Tahap Perkembangan Janin Minggu Ke-7

Usia kehamilan 7 minggu berarti Anda sudah melalui satu bulan dan sekitar dua minggu kehamilan. Beberapa ciri hamil masih dirasakan seperti di minggu-minggu awal yang telah lewat.

Janin di minggu ke tujuh memiliki ukuran dua kali lipat dari saat janin berusia 6 minggu, dimana organ-organnya terus berkembang, terutama otak dan indera bayi.

Perkembangan janin minggu ke-7

Perkembangan janin 7 minggu

Pada minggu ke-7, ibu hamil harus semakin paham dan mengetahui kondisi kehamilannya. Meskipun janin dan ibunya mengalami perkembangan yang signifikan, kandungan dalam masa trimester pertama, masih rentan dengan berbagai masalah kesehatan.

Ibu hamil juga perlu lebih memperhatikan nutrisi dan jenis makanan karena di usia kehamilan ini, janin membutuhkan lebih banyak asupan nutrisi untuk mendukung tahap perkembangannya.




Daftar Isi:

Ukuran Janin 7 Minggu

Pada usia kehamilan 7 minggu, panjang janin sudah mencapai 12 mm, kira-kira seukuran butiran beras, ukurannya dua kali lipat dari minggu sebelumnya,

Perkembangan Janin Minggu ke- 7

Memasuki usia kehamilan 7 minggu, janin telah menjalani proses yang menakjubkan di dalam kandungan. Berikut ini beberapa tahap perkembangan bayi 7 minggu.

  • Secara garis besar, menginjak minggu ke-7, janin dalam kandungan sudah nampak seperti bayi, dan apabila janin dilihat menggunakan USG, fitur wajahnya sudah bisa didefinisikan.
  • Kelopak mata, dan hidung¬† sudah terlihat. Anggota seperti lengan dan kaki berkembang dengan cepat. Calon jari-jari sudah mulai tampak apabila dilihat menggunakan pemeriksaan USG.
  • Bukan hanya bagian luar saja, organ-organ dalam juga mulai berkembang secara pesat. Otak berkembang hingga 100 sel permenitnya.
  • Tali pusat yang menjadi penghubung antara plasenta dan janin, serta menyediakan nutrisi dan oksigen selama kehamilan juga terbentuk.
  • Janin 7 minggu sudah ada detak jantung, jalur pernapasan di sekitar jantung dan sistem percernaan dalam tubuh janin juga berkembang dengan cepat.
  • Cikal bakal kelamin janin juga sudah mulai tumbuh, meskipun bila dilihat melalui pemeriksaan USG belum bisa diketahui jenis kelaminnya.
Ukuran janin minggu ke-7

Ukuran janin minggu ke-7

Otak

Pada masa ini, bagian-bagian utama dan mendasar dari otak dibentuk an akan terus berlangsung pasca kelahirannya.

Hingga akhir minggu ke-7, otak akan berkembang membentuk tiga bagian: otak depan, otak bagian tengah dan otak bagian belakang. Adapun masing-masing fungsi bagian otak, sebagai berikut:

  • Otak bagian depan berfungsi untuk hal-hal seperti penalaran, penyelesaian masalah, membentuk serta menyimpan memori
  • Otak bagian tengah menyalurkan sinyal-sinyal elektrik ke tujuan akhirnya di bagian mana pun di otak.
  • Otak bagian belakang akan bertanggung jawab atas gerakan bernapas, gerak jantung dan gerak otot.

Ukuran Perut Ibu Hamil 7 Minggu

Saat usia kehamilan masih 7 minggu, Ibu hamil biasanya belum terlihat seperti orang yang sedang hamil, meskipun ciri-ciri kehamilan secara psikis telah dirasakan.

Perut Ibu hamil usia 7 minggu belum terlihat membesar karena ukuran janin masih sangat kecil. Kalaupun beberapa Ibu hamil mengaku mengalami perut yang membesar, biasanya disebabkan karena berat badan Ibu yang bertambah.

Ciri Hamil 7 Minggu

Ciri kehamilan 7 minggu pada umumnya sama dengan ciri kehamilan bulan pertama dan kedua, yaitu:

  • Frekuensi buang air kecil masih tetap tinggi. Hal ini disebabkan oleh hormon dan volume darah yang meningkat, sehingga menyebabkan tubuh ibu hamil memproduksi lebih banyak cairan yang harus dikeluarkan. Namun, bukan berarti ibu hamil boleh mengurangi minum. Justru harus minum lebih banyak dibanding sebelum hamil.
  • Morning sickness akan mulai mengganggu napsu makan ibu hamil. Sehingga akan berimbas pada aktivitas sehari-hari ibu hamil. Ibu hamil yang sering mual dan muntah bisa menjadi mudah lelah dan lemas.¬†Salah satu solusi untuk mengatasinya, dengan mengisap tetes jeruk nipis atau mengisap permen keras. Bagi para suami, sebaiknya lebih sabar dan tenang saat menghadapi isteri pada usia kehamilan 7 minggu ini.
  • Jerawat. Perubahan hormonal menyebabkan Ibu hamil 7 minggu sering mengalami jerawat di wajah.
  • Air liur tambah banyak. Ciri hamil 7 minggu yang tidak pernah diperkirakan adalah air liur yang bertambah banyak. Hal ini dipicu secara hormonal dan bisa juga berhubungan dengan perasaan mual-mual.
  • Mood sering berubah. Perubahan mood pada awal-awal kehamilan disebabkan perubahan hormon dalam tubuh yang mendadak.

Ini adalah perjalanan 7 minggu yang menakjubkan. Janin 7 minggu akan menghasilkan sekitar seratus sel otak baru setiap menitnya. Lalu otak dan jantung bayi menjadi lebih kompleks, dan bersiap memasuki tahap perkembangan di minggu-minggu berikutnya.

***
Bagaimana Anda dapat bertahan 30-60 menit lebih lama di Ranjang dan secara Permanen Menyembuhkan Ejakulasi Dini. Ingin tahu caranya? Klik disini!

loading...

Leave a Reply