19 Manfaat Seks pada Pria dan Wanita

Sudah banyak ahli yang meneliti manfaat seks bagi kesehatan fisik dan jiwa manusia. Dan hampir semua penelitian tersebut menyebut ada korelasi yang erat antara seks dengan kesehatan dan seks dengan kebahagiaan.

Ya, ternyata seks bukan hanya sebuah kegiatan pelampiasan nafsu semata. Penelitian-penelitian tersebut mengatakan bahwa berhubungan seks secara teratur dapat meningkatkan kesehatan pada pria dan wanita.

Manfaat seks secara jelas akan terlihat dari kehidupan sehari-hari pasangan suami istri. Mereka yang berhubungan seks secara teratur akan terlihat lebih sehat, ceria dan harmonis. Sementara yang mengalami hambatan seksual akan terlihat lebih negatif dan cenderung tidak bahagia.

Manfaat seks bagi kesehatan pria dan wanita

Manfaat seks bagi kesehatan

Bagaimana hal tersebut bisa dijelaskan secara ilmiah?

Fakta menunjukkan, semakin sering anda ngeseks maka semakin banyak hormon endorfin dan hormon testosteron yang diproduksi tubuh anda.

Hormon endorfin adalah hormon untuk menghilangkan rasa sakit, biasa juga disebut hormon kebahagiaan.

Jenis Manfaat Seks yang Perlu Anda Ketahui

Salah satu manfaat lain dari seks adalah para pria mengalami ejakulasi secara teratur yang akan membuat kemungkinan terkena kanker prostat semakin kecil. Berikut ini 15 Manfaat berhubungan seks yang patut anda ketahui:

  1. Kesehatan Jantung. Para peneliti di Queens University di Belfast menyebutkan bahwa pria yang bercinta sebanyak tiga kali atau lebih dalam seminggu dapat mengurangi resiko terkena penyakit jantung. Dari penelitian yang sama tersebut di ketahui pula bahwa rutin bercinta membuat peluang terkena stroke semakin kecil.
  2. Menurunkan Berat Badan. Melakukan hubungan seks selama 30 menit dapat membakar sekitar 200 kalori.
  3. Tidur. Tidur setelah berhubungan seks dapat menginduksi hormon endorfin, membuat tidur lebih nyenyak.
  4. Kekebalan Tubuh meningkat. Hubungan seks teratur adalah cara alami meningkatkan kekebalan tubuh. Dari penelitian di Wilkes University di Pennsylvania diketahui bahwa kekebalan tubuh akan meningkat sebanyak 30% dengan melakukan hubungan seks 2 atau 3 kali seminggu.
  5. Pee Kontrol. Hubungan seks teratur dapat menyehatkan uterus, kandung kemihNada-nada seks di otot-otot panggul yang mendukung uterus Anda, kandung kemih, dan usus, dapat dan usus.
  6. Mengurangi Rasa Sakit. Hormon endorfin adalah hormon bius alami yang di produksi tubuh. Melakukan hubungan seks secara teratur meningkatkan produksi hormon endorfin sehingga arthritis dan kram saat menstruasi dapat teratasi. Manfaat seks adalah membantu tubuh memproduksi hormon endorfin lebih banyak.
  7. Siklus Haid Teratur. Wanita yang teratur berhubungan seks minimal sekali seminggu akan memiliki siklus haid yang teratur, demikian hasil penilitian dari seorang ahli endokrin di universitas Columbia dan Stanford.
  8. Relaksasi. Syaraf-syaraf menjadi lebih relaks.
  9. Hasrat Seksual. Semakin sering anda berhubungan seks maka semakin aktif tubuh anda memproduksi hormon testosteron (hormon lelaki).
  10. menurunkan Stres. Berhubungan seks adalah cara mudah melepaskan ketegangan dan stres.
  11. Keyakinan. Seks yang baik akan terlihat dari kehidupan sehari-hari anda. Perasaan percaya diri di lingkungan sosial dipicu oleh seks yang baik.
  12. Pencegahan Kanker. Semakin sering seorang pria ejakulasi semakin ekcil dia menderita kanker prostat.
  13. Kebahagiaan. Merasakan seks akan membuat Anda lebih bahagia daripada memiliki uang
  14. Memperlambat Penuaan. Seks yang aktif memperlambat penuaan tubuh.
  15. Bayi. Seks yang teratur dapat membantu proses persalinan istri.

Berpelukan, berciuman dan saling belai adalah aktifitas-aktifitas yang dilakukan selama hubungan seks berlangsung. Selama proses tersebut keintiman akan meningkat dan tubuh akan segera memproduksi hormon endorfin secara massal.

Hubungan seks yang berakhir dengan rasa puas akan menciptakan rasa sayang dan cinta kepada pasangan. Melakukannya secara teratur akan membuat wajah lebih bersinar, berseri dan tentu saja membuat tubuh menjadi lebih sehat.

Hubungan seksual adalah suatu kebutuhan penting dan utama dalam sebuah rumah tangga. Bukan hanya sebagai pemuas nafsu syahwat saja, tapi banyak terdapat manfaat yang bisa didapatkan dari sebuah hubungan seksual antara suami dan istri.

Berikut ini beberapa manfaat seks yang lain:

  1. Membakar kalori

Tahukah Anda bahwa melakukan hubungan seksual dapat membakar kalori dalam tubuh Anda? Layaknya melakukan olahraga, berhubungan badan dapat membantu tubuh membakar kalori sehingga sangat baik dilakukan secara teratur.

  1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Ternyta bukan hanya olahraga dan makanan saja yang membantu meningkatkan daya tahan tubuh, dengan berhubungan seksual, Anda dan pasangan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh agar tidak mudah diserang oleh berbagai penyakit.

  1. Meningkatkan kesehatan jantung

Hubungan seksual membuat tubuh harus memacu aliran darah lebih cepat dan kencang. Hal ini akan membuat otot-otot jantung menjadi lebih kuat dan stabil sehingga dapat meningkatkan kesehatan jantung dan mengurangi resiko terkena penyakit jantung.

  1. Menguatkan ikatan emosional

Ketika berhubungan seksual, kedua pasangan tentunya akan merasakan kepuasan batin. Perasaan yang terbangun diantara keduanya melalui hubungan seksual akan semakin meningkatkan rasa kasih dan sayang diantaranya.

Bahkan hubungan seksual mampu meredamkan segala masalah yang dihadapi suami atau istri sehingga perasaan pun menjadi lebih tenang dan rileks.

Itulah beberapa manfaat dalam hubungan seksual yang perlu Anda ketahui. Begitu banyaknya manfaat yang bisa didapatkan dari hubungan seksual membuat aktivitas ini menjadi kebutuhan pokok dalam rumah tangga.

Untuk itulah, disarankan setidaknya melakukan hubungan seksual tiga sampai empat kali dalam seminggu atau paling sedikit sekali dalam seminggu.

Demikian 19 manfaat seks yang bisa didapatkan secara instan hanya dengan melakukan hubungan seks secara teratur.

Loading...

Leave a Reply