Awas, Kopi Sebabkan Wanita Sulit Hamil

Awas, Kopi Sebabkan Wanita Sulit Hamil

Kopi mempunyai banyak manfaat terutama untuk membangkitkan kinerja dan mood ketika beraktifitas. Sayangnya, selain memiliki manfaat, minuman ini juga punya beberapa efek samping yang berbahaya bagi tubuh, salah satunya adalah membuat wanita sulit hamil.

Beberapa penelitian telah mengonfirmasi hal tersebut. Sering mengkonsumsi kopi dalam jumlah banyak dan waktu yang lama dapat menyebabkan kemandulan pada wanita.

Studi terbaru yang dipublikasikan dalam British Journal of Farmakologi menyimpulkan hal yang sama dan menyebutkan bahwa stimulan kafein yang terkandung dalam kopi bisa merusak transportasi telur dari ovarium ke rahim menyebabkan wanita sulit hamil atau mandul.

Penelitian yang dilakukan sebelumnya meski dapat menunjukkan bahwa terlalu banyak konsumsi kopi akan mempengaruhi kesuburan wanita tapi belum bisa menjawab pertanyaan apa hubungan antara kehamilan dengan kopi.




Penelitian tersebut melibatkan 9000 perempuan Belanda dan diketahui bahwa minum kopi lebih dari empat cangkir dalam sehari akan memotong kemungkinan kehamilan sekitar seperempat atau 25 persen.

Dalam studi terbaru yang dirilis oleh British Journal of Farmakologi inilah misteri tersebut terjawab, para ilmuwan melakukan percobaan pada tikus dan menunjukkan bahwa kafein akan menghambat kontraksi saluran telur yang diperlukan untuk membawa sel telur ke rahim.

Stimulan seperti kafein dapat mengaktifkan sel-sel alat pacu jantung di dinding tabung. Sel-sel yang mengkoordinasikan kontraksi dari tabung yang menggerakkan sel telur ke dalam rahim. Penelitian ini menunjukkan kontraksi memainkan peran besar dalam pengangkutan sel telur.

Pemimpin studi Profesor Sean Ward, dari University of Nevada di Reno, Amerika Serikat, mengatakan: “Temuan ini menjelaskan mengapa minum kafein dapat mengurangi kemungkinan seorang wanita untuk bisa hamil, ini memberikan penjelasan menarik mengapa wanita dengan konsumsi kafein yang tinggi sering memakan waktu lebih lama untuk hamil daripada wanita yang tidak mengkonsumsi kafein. “

Penelitian ini juga dapat membantu dokter mengobati penyakit menular seksual inflamasi dan panggul. Manfaat lain yang bisa ditingkatkan adalah pemahaman tentang kehamilan ektopik, yaitu kehamilan dimana janin tidak melekat di dinding rahim dan berpotensi mengancam jiwa ibu dan anak.

Baca juga: Ini Dia Penyebab Wanita Gemuk Sulit Hamil

Bahaya Minum Kopi Bagi Wanita Hamil

Sudah menjadi kesepakatan yang tidak tertulis di masyarakat bahwa wanita yang sedang hamil harus menghindari kafein. Dalam sebuah jurnal yang diterbitkan oleh BMC Medicine disebutkan bahwa konsumsi kafein selama masa kehamilan berisiko membuat kehamilan berkepanjangan dan berat badan bayi sangat rendah saat lahir.

Para peneliti dari BMC menyimpulkan studi tersebut setelah meneliti kurang lebih 60.000 kehamilan dari berbagai wanita selama sekitar 10 tahun. Para peneliti tersebut menyebutkan bahwa berat badan bayi dapat menyusut hingga 28 gram untuk setiap 100 mg kopi yang dikonsumsi sang ibu selama masa kehamilan.

Begitu pula dengan usia kehamilan sang ibu yang akan menjadi lebih lama sekitar 5 jam untuk setiap 100 mg kopi yang diminumnya setiap hari. Berdasarkan data tersebut para peneliti mengingatkan para wanita yang sedang hamil untuk menghindari kopi selama hamil karena membahayakan janin dalam kandungan.

Penelitian lain dilakukan oleh babycentre.com yang melansir bahwa risiko kematian bayi setelah kelahiran menjadi dua kali lipat pada ibu hamil yang mengkonsumsi kopi lebih dari delapan gelas setiap hari.

Lebih lanjut dari penelitian itu disebutkan bahwa ibu hamil yang mengkonsumsi sebanyak 500 mg kafein setiap hari akan melahirkan bayi dengan detak jantung yang lemah dan pernafasan yang lebih cepat.

Jika saat masih single anda hobi minum kopi setiap hari maka jika anda ingin cepat hamil sebaiknya mulai mengurangi atau berhenti total. Kafein bersifat stimulan yang dapat meningkatkan detak jantung, meningkatkan tekanan darah dan pada wanita hamil menyebabkan insomnia, gelisah dan sekresi asam lambung.

Pada umumnya wanita yang minum kopi dalam jumlah banyak juga merokok dan kadang-kadang mengkonsumsi minuman beralkohol. Hal ini menyebabkan multiplier efek pada janin dalam kandungan. Jadi bagi anda para wanita sebaiknya hindari kopi atau kurangi jumlah asupannya jika ingin cepat hamil.

Dari hal tersebut maka dapat dikatakan bahwa kopi adalah salah satu penyebab kemandulan pada wanita, jika dikonsumsi dalam jumlah yang banyak.

***
Bagaimana Anda dapat bertahan 30-60 menit lebih lama di Ranjang dan secara Permanen Menyembuhkan Ejakulasi Dini. Ingin tahu caranya? Klik disini!

loading...