Gen penyebab kanker payudara

Kanker payudara adalah momok paling menakutkan bagi para wanita, apalagi dengan adanya statistik yang mengatakan satu dari delapan wanita mengidap kanker payudara.

Kanker ini biasanya menyerang wanita pasca menopause dan akan lebih ganas pada wanita yang merokok di usia muda. Karena memiliki beberapa pemicu maka semua wanita perlu mewaspadai penyakit ini sedini mungkin.

Kabar baiknya adalah, sebuah tim peneliti dari Breakthrough Breast Cancer Research Centre di Institute of Cancer Research, London berhasil menemukan tiga jenis gen penyebab kanker payudara atau berhubungan secara langsung. 

Ke-3 jenis gen ini tidak dikenal sebelumnya sampai dengan studi terhadap DNA 104 wanita.




Semua wanita dalam studi tersebut memiliki kanker payudara reseptor estrogen-positif, yang merupakan penyebab utama dari kanker payudara hormonal.

Ke-3 gen tersebut adalah C6ORF96, C6ORF97 dan C6ORF211, saat ini ketiga-tiganya sedang diteliti dan dianalisa.

“Penemuan ini sangat mengejutkan. Kami menemukan ke tiga gen ini di tempat yang tidak kami perhitungkan, penemuan ini seperti penemuan emas di Trafalgar Square,” ujar Dr Anita Dunbier, penulis utama penelitian tersebut sebagaimana diterbitkan dalam jurnal di Plos Genetics dan dikutip dari situs Telegraph.

Menurut Dr Anita Dunbier, setelah gen ini ditemukan, maka langkah berikutnya adalah mempelajari cara kerja gen-gen tersebut yang akhirnya kita dapat mengembangkan terapi baru mengobati kanker payudara dalam waktu dekat.

“Obat kanker payudara yang banyak digunakan saat ini adalah seperti inhibator aromatase yang memang menargetkan reseptor estrogen itu sendiri. Tetapi jika kita bisa menjadikan ke tiga gen tersebut sebagai target maka kita bisa mengobati kanker payudara dengan lebih baik,” lanjut Dr. Anita Dunbier.

Ada banyak penyebab kanker payudara mulai dari gaya hidup sampai jenis makanan dan faktor keturunan. Dengan mengetahui 3 gen kanker payudara ini maka gejala kanker payudara pada tahap dini dan terapi untuk kesembuhan akan lebih mudah dilakukan.

Bagaimana Faktor Genetik Menyebabkan Kanker Payudara

3 Gen Penyebab Kanker Payudara

3 Gen Penyebab Kanker Payudara

Dari penelitian diketahui sekitar 5% sampai 10% kasus kanker payudara disebabkan oleh faktor genetik, dimana gen abnormal berpindah dari orang tua ke anak.

Gen adalah segmen pendek DNA (asam deoksiribonukleat) yang ditemukan di kromosom. DNA berisi petunjuk untuk membangun protein. Dan protein mengendalikan struktur dan fungsi semua sel yang membentuk tubuh Anda.

Bayangkan gen Anda sebagai sebuah instruksi manual untuk pertumbuhan dan fungsi sel. Kelainan pada DNA seperti adanya kesalahan tipografi memungkinkan terjadinya pemberian petunjuk yang salah yang menyebabkan terjadinya kerusakan atau fungsi sel yang salah.

Pada satu orang, jika ada kesalahan pada satu gen, maka kesalahan yang sama akan muncul di semua sel yang mengandung gen yang sama. Ini seperti memiliki instruksi manual di mana semua salinan memiliki kesalahan ketik yang sama.

Gen BRCA1 dan BRCA2

Pada sebagian besar kasus kanker bawaan yang diwariskan biasanya terkait dengan dua gen abnormal: BRCA1 (gen BRWast CAncer satu) dan BRCA2 (gen BRWAST CAncer dua).

Setiap orang memiliki gen BRCA1 dan BRCA2. Fungsi gen BRCA adalah memperbaiki kerusakan sel dan menjaga payudara, ovarium, dan sel lainnya tumbuh normal.

Tapi bila gen ini mengandung kelainan atau mutasi yang diturunkan dari generasi ke generasi, gen ini tidak akan berfungsi normal dan risiko kanker payudara, ovarium, dan risiko kanker lainnya akan meningkat.

Gen BRCA1 dan BRCA2 yang abnormal dapat menyebabkan hingga 10% dari semua kanker payudara, atau 1 dari setiap 10 kasus.

Meski demikian memiliki gen BRCA1 atau BRCA2 abnormal tidak berarti Anda akan didiagnosis menderita kanker payudara suatu saat nanti.

Risiko Anda mengidap kanker payudara cenderung lebih besar jika:

  • Anda memiliki saudara sedarah dari keluarga Ibu atau Ayah (nenek, ibu, saudara perempuan, bibi) yang menderita kanker payudara sebelum berusia 50 tahun.
  • Di satu sisi keluarga ada yang mengidap kanker payudara dan serviks bersamaan atau pada satu individu.
  • Anda memiliki kerabat dengan kanker payudara triple-negatif.
  • Ada kanker lain di keluarga Anda selain payudara, seperti prostat, melanoma, pankreas, perut, rahim, tiroid, usus besar, dan / atau sarkoma.
  • Ada wanita dalam keluarga Anda menderita kanker di kedua payudara.
  • Anda berasal dari keturunan Ashkenazi (Eropa Timur).
  • Anda adalah orang Afrika-Amerika dan telah didiagnosis menderita kanker payudara pada usia 35 atau lebih muda.
  • Seorang pria di keluarga Anda menderita kanker payudara.
  • Ada gen kanker payudara abnormal yang diketahui di dalam keluarga Anda.

Demikian informasi singkat mengenai gen-gen penyebab kanker payudara pada wanita, semoga bermanfaat.

***
Bagaimana Anda dapat bertahan 30-60 menit lebih lama di Ranjang dan secara Permanen Menyembuhkan Ejakulasi Dini. Ingin tahu caranya? Klik disini!

loading...