Bagaimana Perkembangan Janin Minggu Ke-14

Masuk minggu ke-14 berarti anda sudah berada di trimester kedua kehamilan, perkembangan janin di minggu ini sangat pesat, sehingga harus didukung dengan terus memberi asupan nutrisi dan gizi yang baik.

Untuk itulah ibu hamil harus terus menjaga pola makan dan pola hidup yang sehat, agar janin dalam rahim bisa terus berkembang tanpa ada halangan.

Ibu hamil di minggu ke 14 mungkin tidak lagi mengalami mual-mual dan kondisi tubuh lebih energik. Di minggu ini adalah waktu untuk Ibu hamil mulai berolahraga dan sekaligus bersenang-senang sebelum masuk di trimester ketiga nantinya.

Seberapa Besar Bayi di 14 Minggu?

Masa kehamilan 14 minggu

Masa kehamilan 14 minggu

Pada kehamilan 14 minggu, ukuran bayi seperti buah persik, yang 8-11 cm dan beratnya yang mencapai 0,06 kg. Jadi berat badan bayi hampir dua kali lipat sejak minggu lalu, dan akan terus tumbuh dengan kecepatan super pada minggu ke-14 ini.

Lalu, apa saja yang terjadi pada janin pada pekan ini?

  1. Pada usia 14 minggu, jantung janin mulai bekerja memompa darah ke seluruh tubuhnya setiap hari, meski masih sangat sedikit.
  2. Janin sudah bisa mengatur gerakan nafas, meski masih memperoleh oksigen dari plasenta yang disalurkan melalui tali pusat.
  3. Leher janin, kini sudah tidak lagi menyatu ke dada.
  4. Mulut janin sudah bisa membuka dan menutup, serta mulai melakukan gerakan menelan dan menyesap/mengisap. Otot-otot wajah mungilnya, sudah benar-benar mulai berfungsi.
  5. Esofagus, tenggorokan, laring dan pita suara semuanya sempurna dan siap untuk bersuara setelah lahir nanti.
  6. Matanya telah berpindah ke tempat semestinya : di permukaan wajah.
  7. Telinga telah berpindah dari sekitar leher ke samping kiri dan kanan kepala.
  8. Rahangnya telah sempurna untuk sementara dan langit-langit sedang menutup dari depan ke belakang.
  9. Janin sudah mampu memberi respon terhadap dunia di luar rahim ibu, termasuk mendengarkan saat pemeriksaan dengan dokter. Oleh karena itu, jangan bosan memberikan usapan lembut dan mengajaknya berbicara, agar janin merasakan kenyamanan dan kasih sayang ibu.
  10. Pada usia kehamilan minggu ke-14, kemungkinan janin sudah bisa memahami beberapa ekspresi , misalnya menampakkan wajah sedih, meringis dan mata juling.
  11. Lengan janin sudah terbentuk lebih proporsional dengan ukuran tubuhnya.
  12. Hatinya juga sudah mulai memproduksi cairan empedu
  13. Sementara limpannya mulai memproduksi sel darah merah
  14. Bulu halus yang disebut lanugo mulai tumbuh pada muka bayi, dan akan meliputi seluruh tubuhnya. Lanugo ini berfungsi melindungi kulit bayi yang terendam dalam air ketuban. Lanugo akan menghilang dengan sendirinya sebelum ia dilahirkan.

Perkembangan yang paling utama di minggu ke 14 kehamilan adalah bayi sudah bisa menyipitkan mata, mengerutkan dahi, meringis, pipis, dan mungkin mengisap jempolnya di dalam rahim.

Ginjal janin juga sudah memproduksi air seni, yang ia lepaskan ke dalam cairan amniotik di sekitarnya. Jika Anda melakukan ultrasound maka anda dapat menangkap citra bayi yang sedang mengisap jempolnya.




Bayi 14 minggu juga mulai memiliki rambut halus dan memiliki bulu halus di seluruh tubuhnya yang disebut lanugo. Organ hati mulai membuat empedu, sementara limpanya mulai membantu memproduksi sel darah merah.

Meskipun Anda tidak bisa merasakan pukulan-pukulan kecil dan tendangannya, tangan dan kaki janin jadi lebih fleksibel dibandingkan minggu 13 yang lalu dan juga lebih aktif.

Trimester Kedua Kehamilan

Minggu 14 adalah awal trimester kedua kehamilan, dimana stamina dan energi Ibu mulai kembali normal. Saat ini payudara Ibu mungkin terasa kurang empuk, dan rasa mual telah berkurang drastis.

Ibu hamil mungkin juga sudah dapat merasakan adanya sensasi dorongan dari sang bayi di dalam rahim.

Di masa ini luangkan waktu bersama pasangan untuk merencanakan apa yang perlu dilakukan dan mempersiapkan segala keperluan bayi saat lahir nanti.

Minggu ini, hormon ibu sudah lebih stabil dan energi sudah lebih meningkat. Kondisi ibu sudah lebih nyaman, beraktivitas termasuk melakukan senam hamil ringan.

***
Bagaimana Menyembuhkan Ejakulasi Dini Secara Permanen, dan Membuat Anda TAHAN LAMA di Ranjang. Ingin tahu caranya? Klik disini!

Loading...

Leave a Reply