Bingung Cara Menghilangkan Bau Keputihan? Lakukan Tips Ini

Bau keputihan adalah salah satu ciri keputihan abnormal. Ini pertanda ada bakteri atau kuman yang bercokol di area kewanitaan. Dibutuhkan ketekunan dan kesabaran untuk menghilangkan bau keputihan yang tidak sedap tersebut.

Keputihan sebenarnya merupakan hal yang wajar dialami oleh setiap wanita. Umumnya, keputihan terjadi menjelang wanita akan menstruasi atau saat memasuki masa ovulasi (masa subur).

Ciri-ciri keputihan normal adalah cairan berwarna bening, bersifat cair, tidak berbau, dan tidak menyebabkan organ kewanitaan menjadi gatal. Anda tidak perlu khawatir jika mengalami keputihan seperti ini.

Namun, Anda patut waspada bila keputihan yang terjadi menunjukkan tanda-tanda sebaliknya, seperti berwarna putih kehijauan, teksturnya lengket, dan memiliki bau keputihan yang menyengat.

Keputihan yang demikian disebabkan oleh adanya bakteri patogen pada organ kewanitaan yang kurang terjaga kebersihannya. Kondisi ini disebut keputihan tidak normal.

Tentunya mengalami keputihan abnormal seperti ciri-ciri di atas sangat tidak menyenangkan. Rasa gatal dan bau yang tidak sedap tersebut akan membuat Anda tidak nyaman, sehingga aktivitas bisa terganggu.

Apalagi bila Anda telah menikah, rasa percaya diri saat berhubungan intim akan sirna seketika karena bau menyengat tercium oleh pasangan. Nah, agar keputihan yang mengganggu Anda segera teratasi, yuk lakukan tips di dari sehatki.com bawah ini.

Tips Menghilangkan Bau Keputihan Secara Alami

Cara menghilangkan bau keputihan secara alami

Cara menghilangkan bau keputihan secara alami

Keputihan yang tidak normal menimbulkan bau tak sedap, sering disertai rasa gatal yang sangat sehingga penderita ingin menggaruknya.

Bau tidak sedap dari vagina adalah pertanda ada jamur yang sedang berkembang biak di dinding rahim. Bau ini tentu saja sangat mengganggu.

Untuk menghilangkan bau akibat keputihan, pertama-tama anda perlu mengetahui penyebab keputihan abnormal yang anda alami.

Setelah mengetahui penyebabnya, Anda bisa mengatasi bau tidak sedap akibat keputihan abnormal tersebut, sekaligus mengobati gatal pada vagina dengan menggunakan obat alami di bawah ini:

  1. Daun pandan

Daun pandan memang kaya akan manfaat. Selain digunakan sebagai pewangi dan penyedap  makanan, daun pandan pun juga dapat menghilangkan bau miss V Anda.

Caranya menghilankan bau keputihan yang tidak sedap menggunakan daun pandan cukup mudah:

Pertama rebuslah daun panda dan minum dua kali sehari. Agar rasanya tidak hambar, Anda dapat menambahkan madu sebagai pemanis.

  1. Daun kemangi

Daun kemangi selain digunakan sebagai pelengkap lalapan ternyata juga dapat menghilangkan bau tidak sedap di daerah miss V.

Caranya juga tidak sulit yaitu ambillah segenggam daun kemangi dan tumbuk daun tersebut hingga halus. Rebus tumbukan tersebut dengan air. Saring ramuan tersebut dan minumlah dua kali sehari secara teratur.

  1. Daun sirih

Daun sirih memang sudah terkenal khasiatnya dan pasti juga banyak yang tahu bahwa daun sirih bisa menghilangkan bau yang tidak sedap di sekitar miss V.

Ada dua cara yang dapat Anda lakukan untuk memanfaatkan daun sirih ini.

Pertama, ambil 3 hingga 4 lembar daun sirih dan rebuslah dengan air. Anda bisa meminum rebusan tersebut ketika hangat secara rutin 2 kali sehari.

Bisa juga air rebusan tadi tidak Anda minum, tetapi Anda basuh ke miss V. Lakukan secara rutin agar proses penyembuhan lebih cepat.

  1. Minyak pohon teh

Minyak pohon teh terkenal karena khasiatnya sebagai obat. Minyak pohon teh ini memiliki sifat anti jamur yang tentu dapat menyingirkan jamur-jamur tidak bermanfaat di area vagina Anda.

Caranya adalah sebagai berikut.

  • Teteskan minyak pohon teh dalam satu gelas air.
  • Gunakan larutan tersebut untuk membersihkan organ kewanitaan Anda.
  • Lakukan secara rutin dalam seminggu agar hasil yang Anda dapatkan maksimal.
  1. Cuka apel

Selain minyak pohon teh, Anda juga dapat menggunakan cuka apel. Cuka apel ini memiliki sifat antiseptic dan anti bakteri yang dapat menyingkirkan bakteri dan jamur penyebab vagina berbau tidak sedap.

Cara membuat ramuan penghilang bau keputihan dengan cuka apel:

  • Campur cuka apel dengan air hangat yang Anda gunakan untuk mandi.
  • Berendamlah dalam air yang sudah diberi cuka apel tadi selama kurang lebih 20 menit.
  • Lakukan rutinitas ini selama 1 bulan agar hasil yang Anda dapatkan maksimal.
  1. Lidah buaya

Lidah buaya sudah terkenal khasiatnya untuk tubuh, entah itu untuk menyuburkan rambut atau menghilangkan jerawat pada wajah. Selain itu, lidah buaya juga dapat menghilangkan bau yang Anda di area vagina.

Cara membuatnya cukup mudah.

  • Campurkan 1 gelas air minum dengan sari lidah buaya yang sudah dihaluskan.
  • Campurkan juga madu agar rasanya tidak hambar.

Anda dapat meminum ramuan ini satu hari sekali sebelum tidur.

  1. Kunyit

Kunyit adalah bahan dapur yang memiliki kandungan antiseptic yang tinggi. Kunyit dipercaya sebagai campuran ramuan kesehatan oleh nenek moyang kita dahulu.

Meminum rebusan kunyit yang ditambah dengan daun beluntas dapat menghilangkan bau vagina apabila diminum secara kontinyu. Selain bau vagina akan hilang, bau badan yang tidak sedap pun juga akan hilang.

  1. Anggur merah

Buah anggur, selain rasanya yang nikmat, juga dapat membantu menghilangkan bau keputihan yang menyengat karena anggur memiliki kandungan yang dapat melawan bakteri atau virus yang menyebabkan keputihan.

Anda juga bisa mengolah anggur merah tersebut menjadi jus, atau bahkan mencampurnya dalam salad agar tidak bosan.

Jika Anda ingin membuat jus anggur merah, maka usahakan untuk tidak menggunakan air ketika membuatnya agar manfaatnya lebih terasa.

  1. Cranberi

Cranberi mungkin jarang diketahui manfaatnya oleh banyak orang, padahal cranberi sangat efektif untuk mendetoksifikasi tubuh Anda dari racun-racun.

Selain sebagai detok, cranberi juga dapat membantu menghilangkan bau di area sekitar vagina.

Cara membuatnya pun cukup mudah. Anda hanya perlu membuat jus cranberi setiap pagi, tanpa gula, dan rutin mengonsumsinya.

Perubahan bau yang terjadi di vagina Anda tidak akan langsung muncul khasiatnya dalam sehari, Anda butuh beberapa minggu sebelum bau tersebut benar- benar hilang asal Anda kontinyu meminum jus tersebut.

  1. Yoghurt

Yoghurt juga dapat membantu untuk menghilangkan bau vagina akibat keputihan. Konsumsilah yoghurt pada menu makanan Anda setiap harinya. Anda bisa memilih yoghurt plain atau yoghurt rasa-rasa sesuai selera.

  1. Olahraga

Olahraga adalah kegiatan sederhana yang bisa Anda lakukan dimana saja tetapi kaya akan manfaat. Olahraga tentu akan membuat peredaran Anda menjadi lancar dan membuang racun-racun dalam tubuh dalam bentuk keringat.

Termasuk juga bakteri penyebab keputihan di area vagina. Olahraga selain menyehatkan vagina juga dapat membuat tubuh Anda wangi dan kulit menjadi lebih bercahaya.

  1. Mengendalikan stres

Stress memang bisa menjadi penyebab segala penyakit. Mengapa? Karena stress dan depresi dapat secara langsung menurunkan sistem daya tahan tubuh seseorang. Jika Anda stress, maka aliran darah Anda akan terganggu dan tentunya juga mengganggu kesehatan vagina.

Stress memang tidak dapat dihindari, tetapi stress dapat Anda kendalikan. Lakukan hobi atau kegiatan yang menyenangkan bersama keluarga dan sahabat dekat agar stress Anda dapat berkurang.

  1. Kurangi kafein

Ketika Anda mengalami keputihan, maka sebaiknya Anda mengurangi atau bahkan menghindari minuman yang mengandung kafein seperti kopi.

Kafein dapat mempengaruhi hormon estrogen Anda. Estrogen inilah yang dapat mempengaruhi kondisi pH dan bakteri yang baik pada rongga vagina.

Jika Anda tetap sering mengonsumsi kafein, maka keputihan Anda tidak akan membaik. Apalagi pada wanita yang memasuki masa menopause.

  1. Gunakan Bawang Putih
Bawang putih menghilangkan bau keputihan

Bawang putih menghilangkan bau keputihan

Menggunakan bawang putih untuk menghilangkan bau keputihan mungkin belum banyak dilakukan oleh para wanita.

Padahal, tanaman umbi lapis ini memiliki kandungan zat antibiotik yang mampu menyembuhkan berbagai penyakit yang disebabkan oleh bakteri.

Seorang peneliti dari Universitas Maryland Medical Center juga berhasil membuktikan bahwa bawang putih mampu mengobati keputihan yang disebabkan oleh bakteri patogen.

Cara pengobatan keputihan menggunakan bawang putih juga sangat mudah, yaitu:

  • Kupaslah bawang putih kira-kira seberat 400 mg
  • Lalu tumbuk atau blender hingga halus
  • Campurkan adonan bawang putih tadi dengan air hangat secukupnya
  • Basuh organ kewanitaan Anda menggunakan adonan bawang putih tadi
  • Setelah didiamkan selama beberapa menit, lalu bersihkan dengan air.

Cara lainnya, Anda tinggal mengambil satu suing bawang putih yang telah dikupas lalu letakkan di atas vagina selama satu malam.

  1. Meminum Ramuan Akar Bayam

Mirip seperti bawang putih, akar bayam ternyata juga memiliki kandungan yang dapat mengobati infeksi yang ditimbulkan oleh bakteri. Jadi, Anda juga bisa menggunakannya untuk mengobati dan menghilangkan bau keputihan pada organ kewanitaan.

Cara pengobatan menggunakan ramuan akar bayam berbeda daripada bawang putih.

  • Siapkan 1 liter air untuk merebus akar bayam
  • Rebuslah akar bayam tersebut hingga airnya mendidih
  • Lalu, air rebusan akar bayam tersebut Anda minum sebanyak dua kali sehari, saat pagi dan sore.
  • Lakukan secara rutin dan hasilnya akan mulai terlihat setelah seminggu pengobatan dilakukan.

Harap diperhatikan, bau keputihan akan sulit dihilangkan jika anda tidak menjaga kebersihan tubuh dan area kewanitaan pada khususnya.

Jangan terlalu sering bersihkan vagina dengan obat pembersih karena dapat menyebabkan keputihan abnormal. Lebih baik gunakan ramuan tradisional di atas untuk menghilangkan bau tak sedap tersebut.




Tips Menjaga Kebersihan Organ Kewanitaan

Pengobatan di atas akan memberikan dampak yang maksimal bila didukung dengan kebersihan pada organ kewanitaan yang terjaga dengan baik.

Berikut ini cara menjaga kebersihan vagina yang benar:

  • Basuh organ kewanitaan dengan tepat. Hindari membasuh vagina dari arah belakang (anus) ke depan. Mengapa? Jarak antara anus dengan vagina cukup dekat, sehingga pembasuhan dari arah belakang ke depan akan memungkinkan kuman-kuman yang terdapat di anus terbawa ke vagina. Cara paling tepat adalah membasuh dari arah sebaliknya, yakni dari depan ke belakang.
  • Rutin mengganti pembalut dan celana dalam. Kondisi yang lembap merupakan tempat yang tepat untuk perkembangan bakteri. Oleh karena itu, segeralah mengganti celana dalam apabila sudah terasa lembap atau basah. Saat menstruasi, rutinlah mengganti pembalut setiap 3 hingga 4 jam.
  • Gunakan sabun pembersih yang tepat. Tidak semua bakteri yang ditemukan di vagina adalah bakteri jahat. Ada pula bakteri baik yang berperan untuk menjaga kebersihan vagina secara alami. Penggunaan sabun yang mengandung antiseptik untuk membersihkan vagina sangat tidak disarankan, karena kandungannya bisa membunuh baik bakteri jahat maupun bakteri baik.

Selain menghilangkan bau keputihan dari vagina yang tidak sedap menggunakan ramuan di atas, Anda juga bisa menghilangkan bau tidak sedap dari vagina dengan jamu dari Madura. Jamu tradisional ini sudah terbukti sanagat ampuh dalam mengatasi berbagai masalah kewanitaan.

Setelah bau tak sedap hilang, Anda pun bisa mengharumkan vagina menggunakan bahan alami seperti daun kemangi agar suami makin senang dan Anda pun tambah percaya diri.

Nah, demikian beberapa tips yang baik untuk menghilangkan bau keputihan secara alami. Lakukan tips di atas dan keputihan Anda akan berangsur-angsur membaik.

Bau keputihan dan rasa gatal juga akan berkurang dalam beberapa kali perawatan. Namun, bila kondisi organ kewanitaan belum membaik, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter.

***
LADYFEM: Herbal Istimewa rekomendasi Dr Boyke. Mengatasi masalah kewanitaan seperti Keputihan, nyeri haid, kista, frigid, kurang gairah, dan cegah Kanker Serviks. Klik disini untuk order!

Loading...

Leave a Reply