Masa kehamilan minggu ke-5, disebut kehamilan trimester 1. Pada trimester pertama ini, asupan gizi haruslah terpenuhi dengan baik, agar perkembangan janin tidak terganggu. Bagaimana perkembangan janin saat hamil 5 minggu dan bagaimana kondisi Ibu hamil saat itu?

Jauh di dalam rahim, embrio tumbuh dengan sangat cepat. Janin 5 minggu berukuran sebesar biji wijen dan lebih mirip seperti kecebong kecil ketimbang manusia. Janin usia 5 minggu terdiri dari tiga lapisan – ektoderm, mesoderm, dan endoderm – yang kemudian membentuk semua organ dan jaringannya.

Pekembangan janin hamil 5 minggu

Bentuk janin saat hamil 5 minggu

Ciri kehamilan pada masa ini adalah ibu hamil mengalami pusing-pusing, mual dan muntah. Kondisi ini terjadi akibat pengaruh hormon progesterone, estrogen dan human chorionic gonadotopin (hCG).

Jadi, agar gizi janin tak terganggung karena mual dan muntah si ibu, ada baiknya ibu hamil makan dalam porsi yang kecil, namun sering. Buah, roti tawar dan susu merupakan jenis cemilan yang disarankan untuk ibu yang memasuki masa kehamilan minggu ke-5.




Namun, untuk kebutuhan nilai gizi yang tepat, serta obat-obatan untuk mendukung tumbuh kembang janin dengan sempurna, disarankan agar ibu menemui dokter dan ahli kesehatan.

Tahap Perkembangan Janin Saat Hamil 5 Minggu

Memasuki minggu kelima, janin mulai berkembang di dalam rahim, dan bentuknya pun sudah mulai dikenali. Pada minggu ke-5, ada beberapa organ yang mulai terbentuk, yaitu :

  1. Jantung janin yang mulai berdetak, hal ini mungkin akan dapat terlihat lewat pemeriksaan USG.
  2. Sistem sirkulasi pembuluh darah juga sudah mulai terbentuk.
  3. Pembuluh saraf juga mulai berkembang menjadi otak.
  4. Tulang belakang juga mulai terbentuk
  5. Tangan, kaki, telinga, rongga mata, dan hidung mulai terlihat.

Selain perkembangan organ-organ tersebut, kantung ketuban dan plasenta juga akan berkembang pada masa kehamilan ini. Ukuran janin, sekitar 1,2 mm dengan berat sekitar 1 gram, dan akan bertambah besar dengan semakin bertambahnya usia kehamilan.

Pada kehamilan minggu ke-5, merupakan masa yang sangat krusial bagi perkembangan janin. Pada masa ini, pembentukan jaringan juga mulai terjadi, yang terdiri atas 3 lapisan, yaitu :

  1. Lapisan ektoderm, yang selanjutnya akan membentuk sistem saraf, telinga, mata, dan jaringan ikat lainnya.
  2. Lapisan endoderm, akan berkembang menjadi organ-organ dalam tubuh bayi seperti paru-paru, usus, dan kandung kemih
  3. Lapisan mesoderm yang akan membuat jalan bagi jantung dan sistem peredaran darah. Pada minggu-minggu selanjutnya, lapisan mesoderm juga akan berkembang menjadi tulang, otot, ginjal, dan sistem reproduksi.

Pada minggu ke-5,  jaringan kulit juga sudah dimulai. Lapsian ektoderm akan membentuk 2 lapisan yaitu epidermis dan dermis. Epidermis berfungsi sebagai kulit pelindung, dermis berfungsi sebagai bantalan tubuh serta membentuk kelenjar keringat dan kelenjar minyak.

Ciri-Ciri Wanita Hamil 5 Minggu

Saat hamil 5 minggu, wanita mulai merasakan kondisi yang tidak nyaman yang berhubungan dengan kehamilan. Meski demikian ciri-ciri perut hamil 5 minggu belum membesar sehingga tidak terlihat dari luar sedang hamil.

Pada kehamilan 5 minggu, perut Ibu hamil mungkin terlihat tidak berubah-atau mungkin terlihat sedikit kembung dimana Ibu hamil akan merasa berat badannya naik sedikit.


tips pasutri

Saat ini, wanita hamil seharusnya sudah melewatkan masa menstruasinya – yang merupakan salah satu indikasi yang lebih jelas bahwa Anda hamil. Pada usia kehamilan 5 minggu, tingkat hCG dalam urin sudah cukup tinggi sehingga mudah untuk dideteksi menggunakan alat tes kehamilan di rumah.

Banyak wanita melaporkan mengalami rasa sakit pada payudara, kelelahan, dan sering buang air kecil yang sudah dimulai sejak minggu-minggu awal kehamilan. Ibu hamil mungkin juga merasa mual, meski intensitasnya cenderung mulai meningkat dalam beberapa minggu mendatang.

Bulan-bulan awal kehamilan ini sangat penting untuk perkembangan bayi. Usia kehamilan 5 minggu adalah saat untuk memilih dokter atau bidan dan menjadwalkan pertemuan untuk konsultasu pertama Anda.

Mulailah mengonsumsi vitamin prenatal sebab Ibu hamil butuh lebih banyak nutrisi. Sebagai persiapan, catatlah hari pertama menstruasi terakhir Anda agar dokter bisa memperkirakan tanggal kelahiran bayi nantinya.

Minggu ke-5 adalah lanjutan dari tahap perkembangan janin usia 4 minggu. Tanda kehamilan yang dirasakan wanita mungkin mirip di usia ini seperti kram perut, cepat lelah dan sakit pada payudara.

Demikian informasi singkat tahap perkembangan janin pada usia hamil 5 minggu dan ciri-ciri kehamilan yang dirasakan wanita di usia tersebut.

***
Bagaimana Anda dapat bertahan 30-60 menit lebih lama di Ranjang dan secara Permanen Menyembuhkan Ejakulasi Dini. Ingin tahu caranya? Klik disini!

loading...