Hamil dan melahirkan adalah sifat kodrati seorang wanita yang biasanya akan dilalui dengan perasaan gembira yang luar biasa. Sayangnya dalam banyak kasus, seorang Ibu yang baru saja melahirkan akan mengalami masalah kesehatan.

Kondisi kesehatan seorang wanita setelah melahirkan dipengaruhi oleh faktor psikis seperti kelelahan dan kurang tidur dan faktor fisik dimana tubuh kekurangan darah atau komplikasi penyakit lain yang menyertai saat kehamilan. Kondisi-kondisi tersebut dapat menyebabkan sang Ibu menjadi sangat lemah dan akhirnya jatuh sakit.

Pada umumnya, wanita pasca melahirkan akan memiliki wajah yang pucat seperti orang yang sedang sakit. Hal ini merupakan kondisi umum yang kerap dialami para Ibu muda.

Saat persalinan mereka tentunya mengeluarkan banyak darah, ditambah dengan hari-hari sebelum melahirkan, mereka kadang kekurangan tidur sehingga kondisi fisik mereka sangat lemah setelah melahirkan sang jabang bayi.

Tips Sehat Setelah Melahirkan Supaya Tubuh Tetap Sehat

Tips Sehat Setelah Melahirkan Supaya Tubuh Tetap Sehat




Bagaimana agar kesehatan sang Ibu ini bisa kembali normal dengan cepat?

Supaya sang ibu bisa kembali sehat dan bugar, maka diperlukan makanan sehat yang cukup dan seimbang yang terdiri atas sayuran dan berbagai jenis buah-buahan. Makanan ini berfungsi untuk mengganti darah yang banyak hilang selama proses persalinan.

Nutrisi yang dibutuhkan wanita pasca melahirkan, sebenarnya hampir sama dengan nutrisi yang dibutuhkan ketika masih mengandung. Nutrisi tersebut harus cukup untuk dua orang sekaligus, sang Ibu dan bayinya. Kekurangan nutrisi dapat menyebabkan sang Ibu mudah sakit dan anak kekurangan gizi.

Sehingga Salah satu tips sehat setelah melahirkan adalah memastikan sang ibu mendapatkan vitamin yang seimbang dan juga cukup untuk ibu dan juga bayinya. Apabila ibu yang sehat memiliki energi yang cukup serta nutrisi yang seimbang, maka bayi juga akan mendapatkan energi yang berlimpah melalui Air Susu Ibu.

Selain mengkonsumsi makanan sehat, sang Ibu juga dapat melengkapi kebutuhan gizinya dengan minum susu yang diperuntukkan khusus untuk Ibu hamil. Susu yang cocok untuk wanita agar tetap sehat setelah melahirkan adalah susu rendah lemak. Hal ini dikarenakan, susu adalah makanan yang telah lengkap kandungan gizi di dalamnya.

Kandungan susu yang kaya akan kalsium, vitamin B, vitamin D dan juga protein akan memberikan nutrisi terbaik untuk ibu dan juga buah hatinya. Selain itu, daging sapi non lemak juga bisa dijadikan salah satu asupan ibu untuk menambah energi dalam tubuh.

Apabila ibu kekurangan kandungan zat besi dalam tubuh, maka ibu akan mudah lelah dan tidak berenergi dalam memenuhi kebutuhan nutrisi untuk buah hati. Daging sapi non lemak yang mengandung vitamin B12 serta protein tambahan sangat tepat dikonsumsi untuk ibu menyusui.

Selain susu dan daging, tips sehat setelah melahirkan untuk ibu adalah dengan mengkonsumsi telur yang mana merupakan penyedia vitamin D yang baik untuk ibu.

Bukan hanya memperbanyak nutrisi, seorang wanita yang baru saja melahirkan perlu beristirahat total agar tubuhnya kembali bugar dan tidak mudah sakit nanti saat merawat anak. Jenis istirahat yang dianjurkan adalah tidur yang lelap dan menghindari stres.

Rentang waktu 24 jam pertama sampai 48 jam berikutnya adalah masa-masa penting bagi Ibu yang baru saja melahirkan. Suami dan keluarga perlu membantu para Ibu muda ini agar bisa semaksimal mungkin beristirahat dan memulihkan tenaganya.

Setelah melewati masa kehamilan yang panjang lalu masuk ke persalinan, seorang wanita tentu saja kehilangan banyak energi dan jika tidak diantisipasi sejak awal maka ada kemungkinan sang Ibu tersebut jatuh sakit.

Tubuh harus diasup dengan nutrisi yang cukup, baik itu sebelum persalinan ataupun sesudahnya. Dengan nutrisi yang lengkap maka tubuh dapat bugar kembali dengan cepat meski telah melalui proses persalinan yang berat.

Demikian informasi singkat bagaimana cara hidup sehat setelah melahirkan untuk para wanita, semoga bermanfaat.

***
Bagaimana Anda dapat bertahan 30-60 menit lebih lama di Ranjang dan secara Permanen Menyembuhkan Ejakulasi Dini. Ingin tahu caranya? Klik disini!

loading...