Awas, Kolesterol Tinggi Sebabkan Impotensi

Banyak dokter yang menyebut kolesterol tinggi adalah penyebab impotensi atau disfungsi ereksi pada pria, di samping juga menyebabkan masalah kesehatan lainnya.

Kolesterol tinggi adalah kondisi dimana kadar kolesterol (terutama jenis LDL) sudah sangat banyak berada di dalam darah sehingga telah menghambat atau bahkan menyumbat aliran darah dari dan menuju jantung.

Kolesterol jahat atau disebut juga Low Density Lipoprotein (LDL) dapat menimbulkan plak arteri yang menempel pada pembuluh darah sehingga menyumbat aliran darah.




Kolesterol tinggi disebut juga dengan istilah hiperkolesterolemia yang berarti kadar kolesterol dalam darah sangat tinggi. Tingginya kadar kolesterol dapat memicu berbagai penyakit seperti penyakit jantung, stroke, hipertensi dan impotensi.

Impotensi atau disfungsi ereksi adalah salah satu masalah seksual yang umum dialami kaum pria dimana penis tidak bisa ereksi dengan keras meski sudah mendapat rangsangan seksual yang cukup.

Jika masalah ereksi tersebut terus berlanjut sampai beberapa bulan maka si pria disebut sedang menderita impotensi atau disfungsi ereksi berat.

Disfungsi ereksi yang berat umumnya disebabkan perpaduan antara penyakit fisik seperti kolesterol tinggi dengan masalah psikis.

Dahulu pihak medis sepakat menyebut bahwa satu-satunya penyebab impotensi adalah faktor psikis atau kejiwaan.

Barulah beberapa tahun belakangan ini setelah melalui beberapa penelitian disimpulkan bahwa selain faktor psikis, impotensi juga bisa disebabkan oleh faktor fisik atau karena adanya penyakit di dalam tubuh.

Dan salah satu penyakit yang menyebabkan terjadinya impotensi adalah kolesterol tinggi.

Ringkasnya, semua jenis penyakit yang menyebabkan timbulnya kerusakan pembuluh darah di daerah penis akan menyebabkan impotensi seperti penyakit kolesterol tinggi, diabetes, dan tekanan darah tinggi (hipertensi).

Penyakit-penyakit tersebut secara langsung menyebabkan penyempitan dan pengerasan pembuluh darah yang lambat laun akan mengganggu fungsi ereksi penis.

Bagaimana Kolesterol Tinggi Menyebabkan Impotensi

Kolesterol adalah kumpulan lemak jahat yang tidak dapat diproses oleh tubuh sehingga dapat menempel di berbagai jaringan tubuh, terutama pembuluh darah.

Kolesterol tinggi kadang disebut sebagai lemak jahat karena keberadaannya sama sekali tidak bermanfaat bagi tubuh. Batas normal kolesterol dalam darah adalah 160-200 mg.

Sebagaimana kita ketahui, pembuluh darah berada di seluruh bagian tubuh kita, termasuk penis dan area genital.

Seperti pernah dibahas di artikel sebelumnya, agar mekanisme terjadinya ereksi bisa berjalan normal maka kondisi pembuluh darah harus baik.

Jika pembuluh darah pada penis sehat maka kualitas ereksi akan semakin baik. Sebaliknya jika kondisi pembuluh darah tidak bagus maka kualitas ereksi juga akan terganggu.

Karena itu, apa-apa saja yang menyebabkan terjadinya gangguan pada pembuluh darah akan menyebabkan masalah pada ereksi.

Jika terjadi penyempitan pembuluh darah di lokasi organ genital maka ereksi tidak mungkin terjadi ataupun jika terjadi maka ereksi biasanya tidak bisa maksimal sehingga tidak mampu digunakan untuk berhubungan seksual.

Kondisi ketidakmampuan melakukan hubungan seksual akibat ereksi yang tidak keras inilah yang disebut impotensi.

Aterosklerosis

Kolesterol tinggi sebabkan penyempitan pembuluh darah

Kolesterol tinggi sebabkan penyempitan pembuluh darah

Ketika penis dirangsang, baik dengan sentuhan maupun pikiran, tubuh akan mengeluarkan zat kimia yang disebut dengan zat nitrit oksida.

Zat nitrit oksida akan menyebabkan pembuluh darah pada penis melebar sehingga aliran darah pada penis menjadi lancar.

Aliran darah yang lancar dan memenuhi penis inilah yang akan menyebabkan penis menjadi berisi dan keras. Pengerasan penis akibat rangsangan inilah yang disebut dengan ereksi.

Jika seseorang menderita kolesterol tinggi, maka kemungkinan besar ia akan mengalami gangguan pada ereksi atau bahkan tidak mampu mendapatkan ereksi sama sekali.

Hal ini disebabkan adanya penyumbatan aliran darah yang diakibatkan oleh kolesterol jahat. Penyumbatan aliran darah oleh kolesterol ini disebut aterosklerosis.

Sebenarnya aterosklerosis bisa dipicu oleh banyak hal, namun pada umumnya dipicu oleh adanya kolesterol tinggi.

Penyumbatan darah akibat kolesterol bisa terjadi juga pada aliran darah pada penis. Nah, penyumbatan inilah yang akan menyebabkan aliran darah menuju penis terhambat.

Jika aliran darah pada penis terhambat, maka ereksi pun tidak dapat terjadi. Kalaupun terjadi, ereksi hanya berlangsung sesaat saja dan tidak dapat bertahan lama.

Baca juga: Stres Sebabkan Banyak Pria Alami Disfungsi Ereksi

Penyebab Kolesterol Tinggi

Setelah kita memahami kolesterol tinggi menyebabkan impotensi, maka kita juga perlu mengetahui faktor apa saja yang menyebabkan tingginya kadar kolesterol jahat dalam darah.

Penyebab seseorang memiliki kadar kolesterol yang tinggi adalah karena pola makan yang tidak sehat dan kurang olahraga. Adanya lemak jahat dalam darah akan menyebabkan terjadinya penyempitan dan bahkan kerusakan pembuluh darah.

Hal ini tentu saja akan menyebabkan aliran darah dari dan menuju penis menjadi terganggu. Sebagai akibatnya kualitas ereksi akan terganggu.

Kolesterol tinggi dapat disebabkan oleh banyak faktor, diantaranya adalah:

  1. Kebiasaan merokok

Zat akrolein yang terkandung dalam rokok dapat menyebabkan kolesterol baik atau HDL berubah menjadi kolesterol jahat atau LDL.

Rokok juga tidak hanya menyebabkan kolesterol dalam darah meningkat tapi juga menyebabkan penyakit lain seperti kanker dan gangguan saraf.

  1. Gen

Sebagian besar orang percaya bahwa kolesterol tinggi juga termasuk dalam penyakit keturunan. Secara medis, kolesterol tinggi memang bisa diturunkan melalui gen.

Kondisi ini disebut dengan hiperkolesterolemia familial. Hal ini disebabkan karena kolesterol merupakan komponen penting dari membran sel dan diperlukan untuk berbagai fungsi tubuh, seperti produksi hormone sehingga dapat diturunkan kepada anak.

Seseorang akan lebih rentan terkena kolesterol tinggi jika keluarga laki-laki (ayah atau saudara kandung) terkena stroke atau penyakit jantung koroner di bawah usia 55 tahun.

Ia juga rentan memiliki kolesterol tinggi jika keluarga perempuannya (ibu atau saudara kandung) terkena stroke atau darah tinggi di bawah usia 65 tahun.

Seorang pria yang berketurunan India, Bangladesh, Pakistan, dan Sri lanka lebih berisiko mendapatkan kolesterol tinggi.

  1. Gaya hidup

Faktor penyebab yang paling besar memberikan pengaruh pada tingginya kolesterol dalam darah adalah gaya hidup. Gaya hidup tidak sehat merupakan bom waktu bagi diri Anda sendiri.

Memakan makanan yang tidak sehat dan penuh dengan lemak akan menyebabkan diri Anda jatuh ke dalam berbagai penyakit yang diakibatkan oleh kolesterol, seperti stroke dan jantung koroner.

  1. Kurang olahraga

Kolesterol jahat dalam darah yang menempel pada pembuluh darah akan semakin menumpuk jika Anda tidak melakukan olahraga.

Ketika tubuh memperoleh jumlah kolesterol jahat dalam darah, sedangkan tubuh tidak melakukan pembakaran, maka plak-plak yang dihasilkan oleh kolesterol akan semakin menumpuk dan mempersempit pembuluh darah.

  1. Alkohol

Faktor penyebab kolesterol lainnya adalah kebiasaan meminum alkohol. Meminum alkohol secara berlebihan terbukti dapat meningkatkan tekanan darah, berat badan, dan kolesterol.

Di samping itu, alkohol juga dapat menimbulkan efek negatif langsung ke jantung, yaitu menimbulkan penyakit dinding otot jantung, denyut jantung tidak teratur, dan kegagalan pompa jantung.

Semua hal tersebut pada akhirnya akan berujung kepada peningkatan risiko penyakit jantung dan stroke. Efek negatif alkohol yang diminum secara berlebihan  tidak sampai di situ saja.

Minuman yang mengandung alkohol dalam jumlah tinggi juga dapat meningkatkan risiko sirosis (pengerasan) hati dan membuat orang yang menenggaknya menjadi renta.

Bagaimana Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi

Kolesterol tinggi menyebabkan impotensi

Kolesterol tinggi menyebabkan impotensi

Salah satu penyebab impotensi adalah kolesterol tinggi, Anda wajib menurunkan kadar kolesterol anda jika ingin mengembalikan fungsi ereksi penis anda seperti dulu.

Berikut ini beberapa cara menurunkan kolesterol jika Anda terlanjur memiliki kolesterol tinggi:

  1. Konsumsi oatmeal

American Dietetic Association menyarankan agar menjaga pola makanan sehat yang mencakup 25 hingga 35 gram serat setiap hari, baik serat larut maupun tak larut.

Serat larut harus mencapai 5 sampai 10 gram per harinya. Oatmeal mengandung serat larut yang dapat mengurangi lipoprotein alias kolesterol jahat yang dapat meningkatkan risiko impotensi, serangan jantung dan stroke.

Jenis serat ini juga ditemukan dalam makanan seperti kacang ginjal, brussels sprouts, apel, pir, barley dan prune.

  1. Olahraga teratur

Tidak ada pengobatan yang lebih baik bagi kolesterol selain melakukan olahraga secara teratur.

Dengan melakukan olahraga, maka Anda akan membantu tubuh membakar kolesterol yang menempel pada pembuluh darah sehingga aliran darah menjadi lebih lancar.

  1. Gaya hidup sehat

Gaya hidup sehat dimulai dengan memilih makanan yang baik dan penuh serat untuk melancarkan metabolisme tubuh.

Dengan metabolisme yang lancar, maka kolesterol jahat pun akan berkurang. Hentikan pula kebiasaan merokok dan minum alkohol Anda jika tidak ingin menyia-nyiakan usaha gaya hidup sehat Anda.

  1. Kacang-kacangan

Makanan yang satu ini juga sangat baik untuk menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. Hal ini disebabkan adanya zat polifenol antioksidan terutama senyawa asam p-coumaric.

Dalam satu seperempat cangkir kacang tanah, terkandung lemak tak jenuh tunggal yang setara dengan satu sendok makan minyak zaitun.

Lemak tak jenuh tunggal ini sangat baik untuk tubuh karena dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Jika Anda mengkonsumsi kacang setiap hari, maka Anda telah mengurangi kolesterol jahat hingga 14%.

Pada kebanyakan penderita kolesterol tinggi, pengobatan pertama yang sering dilakukan meliputi perubahan gaya hidup, yaitu mengubah kebiasan-kebiasaan buruk yang dapat memicu kolesterol terus meningkat.




Perubahan lifestyle tersebut meliputi:

  • Mengubah pola makan menjadi lebih baik
  • Menurunkan berat badan
  • Rajin berolahraga

Dengan secara disiplin melakukan ketiga gaya hidup di atas akan membantu menurunkan kolesterol dan meningkatkan kesehatan.

Pada beberapa orang lain terutama yang telah mengalami risiko lain seperti diabetes dan impotensi perlu segera mendapatkan pengobatan dari dokter.

Anda juga bisa mencoba obat herbal kolesterol untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi. Ada banyak pengobatan alternatif yang diketahui dapat menurunkan kolesterol.

Tetapi sebelum mengonsumsi obat-obatan herbal tersebut anda sebaiknya melakukan konsultasi ke dokter karena beberapa suplemen makanan dapat berinteraksi dengan obat kimia yang diberikan dokter.

Demikian sekilas informasi bahaya kolesterol tinggi bagi kesehatan terutama kesehatan seksual. Jika tidak segera diturunkan maka kolesterol tinggi dapat menyebabkan impotensi atau disfungsi ereksi.

***
Bagaimana Menyembuhkan Ejakulasi Dini Secara Permanen, dan Membuat Anda TAHAN LAMA di Ranjang. Ingin tahu caranya? Klik disini!

Loading...

Leave a Reply