa dirasakan karena pria dan wanita bisa saling memeluk dan menyentuh bagian tubuh masing masing pasangan.

Jika posisi seks spoon secara berhadapan masih terasa sulit untuk dilakukan, maka Anda bisa mencoba variasi lainnya yakni istri membelakangi suami yang melakukan penetrasi dari belakang.

Agar lebih mudah, istri bisa menekuk sedikit lututnya ke arah dada agar suami bisa melakukan penetrasi lebih mudah, sambil ikut membantu gerakan maju dan mundur agar penetrasi penis bisa semakin dalam.

  1. Posisi Seks Misionaris

Saat usia semakin bertambah dan stamina semakin menurun, maka posisi seks yang baik dilakukan salah satunya adalah posisi standar yakni misionaris. Posisi ini dilakukan dengan cara pria berada diatas tubuh wanita.

Tidak hanya menjadi posisi bercinta yang mudah untuk dilakukan, namun posisi ini juga akan memberikan keintiman yang jauh lebih besar pada pasangan.

Baca juga: Tips Agar Posisi Seks Misionaris Tidak Membosankan

Saat hubungan seks sedang berlangsung, anda dan pasangan bisa saling berciuman, mengelus dan juga berkomunikasi secara ringan bersama pasangan.

Posisi seks misionaris menjadi posisi seks standar yang tidak membuat anda kehabisan energi saat melakukan penetrasi sehingga aman untuk dilakukan pasangan usia lanjut atau berumur.

  1. Posisi seks duduk

Posisi seks selanjutnya yang baik dilakukan pasangan lanjut usia adalah posisi seks duduk atau sex on the chair atau melakukan hubungan seksual di atas kursi.

Posisi seks ini sangat mudah dilakukan dimana pria hanya perlu duduk di kursi sehingga tidak perlu mengeluarkan banyak tenaga.

Sedangkan wanita juga tidak perlu membuang banyak tenaga karena penetrasi bisa dilakukan sambil duduk diatas pangkuan laki laki. Agar keintiman bisa bertambah, maka anda dan pasangan bisa saling memeluk dan mencium satu sama lain.

Tips Berhubungan Seks Usia Lanjut

Gaya misionaris untuk lanjut usia

Gaya misionaris untuk lanjut usia

Saat anda sebagai pasangan yang sudah berumur ingin melakukan hubungan seksual, maka ada beberapa tips menarik yang bisa anda lakukan supaya hubungan seks yang sedang berlangsung bisa terasa nikmat, nyaman dan menyenangkan serta tidak terlalu memaksa seperti ulasan dari kami berikut ini.

  • Lakukan foreplay jauh lebih lama untuk merangsang masing masing pasangan khususnya untuk merangsang penis agar bisa ereksi dan merangsang wanita.
  • Pakailah tambahan lubrikasi sebanyak mungkin saat melakukan hubungan seks sebab kondisi vagina wanita usia lanjut semakin kering dan bisa menyebabkan timbulnya rasa sakit saat penis melakukan penetrasi ke dalam vagina.
  • Jangan lakukan seks dengan terburu buru namun nikmati setiap prosesnya khususnya saat melakukan foreplay yang sangat penting bagi pasangan usia lanjut.
  • Lakukan eksperimen dengan berbagai posisi seks lain yang aman dilakukan dan bisa memberi kenikmatan lebih bagi anda dan pasangan seperti woman on top, doggy style dan sebagainya.

Saat usia pria semakin bertambah, maka tingkat sensitivitas penis mulai berkurang. Ini membuat penis membutuhkan rangsangan yang lebih kuat dan lebih lama supaya bisa ereksi.

Lakukan foreplay atau pemanasan lebih lama untuk membuat penis mengeras. Namun  hindari penggunaan beberapa obat kuat yang banyak dijual karena bisa membahayakan organ jantung.

Hal ini juga berlaku pada wanita, dimana usia yang semakin bertambah juga akan menurunkan produksi hormon estrogen secara drastis yang akan membuat kondisi vagina jadi kering sehingga akan terasa sakit saat penis melakukan penetrasi ke dalam vagina.

Selain beberapa posisi seks diatas, anda juga bisa mencari berbagai posisi seks lain yang bisa dilakukan dengan mudah bersama pasangan.

Namun, jika hubungan seks yang dilakukan tidak lagi bisa diikuti dengan penetrasi penis ke dalam vagina, maka anda bersama pasangan juga tetap masih bisa melakukan hubungan seks tanpa penetrasi seperti contohnya melakukan oral seks.

Demikian beberapa tips dan posisi seks terbaik untuk pria dan wanita lanjut usia, semoga bermanfaat.

Loading...

One Response

  1. Alung 25 March 2013

Leave a Reply