Betulkah Minum Kopi Sebabkan Wanita Sulit Hamil

Kopi mempunyai banyak manfaat terutama untuk membangkitkan kinerja dan mood ketika beraktifitas. Sayangnya, selain memiliki manfaat, minuman ini juga punya beberapa efek samping yang berbahaya bagi tubuh, salah satunya adalah membuat wanita sulit hamil.

Zat kafein dalam kopi disebut-sebut sebagai penyebab wanita sulit hamil. Kafein adalah senyawa alkaloid xantina yang memiliki bentuk Kristal dan terasa pahit. Biasanya senyawa ini digunakan sebagai obat perangsang psikoaktif dan diuretic ringan.

Kafein juga terkandung pada beberapa tumbuhan yang berperan sebagai pestisida alami. Kafein bekerja dengan menghambat pertumbuhan tanaman atau gulma pengganggu yang tumbuh di sekitar tanaman utama dan mematikan serangga-serangga pengganggu yang merusak tanaman.

Dalam Bristish Journal of Pahrmacology, hasil studi menunjukkan bahwa kandungan kafein yang berlebihan dapat mempengaruhi kesuburan.

Penelitian yang dilakukan pada sampel tikus menunjukkan bahwa kafein yang berlebihan akan menyebabkan terhambatnya kontraksi pada tuba falopi yang biasanya membawa sel telur masuk ke rahim.

Dinding pada tuba falopi mengandung otot-otot halus yang melakukan pergerakan untuk membawa sel telur ke dalam rahim.

Kafein mempunyai pengaruh mengacaukan pola pergerakan ini sehingga sel telur pun sulit dibawa ke dalam rahim. Dari penelitian ini tentunya dapat ditarik kesimpulan mengapa kopi bisa berdampak pada sulitnya hamil bagi seorang wanita.

Penelitian sebelumnya juga menunjukkan hasil yang sama, hanya saja para peneliti belum bisa menjelaskan korelasi antara kopi dan kehamilan.

Penelitian tersebut melibatkan 9000 wanita sebagai sampel, dan hasilnya setiap wanita yang mengkonsumsi kopi lebih dari 4 cangkir sehari dapat mengurangi kemungkinan kehamilan hingga 25%.

Baca juga: Ini Dia Penyebab Wanita Gemuk Sulit Hamil

Dampak Kafein pada Kesuburan Wanita

Dari berbagai hasil penelitian di atas, adapun pengaruh kafein pada kesuburan wanita antara lain:

  1. Kafein ternyata memiliki efek diuretic pada tubuh, yakni membuat tubuh lebih sering mengeluarkan cairan, seperti buang air kecil sehingga banyak nutrisi penting yang terbuang.
  2. Wanita yang mengonsumsi kafein lebih dari 200 mg per hari akan mengalami peningkatan hormon estrogen. Hormon estrogen yang mengalami peningkatan akan menyebabkan kemandulan atau sulit hamil.
  3. Fakta lain adalah kafein menyebabkan tubuh menjadi tidak mampu menyerap zat besi, padahal zat besi adalah salah satu nutrisi penting yang diperlukan dalam proses kehamilan. Berkurangnya asupan zat besi akibat kafein yang terlalu banyak akan menyebabkan gangguan pada siklus ovulasi.
  4. Bukan hanya memberikan pengaruh buruk pada kehamilan. Bagi Anda yang telah berhasil hamil, sebaiknya juga menghindari minum kopi berlebihan karena dapat berdampak buruk pada janin. Kafein yang Anda konsumsi dapat mencapai plasenta sehingga membahayakan janin Anda. Kafein yang melewati plasenta akan masuk ke dalam aliran darah janin dan menyebabkan pengendapan pada hati janin. Perlu diketahui bahwa hati pada janin belum bisa bekerja sempurna sehingga tidak mampu memproses kafein yang masuk ke dalam tubuhnya.
  5. Kafein yang dikonsumsi wanita yang telah hamil juga akan menyebabkan peningkatan hormon epinefrin yang akan menyebabkan ibu dan janinnya mengalami stress. Peningkatan hormon ini juga akan menghalangi aliran oksigen dan nutrisi ke dalam janin.

Efek Kafein pada Kesuburan Pria

Seperti dijelaskan sebelumnya (baca: pengertian infertilitas), penyebab kemandulan bukan hanya berasal dari pihak wanita. Suami pun memberi kontribusi sebanyak 30% pada pasangan yang sulit mengalami kehamilan.

Mengonsumsi kopi secara berlebihan ternyata juga mempengaruhi kesuburan pada pria sehingga wanita menjadi sulit hamil.

  1. Kafein yang terlalu banyak dapat menyebabkan hormon insulin dalam tubuh meningkat. Peningkatan hormon insulin dapat menyebabkan berkurangnya jumlah produksi sel sperma pada pria.
  2. Mengkonsumsi kopi secara berlebihan dan dalam jangka waktu yang lama juga akan menyebabkan penurunan kualitas pada sel sperma. Motilitas sperna yang berkurang akan membuat sperma sulit membuahi sel telur.
  3. Bukan hanya membuat sulit mempunyai keturunan, kafein yang berlebihan dapat menyebabkan terjadinya kerusakan genetik pada sperma sehingga akan terjadi kelainan genetik DNA dan anak yang lahir akan cacat.

Bahaya Minum Kopi Bagi Wanita Hamil

Minum kopi bikin wanita sulit hamil

Minum kopi bikin wanita sulit hamil

Bahkan apabila kehamilan berhasil terjadi, maka risiko terjadinya keguguran atau bayi lahir cacat tetap ada apabila ibu mengonsumsi kopi dalam masa kehamilannya.

Risiko yang paling sering dialami adalah usia kehamilan Ibu menjadi lebi lama dan berat badan bayi sangat rendah rendah.

Hal tersebut dikonfirmasi oleh BMC Medicine dalam sebuah jurnal medis yang diterbitkan belum lama ini. Penelitian dilakukan terhadap 60.000 wanita hamil selama 10 tahun terakhir.

Para peneliti menyimpulkan, berat badan bayi akan menyusut sampai 28 gram untuk setiap 100 mg kopi yang dikonsumsi Ibu selama masa kehamilannya.

Begitu juga dengan usia kehamilan sang ibu yang meningkat menjadi lebih lama, yakni mencapai 5 jam untuk setiap 100 mg kopi yang dikonsumsinya selama masa kehamilan.

Risiko kematian bayi juga meningkat dua kali lipat apabila ibu hamil kecanduan kopi, yakni minum kopi lebih dari delapan gelas setiap hari selama mengandung.

Kesehatan bayi yang dilahirkan juga terpengaruh dengan kebiasaan ibu minum kopi. Disebutkan, bayi yang dilahirkan dari Ibu yang minum kopi sebanyak 500 mg setiap hari akan memiliki detak jantung yang lemah dan sistem pernafasan tidak stabil.

Batas Kafein yang Dianjurkan

Jika Anda adalah seorang wanita penikmat kopi, maka ada baiknya untuk menghindari atau mengurangi kopi yang biasa Anda minum.

Batasan kafein yang dapat ditoleransi per harinya adalah 100 mg per hari dan itu semua bukan hanya kafein yang berasal dari kopi, melainkan dari seluruh makanan dan minuman yang mengandung kafein, seperti coklat, teh, dan minuman ringan lainnya.

Sedangkan bagi pria, batas maksimal mengkonsumsi kafein adalah 250 mg per harinya.

Selalu cek informasi gizi yang terdapat pada kemasan makanan atau minuman yang Anda konsumsi.

Berikut adalah beberapa keterangan mengenai kadar kafein dalam makanan atau minuman yang dapat Anda jadikan referensi:

  • 80 mg kafein sama dengan minum sekaleng minuman energy
  • 40 mg kafein sama dengan sebotol minuman soda
  • 140 mg kafein sama dengan secangkir kopi hitam
  • 60-80 mg kafein sama dengan secangkir kopi instan
  • 25-50 mg kafein setara dengan minum 50 mg coklat
  • 10-50 mg kafein setara dengan minum secangkir teh

Minum Kopi dengan Sehat

Bagi Anda penikmat kopi yang addict, ada baiknya memiliki aturan dalam mengkonsumsi kopi. Berikut adalah beberapa tips minum kopi dengan sehat dan aman:

  1. Perhatikan dosis

Selalu perhatikan dan ingat batasan dosis kandungan kafein yang terkandung dalam kopi yang Anda minum. Jangan samapai Anda melebihi batas kandungan kafein karena dapat berdampak pada rahim atau janin Anda.

  1. Perhatikan respon tubuh

Jangan lupa selalu memberi perhatian pada respon  yang diberikan tubuh setelah Anda mengkonsumsi sesuatu, baik itu makanan maupun minuman.

Jika setelah minum kopi, Anda merasa gelisah, jantung berdebar, keringat dingin, atau gampang marah, maka sebaiknya segera hentikan mengonsumsi kopi.

  1. Campuran kopi

Kandungan kafein pada kopi dapat menyebabkan hilangnya beberapa nutrisi dalam tubuh seperti zat besi dan kalsium. Untuk itu, sebaiknya konsumsi kopi yang telah dicampur susu atau espresso latte.

  1. Perhatikan cara pembuatan kopi

Proses pembuatan kopi ternyata memberikan pengaruh pada jumlah kafein pada kopi. Misalnya saja kopi di Starbucks mengandung 259 mg kafein kopi dengan jenis dan cangkir yang sama di Dunkin Donuts yang hanya mengandung 149 mg kafein.

Nah, sekarang Anda jadi lebih tahu batasan dalam mengonsumsi kafein setiap harinya, bukan?




Jika saat ini Anda adalah seorang wanita single tapi punya hobi minum kopi, maka sebaiknya kurangi kadarnya tau lebih baik berhenti total, jika Anda ingin cepat hamil saat menikah nanti.

Pada dasarnya kopi adalah minuman yang bersifat stimulan, minuman ini secara langsung dapat meningkatkan tekanan darah dan meningkatkan detak jantung.

Wanita yang aktif minum kopi kemungkinan dapat mengalami insomnia, masalah asam lambung berlebih, gelisah dan perasaan tidak nyaman. Dimana hal-hal ini juga dapat mengganggu siklus menstruasi dan ovulasi wanita.

Mengonsumsi kopi memang dapat membuat suasana hati dan semangat kerja kembali naik sehingga sering menjadi pilihan sebagai mood booster bagi sebagian orang.

Minum kopi bukanlah kegiatan yang terlarang bagi wanita, tapi sebaiknya minumlah kopi dengan batasan dan aturan yang baik bagi Anda.

Demikianlah artikel mengenai kafein penyebab sulitnya hamil ini. Semoga artikel ini bermanfaat dan Anda sekeluarga selalu dalam keadaan sehat .

***
Bagaimana Menyembuhkan Ejakulasi Dini Secara Permanen, dan Membuat Anda TAHAN LAMA di Ranjang. Ingin tahu caranya? Klik disini!

Loading...

2 Comments


  1. sulaioley 5 February 2016
  2. Egis 6 November 2016

Leave a Reply